Review Windows 11: Sistem Operasi terbaik untuk Hybrid Working Image

Review Windows 11: Sistem Operasi terbaik untuk Hybrid Working

Time 16 Nov 2021  |  By Acer Indonesia

Microsoft telah resmi merilis Windows 11 pada awal Oktober 2021. Sistem operasi anyar ini akan menggantikan pendahulunya, yakni Windows 10, yang akan berhenti mendapatkan support pada tahun 2025 mendatang.

 

Ada sejumlah cara yang ditawarkan Microsoft untuk mendapatkan Windows 11. Pertama, bagi pengguna Windows 10 akan ada upgrade otomatis yang akan diberikan secara bertahap mulai 5 Oktober 2021 hingga pertengahan tahun 2022. 

 

Untuk mengetahui apakah Windows 11 telah tersedia bagi PC Anda, bisa dilakukan dengan membuka Windows Update settings (Settings > Update & Security > Windows Update). Jika perangkat Anda telah memenuhi persyaratan dan upgrade tersedia, pilihan untuk mengunduh dan install akan muncul. 

 

Kedua, jika PC Anda telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki prosesor dengan kecepatan minimal 1 gigahertz (GHz), 
  • RAM minimal 4GB, 
  • Storage 64GB, 
  • System firmware UEFI, mendukung Secure Boot Enable
  • Dukungan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0, 
  • GPU yang kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0,
  • Layar HD (720p) dengan ukuran lebih besar dari 9 inch dan mendukung sistem warna 8-bits per channel. 

 

Maka, Anda dapat langsung mengunduh dan menginstal Windows 11 melalui melalui Windows 11 Installation Assistant dan atau menggunakan Windows Installation Media dan mengunduh media creation tool untuk membuat bootable installer jika Anda ingin melakukan clean instal.

 

Bagi sebagian besar pengguna komputer, Windows 11 merupakan sistem operasi yang sangat ditunggu-tunggu. Sebab, upgrade besar-besaran ini diharapkan membawa perubahan signifikan yang dapat memberi dampak positif bagi para penggunanya.

 

Lantas, apa saja kelebihan Windows 11? Apa saja perubahan mendasar yang membedakannya dengan versi sebelumnya? Dan fitur-fitur apa saja yang menjadi Andalan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

Baca Juga: Bahaya Ransomware yang Menyasar Perusahaan Besar

 

Fitur Windows 11

Setidaknya ada 6 fitur pada Windows 11 yang tidak ditemukan pada versi sebelumnya dan dapat disebut sebagai revolusi:

 

1. Snap Assist

Fitur baru ini mempermudah pengguna untuk melakukan multitasking berat. Melalui Snap Assist, Anda dapat mengelola dan mengelompokkan dua hingga lebih virtual windows dalam layout yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menggunakan fitur ini caranya mudah. Anda cukup menggerakan kursor ke tombol minimize/maximize dari aplikasi yang Anda buka. Selanjutnya akan ada pop-up yang menampilkan piktograf enam layout yang berbeda.

 

2. Microsoft Teams

Fitur lain yang berbeda dibandingkan Windows 10 adalah tombol Microsoft Teams. Salah satu alasan mengapa Microsoft Team dimasukan sebagai komponen utama pada Windows adalah meningkatnya pengguna aplikasi kolaborasi ini. Anda dapat melakukan chat dan panggilan langsung dengan mengaksesnya melalui taskbar.

 

3. Start Menu

Salah satu perubahan paling besar yang membedakan Windows 11 dengan versi terdahulu adalah posisi, desain dan fungsi dari Start Menu. Selain letaknya yang secara default ditempatkan di tengah taskbar, saat diklik tombol Start menampilkan menu yang mirip seperti app drawer pada Android.

 

Secara desain, Start Menu berubah menjadi serba simetris, dan bulat. App icon yang ditampilkan juga memiliki ukuran lebih besar dan lebih berwarna. Selain itu, Windows menyematkan search bar di bagian atas yang sangat memudahkan pengguna untuk mencari program, menu atau file dengan sangat cepat.

 

4. Fitur Gaming

Bagi Anda yang hobi bermain game, Windows 11 memiliki dua fitur baru yang akan membuat pengalaman penggunaan saat bermain game menjadi lebih baik. Fitur tersebut adalah Auto HDR yang mampu membuat pencahayaan dan kecerahan yang lebih baik serta Direct Storage yang akan membuat loading time game lebih kencang dibandingkan windows. Secara teknis fitur Direct Storage ini memungkinkan GPU untuk langsung memproses data dari NVME SSD tanpa menunggu instruksi dari prosesor.

 

5. Aplikasi Android

Salah satu perubahan penting yang membedakan Windows 11 dan versi sebelumnya adalah tersedianya aplikasi Android pada Microsoft Store. Hal ini tentu saja menjadi fitur yang paling ditunggu oleh para pengguna Android di seluruh dunia.

 

Aplikasi Android dapat diakses melalui Amazon App Store yang harus kita install terlebih dahulu. Namun, saat ini fitur tersebut baru tersedia pada pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat.

 

6. Voice Typing

Fitur pengenalan suara ini merupakan pengembangan dari voice dictation yang ada pada Windows 10. Salah satu bagian yang menarik adalah adanya auto punctuation yang membuat pengguna Windows 11 dapat menyusun sebuah kalimat lengkap dengan tanda baca tanpa harus menyebutkan satu per satu nama-nama tanda baca tersebut.

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis

 

 

Kelebihan Windows 11 dan Keuntungan Menggunakannya

 

Microsoft menyebut sistem operasi terbarunya ini didesain khusus untuk memudahkan para profesional dalam menjalankan hybrid working. Hal itu terlihat dari fitur-fitur baru dan penyempurnaan fitur lama yang dibuat untuk mengubah cara orang bekerja menjadi lebih efektif dan mudah. 

 

Berikut ini sejumlah kelebihan Windows 11 yang membuatnya harus dimiliki para profesional: 

 

  • Manajemen Aplikasi yang Lebih Rapi

Melalui berbagai fitur yang ada, Windows 11 memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi dengan lebih mudah. Tampilan antarmuka yang simple, clean dan lebih minimalis, juga membantu meningkatkan fokus saat bekerja 

 

  • Mempermudah Kolaborasi

Microsoft Team yang terintegrasi dalam Windows 11 membuat kolaborasi antar sesama rekan kerja menjadi lebih mudah dan cepat.

 

  • Konsistensi

Pengguna Windows 10 yang melakukan upgrade ke Windows 11 memang akan merasakan perubahan desain dan navigasi yang mendasar. Namun, untuk dapat menguasai Windows 11 tidak dibutuhkan waktu lama. Microsoft sendiri memastikan transisi antara penggunaan sistem operasi sebelumnya akan lancar melalui kompatibilitas aplikasi dan cloud management.

 

  • Keamanan yang Lebih Terjamin

Microsoft menjanjikan Windows 11 sebagai sistem operasi yang paling aman sepanjang perjalanan Windows. Hal ini didukung oleh ketatnya persyaratan sistem yang harus dipenuhi pengguna. Tujuannya tidak lain untuk membuat ekosistem yang lebih aman. Windows 11 akan memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap serangan siber.

 

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

 

Itulah review Windows 11 yang perlu Anda ketahui. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan sistem operasi ini namun terkendala pada persyaratan spesifikasi komputer, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan pergantian device

 

Sebelum Anda membeli perangkat yang baru, perlu diketahui bahwa Acer menjadi salah satu merek komputer yang mendapatkan prioritas Microsoft untuk menggunakan Windows 11 pada perangkat-perangkat terbarunya. Jadi, pastikan Acer menjadi pilihan pertama untuk seluruh kebutuhan perangkat teknologi Anda.

Kontak Acer