Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis  Image

Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis

Time 30 Sep 2021  |  By Acer Indonesia

Memilih laptop untuk desain grafis memang tidak mudah. Pekerjaan desain grafis membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankan program-program tertentu. Laptop yang tepat akan sangat meringankan pekerjaan seorang graphic designer.

 

Untuk menghemat budget, seorang graphic designer bisa saja menggunakan laptop dengan spesifikasi “tanggung” untuk mengerjakan tugasnya. Namun ada yang harus dikorbankan, yakni produktivitas dan kualitas hasil pekerjaan yang dapat berkurang jauh dibandingkan jika menggunakan laptop dengan spesifikasi mumpuni.

 

Laptop untuk desain grafis setidaknya mampu memudahkan seorang graphic designer untuk melakukan editing foto dan video. Spesifikasi yang dibutuhkan pun harus mampu menunjang program-program terbaru, yang umumnya tidak bisa dijalankan jika menggunakan laptop biasa.

 

Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis

 

Ada beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk desain grafis, antara lain:

 

1. Layar 

Jika ingin membeli sebuah laptop untuk keperluan multimedia dan desain grafis, layar menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Tipe panel pada layar biasanya akan mempengaruhi kenyamanan pengguna. Untuk itu, dalam memilih laptop untuk desain grafis, disarankan memilih tipe panel layar IPS, baik untuk layar LCD maupun LED. Keunggulan panel IPS adalah tingkat keakuratan dan tampilan yang lebih konsisten dan nyata ketika dilihat dari berbagai sudut pandang.

 

Untuk keperluan desain grafis, layar yang berukuran besar akan lebih membantu. Besar minimal layar yang nyaman untuk desain grafis adalah 13,3 inch. Namun, disarankan untuk memilih laptop dengan layar 14 atau 15 inch. Kemudian, layar laptop yang dipilih juga memiliki kepadatan pixel yang mumpuni. Untuk keperluan desain grafis dan multimedia kepadatan pixel yang disarankan adalah 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD) atau 3840 x 2160 (4K UHD).

 

Baca Juga: 6 Kemampuan Komunikasi Bisnis yang Penting Dikuasai

 

2. Prosesor

Prosesor merupakan bagian utama yang melakukan pekerjaan paling berat dalam laptop. Komponen ini bertanggung jawab untuk melakukan semua perhitungan logis dan matematis dari setiap proses atau perintah yang diberikan oleh pengguna.

 

Prosesor yang sebaiknya minimal dimiliki dalam laptop untuk desain grafis adalah prosesor prosesor Intel Core i5 generasi ke-9 atau ke-10. Jika preferensi pengguna cenderung ke AMD, maka disarankan untuk mencari laptop dengan prosesor minimal seri A6, A8, A10, atau seri FX.

 

3. VGA

VGA atau GPU adalah bagian dari laptop yang bertugas menangani tampilan visual. Kecuali beberapa seri Xeon dari Intel, semua prosesor Intel dan AMD telah menyertakan VGA atau GPU yang terintegrasi dalam prosesor. 

 

Untuk editing foto atau membuat desain sebenarnya sudah cukup, tetapi dalam batas-batas tertentu. Untuk mendapatkan kecepatan kerja dan tampilan yang lebih bagus, akan sangat membantu jika sebuah laptop untuk desain grafis itu memiliki VGA atau GPU tersendiri dengan kapasitas minimal 2GB.

 

4. RAM

Komponen yang juga sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop untuk desain grafis adalah RAM. Kapasitas yang disarankan untuk pekerjaan desain grafis adalah RAM di adalah 4 GB, yang merupakan kapasitas di atas rata-rata laptop saat ini, yakni 2 GB.

 

Selain kapasitas RAM, penting bagi seorang graphic designer memilih laptop yang memiliki slot memori tambahan. Ini diperlukan ketika pengguna harus menambah atau melakukan upgrade. Jika memilih laptop dengan modul RAM yang tertanam langsung di motherboard akan menyulitkan saat pekerjaan desain grafis mengharuskan untuk melakukan install program yang “berat”. Untuk itu, sebaiknya mencari laptop dengan slot memori yang mampu di-upgrade minimal hingga 8 GB.

 

5. Hard Disk

Laptop untuk desain grafis tidak hanya memerlukan media penyimpanan yang besar, tapi juga cepat. Untuk itu diperlukan kapasitas hard disk minimal 1 TB atau lebih. Besaran kapasitas ini tidak berlebihan, mengingat desain grafis seringkali bersinggungan dengan file gambar dan foto dengan resolusi tinggi. Jika tidak, maka kapasitas hard disk akan penuh dengan cepat.

 

Baca Juga: 7 Strategi Word of Mouth dalam Dunia Marketing

 

Di luar spesifikasi, graphic designer juga memiliki preferensi sendiri terkait sistem operasi yang terkandung di dalam laptop yang digunakan. Perlu diketahui, terdapat tiga sistem operasi yang lazim digunakan pada laptop untuk desain grafis, yakni Windows dan Linux. Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Pada Windows, selain memiliki harga yang cenderung lebih murah dan pilihan yang beragam, laptop untuk desain grafis dengan sistem operasi ioni akan lebih mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, jika pengguna merasa laptop sudah cukup lambat, mengubah beberapa bagian dari laptop bukanlah masalah. 

 

Sistem operasi lainnya pada laptop untuk desain grafis adalah Linux. Sistem operasi ini mungkin tidak cukup terkenal, tapi bagi pengguna yang juga gemar mengutak-atik laptop, Linux bisa menjadi pilihan karena mudah dilakukan berbagai perubahan. Namun, perlu diingat bahwa laptop yang menggunakan sistem operasi Linux tidak memiliki aplikasi selengkap Windows.


Baca Juga: Apa itu Business Plan dan Cara Membuatnya untuk Memulai Usaha Anda

 

Pilihan Laptop Acer Terbaik untuk Desain Grafis

 

Selain dari spesifikasi minimum, memilih laptop untuk desain grafis memang tergantung dari preferensi dari user. Namun, satu merek yang patut menjadi pertimbangan adalah Acer. Popularitasnya yang tinggi di Indonesia, harga yang terjangkau, serta spesifikasi yang tangguh jadi segelintir kelebihan dari laptop besutan Taiwan ini.

 

Ada beberapa laptop keluaran Acer yang sangat cocok digunakan untuk pekerjaan desain grafis. Berikut tiga jenis laptop Acer yang cocok digunakan untuk desain grafis:

 

1. ConceptD 7 Ezel Pro CC715-91P

Laptop ini sangat cocok digunakan untuk desain grafis, karena mampu menampilkan detail warna dan gambar yang tampak lebih nyata. Hal ini didukung layar dengan standar warna profesional, mulai dari 100% Adobe® RGB Color Gamut yang mencakup rentan warna lebih luas daripada gamut sRGB, sertifikasi PANTONE®, dan Delta E

 

2. ConceptD 7 Ezel Pro CC715-71P

Laptop ini memiliki tingkat komponen yang sama dengan yang ditemukan di notebook gaming papan atas, seperti Razer Blade 15 Advanced (2020). Di dalamnya terdapat prosesor Intel Core i7-10875H delapan inti (basis 2,3GHz, hingga 5,1GHz turbo), kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 Super Max-Q 8GB, memori 32GB, dan solid-state drive 2TB. Spesifikasi yang terkandung dalam laptop ini tergolong sangat mumpuni untuk mengerjakan desain grafis.

 

3. ConceptD 7 Ezel Pro CC314-72P

Didesain untuk alur kerja desain 2D dan 3D, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-10750H baru dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 3060. Melalui memori DDR4 3200 Hz hingga 64 GB dan SSD PCIe Gen 4 M.2 2 TB di Raid 0, laptop ini menyediakan semua yang dibutuhkan desainer grafis untuk menangani pengeditan video 4K.


Nah, itulah pilihan laptop Acer terbaik untuk pekerjaan desain grafis. Untuk pilihan laptop yang lebih lengkap, kunjungi Acer sekarang juga dan temukan laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Kontak Acer