Wajib Coba. Ini Aplikasi Meeting Online Terbaik Image

Wajib Coba. Ini Aplikasi Meeting Online Terbaik

Time 20 Apr 2022  |  By Acer Indonesia

Wajib Coba. Ini Aplikasi Meeting Online Terbaik

 

Aplikasi video conference masih menjadi kebutuhan terutama semenjak kebijakan work from home selama masa pandemi diberlakukan. Berkat aplikasi-aplikasi tersebut, para pekerja, pelajar hingga siapapun dapat melaksanakan tugas dengan baik dan berinteraksi dengan rekan walaupun harus terpisah jarak. 

 

Dari berbagai aplikasi video conference yang beredar, berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk meeting online yang bisa Anda gunakan.

  1. Zoom
    Pertama ada Zoom Cloud Meetings yang menjadi terkenal terutama di awal-awal pandemi Covid-19. Keunggulan Zoom dari aplikasi meeting lainnya adalah aplikasi ini memiliki fitur yang cukup banyak. Zoom meeting bisa menampung sekitar 1000 peserta dengan 49 video yang terpampang di layar, aplikasi Zoom juga bisa merekam aktivitas Anda selama menggunakan aplikasi ini. Salah satu fitur penting lainnya yang ada dalam Zoom adalah fitur penjadwalan yang sekaligus bisa anda gunakan sebagai pengingat. Anda bisa melakukan penjadwalan pertemuan-pertemuan dalam Zoom pada masa yang akan datang. 

  2. Google Meet
    Google Meet termasuk aplikasi video conference yang sederhana dan mudah digunakan untuk online meeting. Aplikasi keluaran Google ini bisa digunakan hanya dengan login melalui browser, tanpa perlu install aplikasi. Selain melalui browser, Google Meet juga tersedia versi aplikasi untuk digunakan di perangkat mobile. Google Meet juga memiliki interface yang menarik. Meskipun sederhana, Google Meet ini memiliki ikon yang jelas sehingga memudahkan pengguna baru. Ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar sehingga tidak mudah mengalami lagging. Google sebagai penyedia Google Meet juga sudah menjamin bahwa data-data Anda yang tampil di Google Meet pasti aman.

  3. Microsoft Team 
    Selanjutnya ada aplikasi meeting yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu Microsoft Teams. Aplikasi Microsoft Teams yang merupakan pembaruan dari aplikasi Skype for Business ini juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia. Kelebihan dari Microsoft Teams dibanding aplikasi sejenisnya adalah aplikasi ini sudah terintegrasi dengan layanan Microsoft yang lain seperti Microsoft Office. Fitur tambahan unggulan yang hanya ada di Microsoft Teams yaitu bisa mengedit file bersama. Pengubahan isi file pekerjaan tersebut bisa dilakukan bersamaan dengan berlangsungnya rapat. 

  4. Lifesize
    Jika Anda membutuhkan aplikasi video conference dengan kualitas video terbaik maka Lifesize bisa jadi jawabannya. Aplikasi ini didukung oleh teknologi 4K Video Conferencing, menjadikan online meeting Anda terasa seperti bertatapan secara langsung. Tampilan video conference umumnya berhenti di HD saja. Namun, Lifesize memberi keunggulan fitur teknologi 4K yang membuat tampilan lebih jelas dan tajam. Selama perangkat yang digunakan mendukung, Anda dapat menikmati transfer data 4K, display monitor 4K, dan kamera 4K. Selain itu, Lifesize menawarkan kapasitas maksimal partisipan lebih banyak dari rata-rata, yaitu hingga 300 orang. 

  5. Blue Jeans
    Aplikasi video conference Blue Jeans membuat Anda memiliki pengalaman meeting online layaknya berada di dalam ruangan bioskop. Aplikasi ini terkenal dengan kejernihan audionya berkat sistem Dolby Voice yang mereka gunakan. Anda akan mendengarkan audio yang terdengar sangat jernih dan jelas saat sedang meeting online. Tak hanya audio yang super jernih, Blue Jeans juga dilengkapi dengan kualitas video high definition (HD).

  6. Cisco Webex Meeting
    Aplikasi online meeting selanjutnya adalah Cisco Webex Meeting atau biasa disebut Webex. Jika Anda mencari video conference yang gratis dengan sistem keamanan paling baik, cobalah Cisco Webex Meeting. Meskipun gratis, Anda tetap dapat menggunakan fitur-fitur andalannya, salah satunya adalah fitur polling untuk memudahkan kegiatan tanya jawab. Selain untuk video conference, aplikasi ini bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan tim. Jadi tidak hanya untuk meeting, tetapi juga sebagai platform untuk komunikasi via pesan, berbagi file dan media, serta terhubung dengan cloud storage.
Kontak Acer