Semua Hal yang Harus Anda Tahu Seputar Chromebook dan Chrome OS Image

Semua Hal yang Harus Anda Tahu Seputar Chromebook dan Chrome OS

Time December 16, 2022  |  By Acer Indonesia

Jika Anda saat ini sedang mencari perangkat yang bisa mendukung pekerjaan sehari-hari seperti mengerjakan dokumen, mengirim email, mengedit teks, sekaligus bisa untuk hiburan seperti menonton video atau memutar lagu maka Chromebook adalah pilihan laptop yang cocok untuk Anda. Chromebook relatif lebih mudah digunakan dan lebih terjangkau dibanding laptop Windows yang memiliki spesifikasi lebih beragam. 

Chromebook pun memberi kemudahan seperti Anda tidak perlu melakukan boot sistem operasi saat Anda menyalakannya, karena Chromebook hanya perlu beberapa detik untuk siap digunakan. Aplikasi Google seperti Gmail, Kalender, Maps, Dokumen, dan Hangouts pun sudah terpasang sebelumnya. Selain itu, Anda dapat mempersonalisasi Chromebook Anda dengan ribuan aplikasi lain dari Chrome Web Store.

Untuk dapat menggunakan Chromebook maka Anda harus mempersiapkan akun Google terlebih dahulu. Anda dapat memilih untuk membuat Akun Google di Chrome atau browser apa pun.

Anda dapat mengelola Akun Google dengan menjelajahi myaccount.google.com. Jika masuk ke Chrome dengan Akun Google, Anda juga dapat mengelola Akun Google dari dalam Chrome. Saat membuat atau mengelola Akun Google, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti:

  1. Mengedit info pribadi, seperti nama, alamat email, nomor telepon, alamat fisik, atau foto profil. 
  2. Melihat data, aktivitas, dan preferensi yang dapat membuat layanan Google lebih bermanfaat bagi Anda. 
  3. Mengelola kontak Akun Google yang tersimpan. 
  4. Menjaga keamanan Akun Google Anda. 

Menyimpan File Lebih Aman dengan Cloud

Chromebook tidak memiliki banyak ruang penyimpanan untuk menyimpan file. Namun tidak perlu khawatir karena Anda dapat menyimpan file secara cloud di Google Drive. Keuntungan dari menggunakan Google Drive adalah Anda bisa mengerjakan file secara langsung dan tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan apabila Anda lupa menyimpannya karena semua hasil edit Anda di file Drive akan disinkronkan secara otomatis.

Keuntungan lain menyimpan file Anda di cloud adalah Anda dapat mengaksesnya di mana saja selama Anda terhubung ke Internet. Dengan cara ini, Anda dapat membuka semua file cloud Anda di kantor, di sekolah, di rumah atau bahkan saat perjalanan. Anda juga dapat membuka file Anda di perangkat lain, seperti smartphone atau tablet, misalnya. Selama perangkat terhubung ke Internet, Anda dapat menggunakannya untuk mengakses file di cloud dari lokasi mana pun.

Saat membeli Chromebook, Anda akan mendapatkan penyimpanan Drive 100 GB secara gratis. 

Jika penyimpanan Drive Anda habis, Anda dapat membeli ruang penyimpanan online tambahan hingga 10TB untuk ruang penyimpanan ekstra. Dengan begitu, semua file Anda di cloud akan tersimpan dengan aman.

Lalu, bisakah Chromebook digunakan untuk bekerja offline? Jawabannya adalah tetap bisa. Anda bisa menggunakan Chromebook baik secara online maupun offline, hal ini didukung dengan beberapa aplikasi di Chromebook yang bisa berfungsi tanpa koneksi internet. Gmail misalnya, juga bisa berfungsi offline. Anda bisa menulis email, dan Gmail akan mengirimkannya segera setelah Anda kembali online. Anda juga dapat melanjutkan mengedit dokumen yang sudah Anda buka. 

Anda juga dapat mencetak menggunakan Chromebook dengan bantuan Google Cloud Print. Dengan Google Cloud Print Anda bisa mengirimkan file secara nirkabel ke printer atau Anda dapat menyambungkan printer ke Chromebook melalui USB. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena dengan Chromebook pun Anda bisa mencetak dokumen yang Anda butuhkan tanpa harus memindah file ke laptop windows. 

Rekomendasi Acer Chromebook 

  1. Chromebook 311 (CB311-9HT)

Didesain untuk tetap online saat bepergian, Acer Chromebook 311 mengemas banyak fitur ke dalam sasis kecil yang ringan.

  1. Acer Chromebook 712 (C871 / C871T)

Acer Chromebook 712 menawarkan tampilan aspek 3:2 dan prosesor Intel Core i3 generasi 10 , Chromebook berperforma tinggi ini memungkinkan pelajar melakukan tugas yang paling berat sekalipun lebih cepat dari sebelumnya

  1. Acer Chromebook (CB314-1H)

Didesain untuk bekerja dalam kondisi cahaya terang, layar besar 14” dengan bezel sempit 7,3mm milik Acer Chromebook 314 ideal untuk produktivitas yang lebih tinggi.

  1. Acer Chromebook 311 (C722)

Acer Chromebook 311, memiliki fitur untuk mendukung proses pembelajaran serta baterai yang kuat menjadikannya pilihan yang cocok untuk pelajar dari segala usia.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar Chromebook dan Chrome OS. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan Chromebook yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda pun bisa temukan pilihan produk Acer Chromebook lainnya dengan klik tautan berikut

Kontak Acer