Vulnerability Assessment Cegah Serangan Siber Image

Vulnerability Assessment Cegah Serangan Siber

Time 20 Jul 2022  |  By Acer Indonesia

Mengenal Penetration Test Website dan Manfaatnya

Di era serba digital, keamanan siber kini menjadi sangat penting untuk diutamakan oleh berbagai kalangan termasuk perusahaan. Selain karena untuk memenuhi regulasi kepatuhan data perusahaan, strategi keamanan siber juga penting untuk melindungi data dari ancaman peretasan sistem hingga serangan malware maupun ransomware

 

Oleh karena itu, perusahaan perlu memikirkan fitur keamanan apa yang bisa digunakan untuk melindungi sistem IT perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan Vulnerability Assessment. Apa Itu Vulnerability Assessment?

 

Vulnerability Assessment adalah proses untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengklasifikasikan tingkat keparahan pada kerentanan keamanan yang ada pada sebuah jaringan komputer, sistem, aplikasi, atau bagian lain yang ada di ekosistem IT berdasarkan risiko yang dapat ditimbulkan di perusahaan.

 

Kegiatan Vulnerability Assessment meliputi, information technology systems, energy supply systems, water supply systems, transportation systems, dan communication systems. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh berbagai organisasi yang berbeda, dari organisasi kecil hingga besar. 

 

Vulnerability Assessment dapat memberikan insight kepada perusahaan mengenai kerentanan apa saja yang mungkin dieksploitasi oleh peretas. Vulnerability Assessment atau penilaian kerentanan ini dapat memberikan berbagai informasi mengenai kelemahan keamanan pada IT environment perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan keamanan IT environment perusahaan agar terhindar dari penjahat dunia maya yang mengincar akses tidak sah.

 

Vulnerability Assessment juga dapat memberikan arahan mengenai cara-cara untuk memulihkan atau mengurangi masalah tersebut. Selain menginformasikan adanya kesalahan konfigurasi pada sistem IT, Vulnerability Assessment juga dapat mengungkap berbagai masalah yang terjadi pada sistem hardware maupun software. Beberapa di antaranya, ialah:

  1. Kata sandi default pada perangkat tertentu
  2. Perangkat yang menjalankan layanan yang tidak perlu
  3. Aplikasi berbahaya, seperti aplikasi peer-to-peer
  4. Aplikasi pihak ketiga
  5. Layanan web yang mengandung unknown vulnerabilities
  6. Layanan yang tidak seharusnya dijalankan di beberapa perangkat

 

Alasan Mengapa Vulnerability Assessment Penting Untuk Dilakukan

Berikut beberapa alasan mengapa vulnerability assessment penting untuk dilakukan secara rutin di dalam sebuah perusahaan, diantaranya:

  1. Anda dapat mengidentifikasi ancaman atau kelemahan keamanan sistem sejak awal sebelum pelanggaran terjadi.
  2. Anda dapat memahami kerentanan yang ditemukan berdasarkan prioritas, urgensi, serta dampak yang dapat ditimbulkan.
  3. Melindungi pelanggaran data dan akses tidak sah lainnya.
  4. Membantu perusahaan untuk terhindar dari denda atau tuntutan hukum jika pelanggaran data terjadi.
  5. Organisasi dapat mengidentifikasi ancaman atau kelemahan keamanan sistem sejak awal sebelum pelanggaran terjadi.
  6. Organisasi dapat dengan mudah memahami kerentanan berdasarkan prioritas, urgensi, serta dampak yang dapat ditimbulkan.
  7. Melindungi pelanggaran data dan akses tidak sah lainnya.
  8. Membantu perusahaan untuk terhindar dari denda atau tuntutan hukum jika terjadi pelanggaran data.


Itulah beberapa informasi terkait Vulnerability Assessment yang bisa bermanfaat untuk melindungi Anda dari serangan siber.

Kontak Acer