Mengenal Fitur Virtual Desk pada Chromebook untuk Produktivitas Image

Mengenal Fitur Virtual Desk pada Chromebook untuk Produktivitas

Time January 7, 2023  |  By Acer Indonesia

Pembaruan dari Chrome OS yang diluncurkan Google yaitu Virtual Desk diklaim membawa banyak peningkatan untuk membuat perangkat Chromebook Anda jadi lebih aman, cepat dan praktis. Versi terbaru dari Chrome OS meliputi tools yang membantu Anda mengorganisir tempat kerja, melakukan panggilan telepon lebih mudah, dan mengirimkan laporan dengan lebih cepat. 

Bagaimana Virtual Desk dapat mempermudah pekerjaan Anda? Virtual Desk di Chromebook akan membantu Anda membuka lebih dari satu “tempat kerja” di laptop Anda. Biasanya pengguna akan membuka banyak tab di 1 browser sekaligus, yang imbasnya Anda jadi kewalahan dan kerap bingung membuka tab dikarenakan penuhnya tab yang dibuka. 

Dengan Virtual Desk ini, Anda jadi lebih mudah memisahkan jenis-jenis pekerjaan yang Anda miliki. Misalnya, Desk 1 Anda pergunakan untuk pekerjaan kantor, Desk 2 digunakan untuk urusan personal, Desk 3 untuk keperluan keluarga, dan lain sebagainya. Singkatnya, opsi Virtual Desk ini memberdayakan Anda untuk menyebarkan pekerjaan Anda di berbagai lingkungan dalam satu komputer Chromebook. 

Virtual Desk pada Chromebook untuk Produktivitas

Dengan begitu, Anda dapat mengatur berbagai pekerjaan ke dalam Desk yang berbeda, Misalnya saat Anda mengerjakan satu jenis tugas atau proyek di Desk 1, Anda dapat berfokus hanya pada hal-hal yang terkait tanpa harus tergoda untuk memeriksa notifikasi yang muncul di Desk lain, karena hal-hal itu tidak akan terlihat dan berada di bagian yang benar-benar terpisah dari Desk 1 Anda.

Virtual Desk pada Chromebook untuk Produktivitas

Dengan tambahan fitur Virtual Desk ini, ChromeOS telah menjadi sistem operasi lengkap yang membantu penggunanya menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang jauh lebih singkat. Cara kerjanya pun sederhana. Dalam mode overview, Anda dapat memilih untuk mengklik tombol simpan Desk sebagai template dan tata letak Desk akan disimpan dengan nama yang Anda berikan.

Jika Anda melakukan reboot, Anda dapat kembali ke mode overview dan alih-alih menambahkan Desk baru, Anda cukup pilih opsi Library di bagian atas, pilih Desk yang ingin Anda kembalikan, dan semua aplikasi dan tab akan terbuka kembali dan kembali ke tempat Anda menyimpannya. Hal ini akan menyelamatkan Anda dari kesulitan membuka file yang sama berkali-kali ketika Anda dalam kumpulan aplikasi dan tab.

Dengan Virtual Desk, Anda dapat men-shutdown Chromebook di malam hari dan kembali aktif hanya dengan beberapa klik keesokan paginya. Ini adalah perubahan kecil yang dapat berdampak besar pada produktivitas dan sekaligus penghematan waktu.

Jika Anda telah mendapatkan pembaruan ini di perangkat Anda, buka Overview dan klik New Desk di sisi kanan atas layar untuk mencoba Virtual Desk. Satukan beberapa pekerjaan di dalam Desk yang sama untuk memudahkan mencari daftar pekerjaan tersebut. 

Anda juga bisa coba shortcut dibawah ini untuk lebih memaksimalkan penggunaan Virtual Desk:

  1. Buat Desk baru dengan tombol “Shift” + “Search ” + “=”
  2. Pindah window diantara Desk dengan “Shift” + “Search ” + “]”
  3. Chrome OS juga membuat inovasi terbaru untuk menghubungkan perangkat Android via fitur click-to-call. Saat tengah berselancar di internet dengan Chrome OS terbaru ini, Anda bisa klik kanan nomor telepon yang Anda temui di web, dan secara otomatis nomor ini akan terhubung ke ponsel Anda dan bisa langsung melakukan panggilan telepon. Pastikan perangkat Chromebook dan Android Anda terhubung ke satu akun yang sama dan juga telah mengaktifkan fitur sinkronisasi di web. 

Itulah beberapa pembahasan mengenai fitur Virtual Desk pada Chromebook yang sangat membantu produktivitas Anda. Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi Chromebook untuk mendukung berbagai macam aktivitas, Anda bisa melihatnya melalui tautan berikut.

Kontak Acer