Rekomendasi Laptop Convertible (2 in 1) Acer Terbaik Image

Rekomendasi Laptop Convertible (2 in 1) Acer Terbaik

Time 05 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Kebutuhan akan laptop yang fleksibel dan mendukung mobilitas tinggi penggunanya mendorong produsen laptop menciptakan laptop convertible atau yang juga dikenal dengan sebutan laptop hybrid dan 2 in 1. Pada dasarnya, laptop 2 in 1 merupakan laptop yang menggabungkan dua fungsi perangkat, yakni laptop dan tablet, dalam satu produk. Atau dalam kata lain, Anda membeli sebuah device, yakni laptop, yang juga dapat ditransformasi menjadi tablet.

 

Laptop convertible atau hybrid juga mudah dibedakan dari laptop tradisional. Selain ukurannya yang lebih tipis, bagian keyboard pada laptop ini juga dapat dilipat hingga 360 derajat atau pada beberapa merek dan tipe tertentu, keyboard tersebut dapat dilepas pasang. Namun, untuk mendapatkan fungsi-fungsi tersebut, seringkali Anda harus membayar dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop tradisional dengan spesifikasi serupa.

 

Bagi Anda yang ingin membeli laptop convertible, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah laptop jenis ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda mengambil keputusan yang tepat, berikut ini kelebihan dan kekurangan laptop convertible/ hybrid serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda dapatkan.

 

Baca Juga: Review Windows 11: Sistem Operasi Terbaik Untuk Hybrid Working

Kelebihan Laptop Convertible

Jika sejumlah kelebihan berikut ini dapat menjawab masalah dan kebutuhan Anda, maka membeli laptop convertible akan menjadi keputusan yang tepat.

  1. Menghemat Uang

Jika Anda membutuhkan dua perangkat sekaligus untuk mendukung aktivitas maupun pekerjaan, membeli laptop convertible akan dapat menghemat uang Anda. Dengan harga yang lebih murah, Anda tidak saja mendapatkan sebuah laptop, melainkan tablet dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan tablet konvensional.

  1. Fleksibilitas

Fleksibilitas tinggi merupakan salah satu alasan utama yang membuat orang membeli laptop convertible. Terlebih jika kondisi Anda sering tidak memungkinkan untuk bekerja menggunakan laptop. Katakanlah Anda seringkali harus mengerjakan sesuatu saat bepergian menggunakan kendaraan umum, membuka laptop untuk bekerja tentu bukan pilihan yang paling tepat.

 

Selain mode tablet, laptop hybrid juga dapat digunakan dalam posisi lain seperti mode berdiri, dengan melipat keyboard ke belakang, hingga mode tent yang mengubah laptop Anda menjadi papan tulis digital dengan cara melipatnya seperti menyerupai sebuah tenda. Fleksibilitas yang ditawarkan membuat aktivitas kolaborasi dan kerja bersama menjadi jauh lebih mudah.

  1. Layar Resolusi Tinggi

Kebanyakan laptop convertible menawarkan spesifikasi layar dengan resolusi tinggi dan colour gamut atau rentang warna yang sangat lebar. Oleh karenanya, laptop ini sangat mendukung beragam aktivitas mulai browsing, membaca artikel, e-book hingga multimedia seperti menggambar, mengedit atau menonton video.

  1. Desain Tipis dan Modern

Dari segi desain, laptop convertible juga lebih menarik dibandingkan laptop tradisional. Dengan bezel yang tipis dan sasis metalik/ aluminium, laptop convertible terlihat lebih modern terlebih ketika kita menggunakan fungsi layar sentuh dan mode flip.

  1. Spesifikasi Mendukung Kerja Profesional

Meski pada umumnya laptop convertible memiliki spesifikasi lebih rendah dibandingkan laptop tradisional pada kisaran harga yang sama, secara fungsi sudah cukup mendukung untuk kebutuhan kerja profesional. Selain dapat digunakan untuk multitasking, laptop convertible sudah cukup mumpuni untuk membuka aplikasi untuk kerja dan kolaborasi.

 

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Acer Chromebook Untuk Kebutuhan Bisnis Dan Perusahaan

 

Kekurangan Laptop Convertible

 

Setelah membahas mengenai sekian kelebihan dan keuntungan menggunakan laptop convertible/ hybrid, Anda juga harus mempertimbangkan atau mengetahui sejumlah kekurangannya sebagai berikut:

 

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Seperti telah disinggung sebelumnya, kelebihan utama laptop convertible/ hybrid adalah fleksibilitas. Bagi Anda yang membutuhkan power dan performa, laptop jenis ini juga memiliki sejumlah produk yang dilengkapi spesifikasi tinggi. Namun, harga yang harus Anda bayar akan jauh lebih mahal dibandingkan pada laptop tradisional.

 

 

  • Overheat

 

Masalah lain yang sering ditemukan pada laptop dengan casing tipis dan spesifikasi tinggi adalah lebih mudah mengalami overheat. Untuk mencegah motherboard laptop terbakar, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pendingin eksternal. Selain mudah panas, ukuran baterai yang lebih kecil cenderung membuat kapasitas daya tidak sebesar laptop tradisional. Oleh karenanya, baterai pada laptop convertible cenderung tidak lebih awet dibandingkan laptop konvensional.

 

  • Ruang Penyimpanan Lebih Kecil

Ruang penyimpanan yang relatif lebih kecil dibandingkan laptop standar menjadi kompensasi atas desain yang tipis dan modern. Hal ini tentu menjadi nilai minus terutama jika Anda sering bekerja dalam kondisi tanpa internet yang membuat sulit untuk mengakses cloud storage.

 

  • Keyboard yang Lebih Kecil

Desain yang ergonomis juga membuat keyboard laptop jenis ini cenderung lebih kecil. Jika Anda sering menggunakan keyboard untuk membuat catatan tentu akan kurang nyaman dengan fitur-fitur keyboard yang terbatas seperti space bar dan touchpad yang lebih minimalis.

 


Baca Juga: Rekomendasi Laptop Acer Yang Telah Menggunakan Windows 11

 

 

Rekomendasi Laptop Convertible Acer Terbaik

 

Saat mempertimbangkan untuk membeli laptop convertible, seringkali Anda akan dihadapkan pada pilihan antara fleksibilitas dan performa. Namun, pada laptop convertible Acer, Anda tidak perlu dipusingkan dengan perbandingan tersebut. 

 

Sejumlah produk laptop convertible Acer menawarkan dua hal tersebut dengan harga yang sangat menarik. Nah, bagi Anda yang tertarik mempelajari laptop convertible Acer, berikut rekomendasi dan ulasan produknya.

 

  • Chromebook Spin 713 (CP713-2W)

 

Rekomendasi pertama adalah laptop convertible dengan sistem operasi Chrome OS yakni Chromebook Spin 713. Jika kebanyakan laptop convertible punya kekurangan dalam hal durabilitas, Acer justru menawarkan produk dengan build yang kokoh bahkan berstandar militer. Meskipun demikian, design yang modern, mewah dan dinamis tidak ditinggalkan.

 

Spesifikasi yang ditawarkan juga beragam. Anda dapat memilih prosesor intel generasi 10 dengan pilihan mulai dari entry level, mid hingga high yaitu i3-10110U, i5-10210U, dan i7-10510U. Untuk RAM, laptop ini dilengkapi dengan dua pilihan yakni 8GB dan 16 GB DDR4. 

 

Selain itu, ruang penyimpanan yang diberikan juga cukup besar yakni 128 GB. Keunggulan lain yang menarik untuk dibahas adalah performa baterai. Meskipun ukuran laptop ini cenderung kecil, Acer menggunakan baterai dengan kapasitas yang cukup besar yakni 10 jam pemakaian.

 

  • Chromebook Spin 514 (CP514-1W / 1WH)

 

Laptop convertible Acer Chromebook Spin 514 merupakan laptop Chrome OS pertama yang menggunakan prosesor AMD. Dari segi durabilitas, laptop ini memiliki sertifikat MIL-STD810H kelas militer yang membuatnya menjadi salah satu laptop convertible terkokoh. Meski daya tahannya tinggi, seperti kebanyakan laptop Acer, desain yang ditawarkan tetap stylish dengan bezel tipis yang membuatnya terlihat premium. 

 

Dalam hal fleksibilitas, fitur flip menjadi semakin menarik karena sistem engsel memungkinkan bodi bagian bawah laptop terangkat sehingga membuat laptop lebih nyaman digunakan untuk mengetik. Portabilitas tersebut juga membuat sistem pendinginan berjalan lebih optimal karena adanya ruang di bawah bodi yang terangkat.

 

Bicara mengenai performa, prosesor AMD Ryzen™ yang berkinerja tinggi memberikan respons yang konsisten, waktu boot yang cepat, dan daya tahan baterai yang lama. Untuk kapasitas RAM, terdapat pilihan hingga 16GB DDR4 dan internal storage hingga 256GB. Hal ini membuat laptop ini sangat mendukung aktivitas multitasking dan multimedia yang lebih baik.


Nah demikianlah ulasan mengenai laptop convertible yang dapat Anda jadikan panduan untuk membeli laptop. Bagi Anda yang tertarik menggunakan laptop convertible Acer, segera hubungi Acer sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik.

Kontak Acer