Smart Living, Konsep Hidup Cerdas yang Dihadirkan Teknologi IoT  Image

Smart Living, Konsep Hidup Cerdas yang Dihadirkan Teknologi IoT

Time 04 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Istilah smart living sering disebut sebagai salah satu konsep yang dihadirkan oleh Internet of Things (IoT). Melalui digitalisasi dan interkoneksi perangkat pintar, manusia dapat memperoleh berbagai keuntungan seperti kenyamanan, keamanan dan efisiensi energi dalam kehidupan sehari-hari.

Konsep smart living sejatinya adalah otomatisasi berbagai aspek dalam hidup mulai dari rumah/hunian, transportasi hingga keseluruhan kota. Namun, pada artikel kali ini kita akan fokus membahas smart living dalam kaitannya dengan hunian manusia baik itu rumah maupun apartemen.

 

Selain itu, akan diulas pula berbagai perangkat pintar yang diperlukan untuk menerapkan konsep smart living, contoh penerapannya di rumah serta apa saja manfaat nyata dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Mari kita simak artikel berikut ini.

Smart Living dan Berbagai Keuntungannya

Rumah yang terdigitalisasi dan terotomatisasi dapat memberikan perubahan besar pada gaya hidup penghuninya. Hidup pun jadi jauh lebih mudah dan simple. Alasannya karena rumah menjadi lebih interaktif dan responsif terhadap kebutuhan penghuninya. Nah, berikut ini adalah sejumlah keuntungan menerapkan smart living dalam rumah kita.

1. Kontrol Perangkat Secara Terpadu

Smart living membuat penghuninya dapat mengontrol dan mengelola seluruh perangkat pintar dalam rumah cukup melalui satu interface saja, yakni melalui smartphone maupun tablet. Dengan teknologi tersebut, penghuni bisa menghemat waktu yang biasanya tersita untuk mengoperasikan peralatan di rumah yang jumlahnya sangat banyak.

  1. Meningkatkan Keamanan Rumah

Menggabungkan perangkat keamanan dan pengawasan ke dalam jaringan smart home akan membuat tingkat keamanan rumah Anda meningkat. Sistem home automation dapat mengkoneksikan pendeteksi gerakan, kamera pengawas, smart lock dan perangkat keamanan pintar lain yang Anda miliki di rumah sehingga hanya melalui ponsel Anda dapat mengaktifkan seluruh perangkat tersebut dari dalam kamar tidur, ataupun ketika Anda berada di luar rumah. Anda juga bisa mendapatkan peringatan keamanan langsung ke beberapa device milik Anda sekaligus.

2. Menghemat Biaya

Otomatisasi perangkat yang kita gunakan di dalam rumah juga bisa menghemat pemakaian listrik. Contohnya, melalui smart thermostat yang dapat mempelajari kebiasaan pemakaian pendingin udara, baik jadwal maupun suhu yang diinginkan, penghuni, perangkat cerdas tersebut dapat menyarankan setting terbaik yang dapat menghemat pemakaian energi tanpa menghilangkan kenyamanan yang dibutuhkan penghuni. Dengan semakin minimalnya pemakaian energi, praktis penghuni juga bisa menghemat lebih banyak biaya.

3. Memaksimalkan Fungsi Peralatan Rumah Tangga 

Tidak hanya efektivitas, mengkoneksikan perangkat dengan sistem smart living juga member keuntungan yang membuat peralatan rumah tangga berfungsi lebih baik lagi. Contohnya, dengan smart oven Anda bisa memanggang ayam atau daging tanpa takut khawatir terlalu matang atau terlalu mentah. Begitu juga dengan penggunaan smart tv yang dapat menyarankan tingkat kecerahan layar tv hingga suara disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitarnya saat itu.


Baca Juga: Peran Teknologi Kesehatan dalam Mencegah Penularan Covid di Perkantoran

Perangkat Utama untuk Menerapkan Smart Living

Konsep smart living yang diminati karena memberikan banyak keuntungan, kini memiliki pasar yang besar. Tidak heran jika perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan perangkat pintar untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Dengan banyaknya perangkat yang ditawarkan, bisa jadi Anda bingung untuk menentukan apa saja perangkat yang fungsinya paling dibutuhkan. Nah, bagi Anda yang tertarik mengadopsi konsep smart living, berikut merupakan lima perangkat paling penting yang Anda butuhkan:

 

  • IoT Security Solution

 

Perangkat ini berfungsi untuk melindungi sistem IoT di rumah Anda dari serangan siber dan ancaman keamanan digital lainnya.

 

  • Voice Controller

 

Cukup dengan alat ini, Anda dapat mengontrol seluruh perangkat yang ada di rumah hanya dengan melakukan perintah. Layaknya asisten pribadi, Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai musik, berita, cuaca hingga membangunkan Anda di pagi hari.

  1. Kamera Pengawas Pintar

Kamera pengawas merupakan perangkat monitoring yang sangat penting dalam konsep smart living. Melalui perangkat ini,Anda bisa mengawasi rumah dari mana saja dan kapan saja.

 

  • Smart Plug

 

Smart Plug adalah perangkat soket listrik pintar yang dapat membantu Anda mengontrol pengoperasian alat-alat di rumah seperti menjadwalkan kapan pendingin udara menyala, kapan lampu teras mati hingga menyalakan mesin kopi secara otomatis.

 

Baca Juga: Mengulas Mobil Terbang, Teknologi Canggih Masa Depan Transportasi Dunia

Acer dan Solusi Teknologi untuk Smart Living

Seperti telah dibahas sebelumnya, smart living dalam pengertiannya yang lebih luas tidak hanya mencakup smart home semata melainkan juga konsep smart city dimana teknologi IoT mengotomatisasi seluruh perangkat dan fasilitas publik yang ada di sebuah kota.

 

Sebagai perusahaan yang fokus menciptakan teknologi inovatif untuk membantu efektivitas dan efisiensi dalam berbagai lini kehidupan, Acer juga memiliki solusi IoT yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha hingga pemerintah untuk mewujudkan smart city

 

Ingin tahu teknologi apa saja yang dimiliki Acer untuk mewujudkan smart living? Berikut ini beberapa di antaranya:

 

  • Smart Water

 

Solusi Smart Water memberikan keleluasaan pada pemerintah dan perusahaan terkait untuk mengelola ketersediaan air minum. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan warga ke perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas dan distribusi air yang terkendali. Di level rumah tangga, solusi ini hadir dengan fitur pelaporan real-time untuk penggunaan air. Cara ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air di setiap rumah tangga.   

 

Acer Smart Water sendiri memiliki beberapa rangkaian teknologi, yakni Water Quality untuk memantau kualitas air, terutama pada industri besar; Water Flow System untuk meningkatkan efisiensi penggunaan dan distribusi air pada suatu kawasan; dan Water Meter dengan teknologi nirkabel LORA yang memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air tanpa kabel. 

 

  • Smart Agriculture

 

Solusi ini dapat membantu perusahaan agribisnis dan petani untuk meningkatkan hasil panen. Smart Agriculture dapat mengumpulkan data seperti cuaca, kondisi tanah, waktu tanam hingga waktu yang tepat untuk melakukan panen. 

 

  • Digital Signage

 

Digital Signage adalah solusi untuk strategi mempromosikan produk atau jasa melalui jaringan display elektronik. Digital Signage memungkinkan peningkatan engagement melalui iklan yang kreatif, pengalaman yang lebih baik melalui komunikasi visual dan penghematan waktu dan biaya untuk setiap update konten yang dilakukan.

Kontak Acer