Rekomendasi Monitor Komputer Terbaik untuk Bisnis & Kerja Image

Rekomendasi Monitor Komputer Terbaik untuk Bisnis & Kerja

Time 29 Nov 2021  |  By Acer Indonesia

Monitor adalah salah satu perangkat keras (hardware) terpenting dalam sebuah komputer. Secanggih apapun spesifikasi motherboard komputer, kualitas visual yang ditampilkan tidak akan maksimal jika monitor yang digunakan tidak mendukung. 

 

Jika Anda menggunakan komputer untuk kebutuhan bisnis dan profesional, terlebih jika pekerjaan atau bisnis Anda berkaitan dengan grafis, gambar dan video, maka monitor yang digunakan tidak bisa sembarangan. Selain harga, hal utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah spesifikasi dari monitor yang harus cocok dengan jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

 

Nah, jika Anda ingin membeli monitor komputer untuk kebutuhan bisnis dan bekerja, berikut adalah 5 hal yang perlu Anda ketahui agar dapat memilih monitor yang tepat.

 

Tips Membeli Monitor untuk Bisnis dan Kerja

 

1. Untuk Kebutuhan Industri Kreatif

 

Jika bisnis atau pekerjaan Anda bergerak di bidang kreatif, di mana akurasi warna dan gambar sangat penting, maka Anda membutuhkan monitor dengan resolusi tinggi. Semakin tinggi resolusi laptop, maka kerapatan pixel makin bertambah yang artinya gambar menjadi lebih tajam. 

 

Untuk kebutuhan minimum, resolusi laptop yang harus Anda miliki adalah 1920 x 1080 pixel (1080p/Full HD/HD), QHD atau 4K (layar dengan resolusi asli 3.840x 2.160 piksel). Untuk ukuran layar, monitor dengan ukuran 32 inch sudah tergolong besar. Jika monitor ini digunakan untuk seorang desainer grafis, pastikan juga monitor mendukung penggunaan software CAD.

 

Untuk kebutuhan pekerjaan grafis yang mengharuskan penggunanya menatap layar monitor dalam jangka waktu lama, pastikan memilih monitor yang dilengkapi teknologi blue light reduction agar mata tidak cepat lelah saat menatap layar monitor dan menjaga kesehatan mata. 

 

Baca Juga: 6 Ide Bisnis di Masa Pandemi, Cukup Bermodal Laptop!

 

2.Kebutuhan Kerja Harian

Untuk kebutuhan kerja sehari-hari seperti browsing dan penggunaan aplikasi kerja untuk menulis, membuat presentasi, hingga melakukan pengolahan data sederhana, monitor dengan ukuran layar 27 inch sudah cukup memenuhi syarat. 

 

Monitor dengan beragam port juga memberikan banyak keuntungan. Salah satu jenis port yang penting adalah USB-C. Kabel USB-C dapat mentransmisi sinyal gambar 3840x2160 (4K UHD) dengan refresh rate 60z. Artinya, kualitas gambar yang ditampilkan akan semakin tinggi. Selain itu, monitor dengan port USB-C juga memberikan kapabilitas bagi penggunanya untuk mengisi daya laptop maupun handphone. 

 

Adanya port USB-C juga dapat membuat setup meja kerja Anda menjadi lebih clean karena Anda tidak lagi membutuhkan adaptor jika ingin menampilkan laptop ke layar monitor besar. Fitur penting lainnya yang penting dimiliki monitor untuk kebutuhan kerja harian adalah pengatur ketinggian. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengatur ketinggian senyaman mungkin sehingga mengurangi rasa lelah saat bekerja.

 

3. Kebutuhan Kerja dan Hiburan

Selain digunakan untuk bekerja, pada umumnya komputer juga digunakan untuk kebutuhan hiburan seperti nonton film dan bermain game. Nah, jika Anda berniat membeli monitor untuk kebutuhan bekerja dan gaming, pastikan laptop Anda memiliki spesifikasi sebagai berikut:

 

  • Refresh rate tinggi. 

Tingkat refresh rate menentukan seberapa cepat monitor memperbarui pixel atau memindai sebuah gambar. Semakin tinggi refresh rate maka tampilan gambar yang bergerak akan menjadi lebih halus, tidak patah-patah dan terlihat bergelombang atau berkedip. 

 

Jika Anda membutuhkan monitor untuk bekerja sekaligus gaming, maka Anda membutuhkan monitor dengan refresh rate sebesar 75Hz. Tapi, jika monitor hanya digunakan untuk bekerja, tingkat refresh rate sebesar 60 Hz sudah cukup baik.

 

  • Response time yang pendek

Semakin pendek response time, maka semakin cepat monitor menampilkan visual yang direquest user pada komputer. Response time berfungsi untuk menghindari efek screen tearing di mana tampilan gambar seperti robek atau patah di bagian tengah atau frame rate yang terlihat tidak stabil. 

 

Pada monitor dengan response time yang panjang, maka sebuah gambar berkecepatan tinggi seringkali akan terlihat blur/ kabur. Jika Anda menggunakan monitor untuk bekerja sambil bermain game, maka response time yang harus dimiliki monitor selambat-lambatnya adalah 5 milidetik.

 

Baca Juga: Mengenal Smart Office dan Bagaimana Konsep Ini Mentransformasi Perusahaan

 

Jenis-jenis Panel Monitor dan Perbedaannya

Terdapat tiga jenis teknologi LCD yang umum digunakan pada monitor yakni Twisted Nematic (TN), Vertical Alignment (VA) dan In-Plane Switching (IPS). Masing-masing mempunyai perbedaan baik dari segi performa, harga hingga peruntukan. Berikut ini adalah tabel perbandingan masing-masing panel yang dapat memudahkan Anda untuk mengambil keputusan:

 

Jenis Panel

TN

IPS

VA

Performa

Paling cepat (response time pendek, refresh rate tinggi), tidak blur dan minimal lagging

Respon lebih lambat dibandingkan TN. Response time lebih cepat dibandingkan VA. Refresh rate tidak mendukung gaming.

Respon paling lambat dibandingkan jenis panel lainya. Refresh rate tinggi.

Display

Kualitas viewing angle paling rendah. Kualitas warna paling rendah.

Panel dengan viewing angle terbaik. Tampilan warna paling baik.

Viewing angle lebih baik dibandingkan TN tapi masih di bawah IPS. Kualitas warna baik

Harga

Paling murah

Paling mahal

Harga mirip dengan TN

Peruntukan

Gaming

Profesional dan gaming

Kerja sehari-hari

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis

 

                                                                               

 

Rekomendasi Monitor Komputer Acer Terbaik

Jika Anda sedang membandingkan berbagai merek monitor, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa monitor komputer terbaik milik Acer. Sebab, Acer menawarkan monitor dengan spesifikasi terbaik dengan harga terjangkau. Berikut ini merupakan rekomendasi dan spesifikasi monitor Acer:

 

  • Acer Monitor UT 241Y

Sistem engsel yang unik pada UT 241Y membuat pengguna bisa mengatur angle terbaik, baik itu tegak maupun rata, untuk pengalaman bekerja maupun bermain game yang lebih maksimal. Monitor ini juga sangat nyaman digunakan untuk kolaborasi dengan rekan kerja karena dilengkapi dengan wide-angle color visibility dan desain frameless yang membuat warna dan ketajaman gambar tetap sama meskipun dilihat dari berbagai sudut pandang. 

 

Teknologi layar sentuh dengan lapisan spesial membuat noda jari tidak berbekas dan layar lebih nyaman untuk ditatap selama berjam-jam. Acer BlueLightShield dan teknologi flickerless membantu mengurangi iritasi mata saat harus bekerja dalam waktu lama. Untuk kebutuhan input, Acer menyediakan berbagai jenis port untuk monitor ini termasuk USB type C. Lihat detail spesifikasi Acer monitor UT 241Y.

 

  • Acer Monitor KA242Y

Dengan sudut pandang 180 derajat, monitor ini tetap menampilkan warna yang tidak pudar meskipun dilihat dari jauh. Contrast ratio 100.000.000:1 juga memastikan pengguna mendapatkan warna yang lebih jelas. Monitor ini juga mampu menampilkan 16,7 juta warna dengan brightness.

 

Monitor ini juga dilengkapi dengan Acer BlueLightShield yang mampu mengurangi emisi cahaya biru dan teknologi flickerless yang dapat mengurangi kedipan pada layar yang dapat merawat kesehatan mata pengguna. Meskipun bukan monitor gaming, dengan respon time 1 ms, refresh rate 75 Hz dan dukungan AMD FreeSync, monitor ini masih cukup menunjang untuk digunakan bermain game. Lihat detail spesifikasi Acer monitor KA242Y.

Kontak Acer