Tips Membangun UKM Lewat Online Marketing Image

Tips Membangun UKM Lewat Online Marketing

Time 30 Mar 2016  |  By Acer Indonesia

Agar bisnis Anda tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, konsep digital marketing harus disangat dimengerti. Digital marketing adalah sebuah konsep marketing yang berfokus pada media digital untuk menjangkau target market yang potensial. Dalam melakukan pemasaran digital, ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin Anda dicapai nantinya.

 

 1. Memasarkan produk melalui website atau blog

 

 

Blogging

 

Website atau blog bisa menjadi ladang pemasaran bagi pelaku UKM yang ingin maju. Namun, agar website Anda mampu bersaing dengan toko online raksasa di halaman pertama hasil pencarian Google, maka menerapkan strategi search engine optimization (SEO) diperlukan. Cara ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung website  Anda dan membuat peluang produk yang terjual semakin tinggi.

 

2. Gunakan media sosial sebagai sarana promosi

 

Social Media

 

Media sosial bisa dimanfaatkan menjadi salah satu senjata andalan untuk mempromosikan produk-produk UKM dengan biaya yang relatif murah. Facebook, Twitter, Instagram hingga Youtube dapat menjadi pilihan bagi para UKM untuk lebih dekat dengan pasar dan mengetahui apa yang diinginkan calon konsumen. Namun sebelumnya, pilihlah media sosial yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

 

3. Promo bisnis melalui email marketing

 

Melalui email, Anda dapat menginformasikan mengenai produk Anda, baik dalam pesan teks maupun gambar. Email newsletter secara periodik juga menjadi cara terbaik dan termurah untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. Lebih dari itu, semua informasi yang disampaikan melalui email marketing dapat disampaikan dalam hitungan detik dan dinilai sangat efektif karena dapat menjangkau konsumen yang potensial.

 

4. Memanfaatkan online forum dan marketplace yang ada

 

 

Jika Anda belum memiliki website sendiri, cobalah manfaatkan marketplace dan online forum untuk memasarkan produk Anda. Layaknya pasar, marketplace dan online forum menjadi tempat berkumpulnya pembeli, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari pengunjung website atau calon konsumen layaknya website sendiri. Selain itu, pihak marketplace juga sering menawarkan banyak promo untuk kliennya yang membantu branding produk Anda.

 

Jika ingin kian maju, maka ketatnya dunia bisnis membuat Anda harus terus belajar dari ahlinya. Salah satunya dengan Rhein Mahatma, pendiri Startupbisnis, sebuah wadah bagi wirausaha belajar bisnis online. Berbagai mentoring dan workshop diberikan secara cuma-cuma untuk memfasilitasi para penggiat UKM sejak September 2015. 

 

Untuk kian mendukung segala aktivitasnya, Rhein juga mempercayakan perangkat mumpuni dari Acer. Dukungan inovasi teknologi terkini dan terlengkap dalam setiap perangkat Acer dapat diandalkan untuk menunjang produktivitas dan mobilitas kerjanya.

 

“Solusi Acer dan Microsoft memungkinkan saya bekerja mempersiapkan materi-materi pelatihan dan mentoring dengan lebih mudah dan dalam waktu yang singkat.  Program-program yang disediakan Microsoft di dalam notebook Acer telah membantu saya memaksimalkan tugas-tugas pembuatan materi presentasi, video dan kreativitas lainnya dengan mudah dan aman di mana pun saya berada,” jelas Rhein.

 

Notebook 2-in-1 Acer memang memberikan fleksibilitas untuk bekerja sesuai kebutuhan penggunanya. Bagi UKM, notebook 2-in-1 Acer dirancang untuk melayani semua kebutuhan pelaku UKM, kemampuan multitasking untuk berhubungan dengan konsumen di mana saja dan kapan saja, serta menjangkau pasar lebih luas tanpa terbatas area geografis. Dengan begini, Anda bisa kian memantapkan strategi digital marketing untuk UKM Anda.

 

Kontak Acer