Tiktok Sebagai Media Promosi, Terapkan Strategi Ini! Image

Tiktok Sebagai Media Promosi, Terapkan Strategi Ini!

Time 25 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Tiktok

 

Dengan popularitas yang makin meningkat, penggunaan TikTok sebagai media promosi oleh bisnis juga meningkat. 

Apalagi pengguna TikTok di Indonesia hampir tidak mengenal usia, mulai dari ibu-ibu paruh baya hingga para remaja. Jelas memasarkan produk melalui TikTok bisa menjaring banyak calon pelanggan potensial, demi meningkatkan penjualan.

Tentu saja dibutuhkan strategi yang jitu agar pemasaran di TikTok berhasil. Artikel ini akan memberikan tips bagi Anda yang ingin melakukan social media marketing melalui TikTok.

 

Baca juga: Haruskah Bisnis B2B Aktif di Media Sosial?

 

Cara Menggunakan TikTok Sebagai Media Promosi

TikTok kini bukan hanya media bagi seseorang untuk mempertahankan eksistensi atau membuat konten viral saja. Brand juga bisa ikut serta di dalamnya demi kepentingan bisnisnya. 

Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok.

Beralih ke akun bisnis

Pertama, alihkan akun TikTok Anda dari akun personal menjadi akun bisnis. Untuk beralih ke akun bisnis, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Cukup masuk ke pengaturan “Kelola Akun Saya”

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang foto profil menarik dari bisnis Anda, sertakan tautan ke website atau marketplace bisnis, dan tuliskan bio menarik pada profil Anda.

Konsisten dalam memproduksi konten

Pengguna TikTok dan calon konsumen kini semakin sensitif pada konten “jualan”. Mereka tidak akan mudah tertarik membeli produk jika video-nya tidak menarik bagi mereka. Jenis konten yang mungkin menarik calon pembeli misalnya adalah konten Behind The Scene, ketika Anda menampilkan perjuangan membangun bisnis Anda.

Atau kalau Anda punya produk makanan, Anda bisa menampilkan proses mengolah bahan dan memasaknya, agar konsumen yakin sehingga mau membeli produk yang Anda jual. 

Jenis konten lain yang banyak diminati adalah konten-konten bertema edukasi dan konten tutorial. Ini cocok untuk Anda yang punya produk skincare atau makeup.

Ikuti gaya konten yang sedang tren

Selain memilih jenis konten yang tepat, Anda juga bisa mengunggah konten yang sedang tren atau diikuti banyak orang. Dengan cara ini, akun Anda bisa mendapatkan eksposur tinggi meskipun pengikutnya masih sedikit atau akun masih terhitung baru.

Misalnya dengan menggunakan hashtag challenge, yang diikuti oleh banyak orang. Jika masih pemula, Anda bisa mengikuti hashtag yang dibuat orang lain. Saat brand Anda sudah lebih berkembang, Anda bisa membuat hashtag challenge sendiri dan mengundang pengguna TikTok untuk mengikutinya.

Gunakan sound atau effect yang sedang viral

Salah satu yang membuat TikTok unik dan disukai oleh berbagai generasi adalah sound dan effect. Hanya dengan memakai sound yang sedang populer, itu bisa membantu konten Anda dapat view lebih banyak. 

Itu bisa terjadi, karena, ketika ada pengguna TikTok yang meng-klik sound atau effect tertentu, besar kesempatannya akun Anda akan muncul di laman jelajah. Jika pengguna tersebut tertarik, mereka akan membeli produk Anda.

Kerjasama dengan influencer melalui endorsement

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan influencer yang punya banyak pengikut. 

Anda memang harus merogoh kocek untuk endorsement, tapi hasil yang Anda dapatkan akan setara. Hanya saja, jangan asal pilih influencer. Pastikan gaya, image, dan konten mereka sesuai dengan produk dan target pasar Anda.

 

Baca juga: Mengapa Pebisnis Harus Memaksimalkan Tren Social Commerce pada 2022?

 

Keuntungan Promosi Bisnis di TikTok

TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diunduh di Indonesia mengalahkan Facebook dan WhatsApp di tahun 2020. Ini membuktikan bahwa pengguna TikTok di Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan luas untuk memasarkan bisnis Anda. 

Jadi, pastikan Anda menerapkan strategi yang benar untuk mempromosikan produk di TikTok.

Kontak Acer