Telegram atau WhatsApp, Mana yang Terbaik untuk Marketing Bisnis? Image

Telegram atau WhatsApp, Mana yang Terbaik untuk Marketing Bisnis?

Time 15 Nov 2021  |  By Acer Indonesia

Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan mengalami kendala pada Senin 4 Oktober 2021. Sejumlah pengguna WhatsApp di sejumlah negara, termasuk Indonesia, mengaku tidak dapat mengirim maupun menerima pesan. Di saat yang bersamaan, Telegram yang notabene merupakan pesaingnya meraup untung karena mendapatkan tambahan 70 juta pengguna baru. 

Fenomena ini tentu menjadi perhatian para marketer dan pelaku bisnis. Topik Telegram vs WhatsApp pun mengemuka. Para marketer dan pelaku bisnis pun kembali membandingkan kelebihan dan kekurangan dua aplikasi pesan paling populer tersebut.

Lantas, aplikasi mana yang terbaik sebagai channel marketing? Artikel kali ini akan membedah kelebihan dan kekurangan keduanya dari segi fitur sebagai wawasan penting yang wajib diketahui pelaku bisnis dan profesional di bidang marketing. 

 

Telegram Vs WhatsApp, Siapa yang Paling Banyak Digunakan?

Dikutip dari backlinko yang mengolah data dari berbagai sumber, secara global WhatsApp telah memiliki dua miliar pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton ini masuk dalam jajaran aplikasi pesan instan paling populer di dunia di mana lebih dari 100 miliar pesan dibagikan melalui WhatsApp setiap bulannya. Indonesia pun tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak. Jumlahnya mencapai 68,8 juta pengguna yang menjadikan Indonesia sebagai negara keempat pengguna WhatsApp terbanyak di bawah India, Brazil dan Amerika Serikat. Sebagai salah satu pesaing terkuatnya, Telegram memiliki jumlah pengguna yang jauh lebih kecil. 

Aplikasi yang diciptakan Pavel Durov dan rilis pada tahun 2013 ini mengklaim temah memiliki 550 juta pengguna aktif bulanan. Meski jumlahnya masih jauh lebih rendah dibandingkan  pengguna WhatsApp, di Indonesia, Telegram sudah cukup populer. Berdasarkan data Backlinko, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 80 juta kali atau sama dengan 8% persentase pangsa pasar global. 

 

Baca juga: Peran Teknologi Kesehatan dalam Mencegah Penularan Covid di Perkantora 

 

                                                                     

 

Komparasi Fitur WhatsApp dan Telegram

Aplikasi yang telah diakuisisi Facebook pada tahun 2014, WhatsApp, memang menang dari segi pengguna yang jauh lebih besar dibandingkan Telegram. Tapi, bagaimana dari segi fitur? Mari kita simak perbandingannya berikut ini.

 

1.Platform 

 

  • WhatsApp

Selain punya versi Android dan iOS, WhatsApp juga dapat dioperasikan melalui PC melalui browser. Caranya cukup dengan membuka browser dan mengkoneksikannya dengan aplikasi pada smartphone.

  • Telegram

Aplikasi ini punya versi di hampir semua sistem operasi baik Android, iOS, Windows, MacOS dan Linux

 

2.Kapasitas Grup

 

  • WhatsApp

Di aplikasi ini, pengguna bisa membuat grup private dengan jumlah maksimal peserta mencapai 256 pengguna. WhatsApp juga dilengkapi dengan fitur pesan broadcast yang dapat mengirim pesan bersamaan pada 256 pengguna.

  • Telegram

Grup Telegram lebih superior dengan kapasitas maksimal mencapai 200 ribu pengguna. Telegram juga memiliki channel public yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan broadcast pada subscribernya.

 

Baca Juga: 9 Kisah Sukses tentang Strategi Branding yang Klasik Tapi Tetap Relevan di Era Digital

 

3. Group Calls

 

  • WhatsApp

Fitur ini memampukan pengguna untuk melakukan panggilan, baik itu video maupun audio, pada sejumlah pengguna lain. Panggilan kelompok milik WhatsApp juga low data sehingga tidak menguras kuota data pengguna.

  • Telegram

Fitur untuk melakukan group calls belum terdapat pada Telegram.

 

4. Berbagi File

 

  • WhatsApp

Pengguna aplikasi dapat saling mengirim dan menerima file dengan ukuran maksimal sebesar 100 MB dan video dengan ukuran tidak lebih dari 16 MB.

  • Telegram

Pengguna juga bisa saling berbagi file dengan ukuran maksimal sebesar 2GB. Menariknya, file yang diterima bisa disimpan dalam cloud storage sehingga tidak membebani penyimpanan internal.

 

5. Chatbot

 

  • WhatsApp

Pengguna dapat membuat sistem auto reply melalui chatbot.

  • Telegram

Pengguna telegram juga dapat memanfaatkan chatbot untuk membantu melakukan serangkaian pekerjaan seperti membuat kuis, poling hingga informasi cuaca.

 

6. Keamanan

 

  • WhatsApp

Seluruh pesan yang dikirim dan diterima pengguna telah terenkripsi secara end-to-end. Artinya, pesan yang dikirim pengguna hanya dapat diakses oleh dua pihak saja. WhatsApp bahkan tidak dapat mengakses data dan pesan tersebut.

  • Telegram

Pengguna dapat menggunakan fitur “secret chat” pada aplikasi versi mobile untuk mendapatkan pesan yang terenkripsi secara end-to-end.

 

Berikut ini merupakan tabel perbandingan kelebihan dan kurangan dari masing-masing aplikasi.

 

WhatsApp

Kelebihan

Kekurangan

Dapat melakukan panggilan audio dan video pada satu atau banyak pengguna lain.

Jumlah anggota dalam grup dibatasi.

Seluruh chat terenkripsi secara end-to-end

Ukuran file dan video yang dapat dikirim menggunakan WhatsApp dibatasi.

Tampilan antarmuka sederhana dan lebih mudah digunakan / user friendly

Fitur lebih sedikit dibandingkan Telegram

WhatsApp memiliki fitur story yang sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk.

Aplikasi sering down. Sejak tahun 2019 hingga 2021, setidaknya telah mengalami 10 kali gangguan.

 

Telegram

Kelebihan

Kekurangan

Dapat mengirim file hingga 2 GB.

Tidak dapat melakukan group audio maupun video call.

Dapat membuat grup dengan anggota mencapai 200 ribu pengguna.

Enkripsi hanya terdapat dalam fitur secret chat.

Banyak fitur canggih dan membantu seperti chatbot dan channel.

 

 

Mengapa Menggunakan WhatsApp untuk Marketing Bisnis?

 

Alasan utama menggunakan WhatsApp untuk kebutuhan marketing adalah basis penggunanya yang sangat besar. Engagement dalam grup WhatsApp juga diketahui lebih tinggi dibandingkan Telegram karena pengguna lebih familiar dengan aplikasi ini. Sedangkan fitur andalan WhatsApp yang sangat membantu pekerjaan marketing bisnis adalah fitur story yang memungkinkan seluruh orang yang menyimpan nomor kita melihat video atau foto yang kita unggah.

 

Mengapa Menggunakan Telegram untuk Marketing Bisnis?

 

Jika kamu memiliki kebutuhan untuk mengelola komunitas pelanggan yang besar, Telegram adalah aplikasi yang cocok untukmu. Selain itu, Telegram dilengkapi oleh berbagai fitur yang cocok untuk kebutuhan marketing bisnis dan tidak dimiliki oleh WhatsApp.

 

Baca Juga: Mengenal Smart Office dan Bagaimana Konsep Ini Mentransformasi Perusahaan


Nah, itulah ulasan mengenai dua aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Kehadiran WhatsApp dan Telegram merupakan produk teknologi yang memberikan banyak keuntungan bagi dunia bisnis. Bagi Anda para pebisnis maupun profesional yang ingin mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan bisnis sehari-hari, Acer menyediakan solusi perangkat keras maupun perangkat lunak yang dapat membantu meningkatkan performa dan efisiensi bisnis perusahaan. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi Acer sekarang juga dan temukan seluruh kebutuhan teknologi bisnis Anda!

Kontak Acer