Seberapa Penting Server untuk Sebuah Bisnis?  Image

Seberapa Penting Server untuk Sebuah Bisnis?

Time 07 Apr 2017  |  By Acer Indonesia

Ketika bisnis atau startup Anda terus berkembang, maka sudah waktunya Anda membutuhkan server. Memiliki server menjadi sebuah solusi ideal untuk melengkapi kebutuhan bisnis di era digital. Perangkat ini juga menjadi bagian penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Mengapa bisa? Ini dia alasannya.

Server Bisnis

Server adalah komputer induk yang dirancang untuk menyediakan layanan tertentu dalam suatu sistem jaringan PC client. Berbeda dengan desktop PC, server biasanya memiliki performa lebih tinggi dan dapat beroperasi 24/7 nonstop. Selain itu, server bisa dihubungkan dengan menggunakan kabel ataupun jaringan WiFi melalui router.

 

Dalam sisi kegunaan, server juga penting dalam menyediakan semua layanan penting yang dibutuhkan di dalam jaringan. Fungsinya adalah untuk menyimpan, mengambil, dan mengirim atau ‘melayani’ file dan data ke komputer lain dalam suatu jaringan. Sehingga, dengan adanya server di perusahaan, Anda bisa menikmati beberapa keuntungan sebagai berikut:

 1. Penyedia Resource

Sebuah server juga memudahkan para pegawai untuk berbagi resource (fasilitas) secara bersama-sama, mulai dari akses internet, printer, dan mesin faks. Siapapun bisa mengaksesnya langsung dari meja kerja masing-masing sehingga turut meningkatkan efisiensi kerja, sekaligus menghemat biaya pembelian hardware.

Server Bisnis

 

 2. Menyediakan Fitur Keamaan File dan Jaringan

Sementara dari sisi keamanan data, server menyediakan ‘tempat’ untuk menyimpan informasi bisnis, yang berarti Anda dapat mengelola dan melindungi informasi bisnis penting dengan lebih baik. Tidak seperti desktop PC yang rata-rata hanya menggunakan hard drive tunggal, server justru memiliki beberapa hard drive dalam konfigurasi RAID untuk mencegah terjadi kehilangan data atau gangguan dalam alur kerja.

 

3. Manajemen Virus

Salah satu ancaman terbesar untuk jaringan Anda adalah kemungkinan terkena virus, spyware, dan spam. Makanya, software anti virus sangat perlu diinstal pada setiap PC. Cara ini mungkin efektif bila kantor memiliki 20 karyawan atau lebih, namun bagaimana bila jumlah karyawan Anda lebih banyak? Menggunakan server tentu lebih efektif dan efisien untuk melindungi PC client dari virus dan malware.

 

4. Pusat Data dan Backup Data

Bagaikan jantung perusahaan, server memainkan peran utama sebagai pusat data storage. Pusat data ini bisa digunakan untuk menampung data-data dari client. Data-data tersebut kemudian dapat diakses setiap pegawai meskipun berasal dari divisi berbeda. Selain itu, server juga mencegah kemungkinan terjadinya data hilang berkat adanya sistem backup data otomatis dan memungkinkan Anda untuk mengambil file yang terhapus dengan sengaja.

 

Kesimpulannya, server merupakan sumber dari segala aktivitas PC client. Karena itu, dalam sebuah perusahaan akan lebih baik memiliki server karena begitu memudahkan segala hal yang berkaitan dengan kinerja sebuah perusahaan. Para pebisnis pun tidak perlu khawatir akan masalah koneksi jaringan server. Karena ada Acer Server Management.

 

Acer Server Management memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda dalam melakukan pengelolaan server. Bahkan, setiap server Acer telah dilengkapi perangkat lunak Acer Smart Console yang sangat memungkinkan Anda mengatur hingga 250 perangkat fisik dan virtual pada saat bersamaan. Ada pula Acer Smart Setup yang memudahkan kamu melakukan set up sistem secara mudah dan cepat yang cocok untuk sistem operasional Windows dan Linux.

 

Ingin tahu server yang tepat dari Acer? Segera temukan server yang sesuai kebutuhan perusahan Anda  di sini.

Kontak Acer