Tips Memilih Penyedia Layanan Cyber Security untuk Perusahaan  Image

Tips Memilih Penyedia Layanan Cyber Security untuk Perusahaan

Time 29 Nov 2021  |  By Acer Indonesia

Internet merupakan berkah bagi dunia bisnis. Melalui internet setiap pebisnis, baik besar maupun kecil dan dari manapun asalnya, dimungkinkan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dengan adanya internet dan perangkat pintar, pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat dan efisien sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Internet juga membuka ruang lebih besar bagi bisnis untuk terus melakukan inovasi sehingga tetap relevan bagi konsumen.

 

Mengingat pentingnya internet dan sistem digital bagi dunia bisnis, keamanan siber atau cyber security harus menjadi bagian penting dalam setiap rencana perusahaan. Sebab, setiap bisnis yang terkoneksi dengan internet memiliki potensi untuk menjadi target sasaran serangan siber atau cyber attack.

 

Oleh karenanya, perusahaan wajib memiliki tim IT security internal untuk menyusun strategi dan mengelola keamanan sistem dan jaringan milik perusahaan. Namun, banyak perusahaan skala kecil dan menengah tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membentuk tim IT security internal. Sebagai solusinya, perusahaan dapat menggunakan jasa layanan cyber security. Solusi ini juga dapat diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar yang baru terjun ke dunia digital. 

 

Apa itu penyedia jasa keamanan siber? Pada dasarnya mereka adalah perusahaan yang membantu individu maupun organisasi untuk melindungi data dan sistem mereka dari kemungkinan serangan siber.

 

                                                                 

 

Keuntungan Menggunakan Penyedia Layanan Cyber Security

Lantas, apa saja manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan menggunakan jasa penyedia cyber security? Berikut ini adalah sejumlah keuntungan tersebut.

 

1. Melindungi Bisnis Anda dari Serangan Siber

Menurut riset National Cyber Security Alliance, 60% perusahaan skala kecil dan menengah di Amerika Serikat berhenti beroperasi enam bulan setelah bisnisnya menjadi sasaran serangan siber. Salah satu alasannya karena perusahaan tersebut kehilangan kepercayaan dari klien dan konsumennya. 

 

Dengan menggunakan jasa penyedia keamanan siber, bisnis Anda dapat lebih terlindungi dari kemungkinan tersebut. Penyedia layanan keamanan akan melakukan deploy software untuk menangkal kemungkinan sistem disusupi virus dan malware. Mereka juga akan melakukan memonitor aktivitas jaringan secara berkala dan memastikan sistem keamanan selalu diperbarui.

 

2. Melakukan Risk Assessment

Sangat besar kemungkinan cybercrime menemukan celah dalam jaringan yang membuatnya dapat masuk ke dalam sistem perusahaan. Jika Anda menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan keamanan siber, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah melakukan audit pada sistem dan jaringan perusahaan untuk menemukan kelemahan-kelemahan. Mereka kemudian akan melaporkan hasil auditnya dan merancang rencana aksi untuk meningkatkan keamanan jaringan dan sistem perusahaan.

 

3. Mengadakan Training

Karyawan yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang keamanan siber akan menjadi celah bagi pelaku kejahatan. Berdasarkan penelitian Ponemon Institute pada tahun 2018, salah satu penyebab utama terjadinya data breach adalah human error (27%). Jika Anda menggunakan jasa perusahaan cyber security, salah satu layanan yang dapat mereka sediakan adalah pelatihan mengenai dasar keamanan siber pada karyawan.

 

4. Menjadi Tim Tanggap Darurat (Response Team)

Saat terjadi serangan, perusahaan cyber security tahu langkah apa yang harus diambil untuk mengamankan bisnis. Mereka pun dapat meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan akibat serangan tersebut.

 

5. Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen

Dengan menggunakan jasa cyber security, Anda dapat membuktikan pada klien dan konsumen bahwa bisnis Anda terlindungi dari kemungkinan serangan siber. Para pengguna bisnis Anda pun merasa lebih percaya saat bertransaksi menggunakan layanan perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Kebocoran Data (Data Leakage), Kenali Penyebab dan Dampaknya

 

Tips Memilih Perusahaan Penyedia Layanan Keamanan Siber

Menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan keamanan siber tentu tidak murah. Oleh karenanya, perusahaan harus dapat memilih partner yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas bisnis perusahaan. Berikut ini adalah sejumlah tips memilih penyedia cyber security untuk perusahaan Anda:

 

  • Lakukan Audit Terlebih Dahulu

Banyak perusahaan tidak mengetahui dengan jelas apa kebutuhan mereka. Nah, untuk mendapatkan gambaran mengenai hal tersebut, disarankan untuk menggunakan jasa perusahaan layanan cyber security untuk melakukan audit terlebih dahulu. Layanan ini dimungkinkan tanpa Anda harus mengontrak jasa mereka. Setelah Anda mengetahui kelemahan dalam sistem dalam perusahaan, barulah lakukan seleksi terhadap kandidat yang Anda kumpulkan.

  • Periksa Klien dan Tingkat Kepuasan Mereka

Pastikan penyedia jasa yang Anda gunakan akan memberikan layanan terbaik. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mencari tahu klien yang pernah menggunakan jasa mereka dan seperti apa tingkat kepuasan para klien tersebut.

  • Bandingkan Layanan dan Harga

Masing-masing penyedia jasa memiliki paket layanan dan harganya. Dengan kebutuhan perusahaan yang sudah Anda ketahui, Anda dapat memilih mana paket layanan yang benar-benar dibutuhkan. Hal ini penting agar Anda tidak membayar untuk sesuatu yang sebenarnya belum Anda butuhkan.

  • Pilih Penyedia Layanan dengan CS Paling Responsif

Salah satu alasan menggunakan jasa penyedia layanan keamanan siber adalah memiliki response team saat risiko keamanan terjadi. Untuk itu, diperlukan respons yang cepat dari vendor Anda untuk segera menangani masalah. Untuk mengetahui hal tersebut, cobalah cek seberapa tanggap customer service mereka. Gunakan penyedia jasa yang memberikan jaminan untuk bereaksi secara real time.

 

Baca Juga: Bahaya Ransomware yang Menyasar Perusahaan Besar

 

Layanan Keamanan Siber Terbaik dari Acer

Acer merupakan perusahaan yang fokus menciptakan inovasi di bidang teknologi, begitu juga dalam hal teknologi keamanan siber. Acer menawarkan berbagai fitur terbaru dan solusi terbaik untuk melindungi seluruh aspek dalam sistem dan jaringan bisnis Anda. Berikut ini adalah sebagian layanan yang ditawarkan Acer:

 

  • Security intelligence yang mengintegrasikan Big Data, AI dan professional security untuk mengembangkan kecerdasan keamanan yang unik.
  • Jasa audit / cyber security health check untuk meningkatkan prosedur keamanan.
  • Vulnerability assessment untuk aplikasi dan infrastruktur web.
  • Penetration test untuk aplikasi seluler dan web.
  • Social engineering, misalnya melalui email phishing campaign untuk meningkatkan kesadaran keamanan di antara karyawan.


Tertarik menggunakan layanan keamanan siber salah satu perusahaan teknologi terkemuka dan terpercaya di dunia? Hubungi Acer sekarang juga dan dapatkan informasi serta penawaran lebih lengkap.

Kontak Acer