Rekomendasi Laptop Core i7 Acer Terbaik untuk Bisnis dan Perusahaan Image

Rekomendasi Laptop Core i7 Acer Terbaik untuk Bisnis dan Perusahaan

Time 06 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari laptop untuk kebutuhan pekerjaan komputasi berat seperti video editing, 3D modelling maupun multitasking yang mengharuskan untuk menjalankan banyak program dalam satu waktu, maka Anda membutuhkan laptop dengan performa tinggi. 

 

Nah, salah satu faktor penting yang menentukan performa laptop adalah prosesor. Sebagai otak dari sebuah komputer, tugas prosesor sangat penting yakni menerima instruksi dari sebuah program atau aplikasi, melakukan kalkulasi dan mendistribusikan perintah pada komponen yang relevan untuk dieksekusi. Sederhananya, semakin tinggi spesifikasi prosesor maka suatu program atau aplikasi dapat berjalan dengan semakin baik dan efisien.

 

Bicara mengenai prosesor dengan kemampuan tinggi, prosesor Intel® Core™ i7 merupakan salah satu pilihan terbaik. Sebagai prosesor kelas tinggi buatan Intel, Core™ i7 banyak digunakan pada laptop-laptop high-end yang biasa digunakan untuk kebutuhan content creation hingga gaming. Pada artikel kali ini, kita akan merekomendasikan dan mengulas deretan laptop Acer dengan prosesor Intel® Core™ i7 yang cocok untuk kebutuhan perusahaan/ bisnis.

 

Namun, sebelum kita membahas produknya lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan Intel® Core™ i7 dibandingkan prosesor intel tingkatan di bawahnya dan apa saja yang perlu kita ketahui saat akan membeli laptop dengan prosesor Intel® Core™ i7. 

 

Kelebihan Prosesor Intel® Core™

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008, Intel telah memposisikan Core™ i7 sebagai prosesor komputer segmen bisnis dan profesional. Oleh karenanya, prosesor ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ada pada prosesor i series yang lebih rendah seperti Core™ i3 dan Core™ i5. Lantas, apa saja perbedaan tersebut? 

 

Secara general, Intel® Core™ i7 memiliki berbagai keunggulan diantaranya hyper threading yang lebih baik, clock speed yang lebih cepat dan integrated graphic yang lebih berkualitas. Sekarang mari kita ulas lebih lanjut satu per satu.

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Acer Yang Telah Menggunakan Windows 11

 

Hyper-Threading

Berdasarkan penjelasan resmi Intel, hyper threading adalah inovasi perangkat keras yang memungkinkan lebih dari satu thread untuk dijalankan pada setiap inti. Perlu diketahui bahwa jalur atau thread ini hanya dimanfaatkan oleh software. Dengan lebih banyak thread, berarti lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan secara paralel sehingga tidak perlu menunggu satu per satu tugas yang diberikan.

 

Teknologi canggih ini hanya disematkan pada Core™ i5 dan i7. Hyper threading merupakan perbedaan utama antara i5 dan i7. Sebab, tidak semua Core™ i5 memiliki teknologi ini, sementara semua prosesor Intel® Core™ i7 telah dilengkapi dengan hyper threading.

 

Clock Speed

Selanjutnya clock speed. Jika kita bandingkan per unit core, maka speed Core™ i7 jauh lebih cepat dari Core™ i5. Berdasarkan hasil uji coba, clock speed i5 berada pada 1,6 Ghz dan menjadi 3,4 Ghz dengan turbo boost, sedangkan i7 mencapai 1,8 Ghz dan 3,6 Ghz dengan turbo boost. Selain itu, Core i7 memiliki cache memori yang lebih besar yakni 8 MB dibandingkan Core™ i5 sebesar 6 MB.

 

Mengapa Harus Memilih Intel® Core™ i7?

Peruntukan laptop menjadi alasan utama yang harus dijawab terlebih dahulu sebelum memutuskan jenis prosesor Intel seperti apa yang Anda butuhkan. Jika laptop ini lebih banyak digunakan untuk gaming, maka laptop dengan prosesor i7 sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Alasannya karena banyak game tidak membutuhkan 4 Core™ melainkan lebih membutuhkan engine grafis yang lebih baik.

 

Tapi jika komputer ini digunakan untuk kebutuhan pekerjaan profesional seperti video editing, melakukan render 3D, dan multitasking program-program  berat, maka i7 akan lebih dibutuhkan. 

 

Alasannya karena software animasi umumnya membutuhkan Core™ yang banyak. Selain itu, saat bekerja kita tidak mungkin hanya menjalankan satu software saja sehingga membutuhkan Core™. Perlu diingat, semakin banyak core maka proses rendering makin cepat. Untuk kebutuhan profesional, minimum Core™ yang dibutuhkan adalah 4 core dengan 8 thread yang tentunya ada pada Intel® Core™ i7.

 

Spesifikasi Lain yang Mendukung Prosesor

Jika Anda membutuhkan laptop untuk melakukan pekerjaan berat, prosesor dengan performa tinggi seperti Core™ i7 menjadi syarat wajib. Namun, ada beberapa spesifikasi pendukung yang tidak boleh kita abaikan. Jika tidak, performa yang dihasilkan laptop akan jauh dari harapan. 

 

Jika Anda membutuhkan laptop untuk menjalankan software 3D animasi dan pekerjaan content creation lainnya serta multitasking, maka memori laptop juga harus mendukung. Setidaknya spesifikasi RAM 16GB. Selain itu, laptop juga wajib memiliki dedicated GPU untuk membantu pekerjaan-pekerjaan rendering sehingga prosesnya bisa dilakukan dengan lebih cepat. 

 

Baca Juga: Mengenal Rugged Laptop Acer, Laptop Tangguh Untuk Kebutuhan Pekerja Lapangan

 

 

Rekomendasi Laptop Intel® Core™ i7 Acer Terbaik

 

1. TravelMate P214-53G 

Laptop dengan bobot ringan namun memiliki durabilitas tinggi ini sangat direkomendasikan untuk kebutuhan pekerjaan komputasi berat. Selain dilengkapi dengan prosesor Intel generasi 11 tipe Core™ i7-1165G7. Kelebihan utama prosesor ini terletak pada speed yang cukup kencang yakni di rentang 2,8 Ghz -4,7 Ghz. 

 

Cache memori yang besar di level 12 MB juga membuat pekerjaan multitasking berat dapat dilakukan dengan mudah. Laptop ini dilengkapi dengan memori standar 16 GB DDR hingga 32 GB dual channel DDR4 dan grafis NVIDIA GeForce MX330 2GB yang sudah cukup untuk pekerjaan desain grafis. Dalam hal monitor, Acer melengkapi laptop ini dengan panel IPS 14 inch HD.

 

2. Acer Enduro N3

Bagi Anda yang membutuhkan laptop lapangan (rugged laptop) yang memiliki performa tinggi, Enduro N314-51W / 51WG merupakan pilihan yang tepat. Menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 generasi 10, grafis NVIDIA® MX230, memori hingga 32 GB DDR4 dan penyimpanan hingga 1TB, laptop ini sangat menunjang bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi berat saat di lapangan. Meski masuk kategori rugged laptop, Acer Enduro N3 memiliki desain yang tipis dan ringan sehingga mudah untuk dibawa berpergian.

 

Nah, itulah sekilas ulasan mengenai laptop Acer dengan prosesor Intel® Core™ i7 yang cocok untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan. Jika Anda tertarik, segera hubungi Acer sekarang juga untuk mendapatkan penawaran menarik.

Kontak Acer