Sebelum Beli, Kenali Dulu Beda Chromebook dengan Laptop Image

Sebelum Beli, Kenali Dulu Beda Chromebook dengan Laptop

Time 13 Jun 2022  |  By Acer Indonesia

 

Meski bentuknya hampir sama namun Chromebook dengan Laptop adalah benda yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk membeli Laptop atau Chromebook, kamu perlu mengetahui apa saja perbedaannya dengan cek informasi selengkapnya berikut ini.

 

  1. Kebutuhan Koneksi Internet 
    Yang membedakan antara Chromebook dan laptop adalah kebutuhan koneksi internet. Chromebook harus selalu terhubung dengan internet agar berjalan maksimal selama digunakan. Beberapa fitur aplikasi tidak akan berfungsi jika kamu tidak terhubung dengan koneksi internet. Berbeda dengan laptop yang tidak harus terhubung internet. Banyak aktifitas yang masih bisa kamu lakukan dengan laptop apabila tidak tersedia koneksi internet seperti mengetik dokumen atau membuat file presentasi

  2. Kapasitas Penyimpanan
    Ukuran penyimpanan Chromebook lebih mirip dengan penyimpanan smartphone, misalnya kapasitas 16 GB, 32 GB, atau 64 GB. Biasanya, Chromebook memiliki slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan. Tapi, kamu juga bisa memilih menyimpan file di dalam cloud untuk menghemat konsumsi memori internal. Sementara laptop, memiliki ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas mulai dari 128 GB hingga 4 TB. Selain SSD, tidak sedikit laptop yang juga masih menggunakan hard-disk drive (HDD).



  3. Ketahanan Baterai
    Chromebook dikenal dengan ketahanan baterainya yang lebih awet dibanding laptop. Rata - rata Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar 9 jam penggunaan. Sedangkan masa pakai rata - rata baterai laptop adalah hingga 6 jam.

  4. Sistem Operasi Yang Digunakan
    Jika pada laptop menggunakan sistem operasi Windows atau Mac, maka pada Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS. Chromebook juga sangat mudah untuk kamu gunakan karena tidak memerlukan update software apapun sehingga bisa langsung memakainya. Chromebook menjadi rekomendasi bagi kamu yang membutuhkan perangkat berbasis cloud dengan akses ke layanan Google, karena kinerja Chromebook yang lebih cepat dibanding laptop. Sedangkan Laptop cocok untuk kamu yang sering melakukan banyak aktivitas seperti mengerjakan tugas, belajar, bermain game, hiburan, dan aktivitas lainnya. Karena ada berbagai aplikasi atau software yang bisa kamu install di laptop.

  5. Harga
    Alasan utama mengapa Chromebook menjadi sangat populer adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan laptop. Laptop berbasis Windows memiliki lebih banyak variasi harga. Harga laptop yang termurah akan sama dengan harga Chromebook, tetapi laptop dengan harga murah berperforma rendah, sehingga Chromebook bisa jadi pilihan. Kamu bisa temukan inspirasi Chromebook dari Acer yang sesuai dengan kebutuhan dengan mengunjungi https://www.acerid.com/
Kontak Acer