Tips Memulai Bisnis di Bidang Digital dari CraftinCraft Image

Tips Memulai Bisnis di Bidang Digital dari CraftinCraft

Time 21 Mar 2016  |  By Acer Indonesia

 Craft

 

Craftincraft.com, sebuah UMKM asal Surabaya, yang bergerak dalam bisnis digital creative market place. Sebagai perusahaan start-up di bidang e-commerce, UMKM yang didirikan oleh tujuh orang dengan latar belakang beragam ini.

 

Tak dipungkiri bahwa kecintaan pada dunia digital dan kreatif inilah membuat mereka meyakini bahwa keandalan teknologi informasi dan keamanan data yang mumpuni-lah dalam usaha e-commerce ini yang akan membantu mereka untuk mengembangkan bisnis, membangun sebuah platform media yang khusus dan dapat menerbitkan konten tentang craft (kerajinan) dengan tujuan dapat memberikan value added bagi harga jual craft di pasar dunia. Lebih jauh lagi, ada harapan tentang kesejahteraan yang bisa dicapai oleh para crafter (pengrajin) sebagai penghargaan atas kreasi karya cipta anak bangsa.

 

Tidak mudah bagi craftincraft.com membuat dan memulai suatu rujukan media di mana semua crafter nusantara bergabung untuk mencari informasi dan inspirasi apapun terkait craft. Dengan media digital inilah, craftincraft.com berhasil membentuk komunitas kreatif dan craft yang menjadi wadah interaksi dan komunikasi bagi crafter di seantero nusantara untuk saling berkumpul, berbagi, dan berkreasi baik secara online maupun offline.

 

“Dengan solusi yang ditawarkan Acer dan Microsoft, kami merasakan sekali manfaatnya karena dengan mudah kami bekerja untuk mengakses dan mengupdate data secara remote dan aman meskipun di saat kami sedang bepergian sekalipun,” kata Faizah Riffat Ma’rifah, craftincraft.com. “Perangkat keras dan lunak yang disediakan Acer dan Microsoft menjadi satu kesatuan yang dapat menjawab segala kebutuhan platform digital kami,” lanjutnya pada acara Ayo #MajukanBisnismu SMB Community Gathering di Surabaya.

 

Selanjutnya Faizah mengatakan bahwa sebagai perusahaan startup digital sebaiknya pebisnis melakukan investasi teknologi informasi yang cerdas di awal bagi kelangsungan bisnis ke depan. “Acer dan Microsoft telah memberikan nilai tambah yang menunjang craftincraft.com tetap dapat brekreasi dan memenuhi kebutuhan anggota dan pembeli di manapun mereka berada. Solusi teknologi informasi, keamanan data, dan kehandalan perangkat yang mumpuni dengan jaringan purna jual yang luas di seluruh Indonesia merupakan kekuatan yang tak tertandingi,” lanjut Faizah.  

 

Sebagai ringkasan, beberapa tips bagi pebisnis pemula di bidang digital yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Survei dan Cerdas memilih Teknologi Informasi yang Handal

Melakukan survei terhadap beberapa solusi teknologi informasi yang diperlukan untuk membangun infrastruktur dan dasar yang bagi pengembangan dan kelangsung bisnis ke depan.

2. Memilih Solusi Teknologi yang Tepat Guna

Pemilihan solusi teknologi bagi perusahaan startup digital harus dilakukan dengan seksama dan tepat guna. Karena platform teknologi yang digunakan diharapkan memiliki skalabilitas yang nantinya dapat selalu ditingkatkan di kemudian hari tanpa harus melakukan investasi dari awal, apabila perusahaan menjadi besar. Selain itu, solusi teknologi informasi yang digunakan sebaiknya dapat menghemat biaya pengunaan listrik dan menekan biaya overhead yang timbul dari pemanfaatan teknologi tersebut. 

3. Solusi Teknologi dengan Purna Jual yang Luas

UMKM sebaiknya juga dapat menentukan solusi terbaik dengan layanan jaringan purna jual yang luas dan cepat. Sehingga apabila terjadi sesuatu, secara cepat dapat tertangani tanpa harus menunggu lama. Bagi UMKM dengan bisnis utama di digital, hal ini sangatlah penting.

Kontak Acer