Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Mining Bitcoin Image

Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Mining Bitcoin

Time 06 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Tren investasi mata uang digital atau kripto membuat banyak masyarakat saat ini tertarik mengoleksinya. Dari puluhan ribu mata uang kripto saat ini, Bitcoin menjadi paling populer sebagai alat pembayaran digital. 

 

Untuk yang belum tahu mendapatkan Bitcoin ada tiga cara. Pertama dengan membelinya menggunakan uang yang diterbitkan bank. Kedua, menjual barang dan mendapatkan pembayaran tersebut dengan Bitcoin. Ketiga, menambang Bitcoin dengan menggunakan komputer. 

 

Nah bagi yang tertarik untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara menambang atau miner, Anda memerlukan modal alat kerja selain tentunya pengetahuan tentang Bitcoin tersebut. Nah, untuk alat kerja yang digunakan adalah perangkat lunak, jaringan dan pc atau laptop untuk menjalankan perangkat tersebut.  

 

Tertarik untuk memulai jadi penambang Bitcoin? Ada baiknya Anda mengetahui apa saja alat yang harus disiapkan untuk memulainya. Supaya ketika memulainya berjalan lancar. 

 

 

Spesifikasi Laptop untuk Mining

Mungkin masih ada belum memahami apa arti menambang Bitcoin. Sederhananya begini, seperti layaknya melakukan ‘penambangan’ komoditas, Anda dan banyak orang yang terhubung dengan jaringan internet bergabung untuk membentuk satu blok yang bekerja sama untuk memecahkan sebuah soal algoritma. 

 

Apabila Anda dan banyak orang berhasil melakukan penambangan, maka sistem blockchain tersebut mencatat Anda akan mendapatkan Bitcoin. Gimana, semakin tertarik untuk menjadi penambang? 

 

Bila semakin yakin untuk memulai menambang Bitcoin, Anda harus lebih memiliki berbagai peralatan yang menunjang. Selain software khusus Bitcoin, Anda juga harus memiliki laptop atau komputer, dan menambang dengan menggunakan laptop layak dipertimbangkan. Sebab, Anda bisa lebih fleksibel kapan saja dan dimana saja menambang. 

 

Sekarang mari cari tahu lebih dulu spesifikasi laptop apa yang kira-kira cocok digunakan untuk menambang. 

 

1. GPU dengan spesifikasi khusus 

Disarankan Anda memiliki GPU atau Graphic Processing Unit terbaik untuk digunakan menambang adalah dengan spek: 1070, 1070ti , 1080 or 1080ti. Spek tersebut dapat bekerja lebih cepat dan membantu Anda menuntaskan masalah algoritma dengan cepat. 

 

2. RAM minimal 8 GB

Saat Anda hendak memecahkan algoritma, Anda memerlukan laptop dengan RAM 8 GB dalam proses menambang agar laptop tidak mudah membeku. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Acer yang Telah Menggunakan Windows 11

 

3. Memiliki kipas  

Menambang Bitcoin membutuhkan waktu yang lama, saat Anda menambang maka laptop harus memiliki kipas supaya menjaga tetap dingin. 

 

4. Daya tahan baterai 

Menambang Bitcoin butuh waktu yang lama. Anda harus memastikan bahwa laptop Anda bisa beroperasi selama 24 jam non stop selama 7 hari. Makanya, Anda membutuhkan laptop dengan baterai yang tahan lama. 

 

Risiko Mining Menggunakan Laptop

Mengingat butuh waktu lama dan panjang ketika harus menambang, menggunakan laptop sangat tidak disarankan. Kalaupun ada pilihan Anda tetap menggunakan laptop sebaiknya dengan spesifikasi yang telah dijelaskan di atas atau menggunakan laptop untuk gaming. 

 

Meski begitu, ketahui sejumlah risiko jika Anda tetap menggunakan laptop untuk menambang bitcoin sebagai berikut: 

 

1. Bisa terjadi kerusakan permanen 

Laptop dirancang untuk melakukan pekerjaan yang sederhana yang harus tidak bisa terus selama 24 jam 7 hari hidup. Bila ini terjadi tentu laptop akan mudah rusak karena bisa mengalami overheat. 

 

Baca Juga: 10 Cryptocurrency Terbaik yang Layak Dilirik untuk Investasi Tahun 2022

 

2. Biaya besar 

Untuk bisa memiliki tenaga besar, Anda harus melakukan sejumlah penyesuaian laptop. Tentu ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dibandingkan Anda menambang dengan menggunakan PC. 

 

3. Potensi rugi 

Seperti sudah dibahas sebelumnya apabila laptop yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi  dan laptop mengalami perlambatan kinerja. Tentu ini akan membuat kerugian bagi Anda baik secara materi maupun waktu.  

 

Rekomendasi Laptop Acer untuk Mining Bitcoin atau Crypto

Bila Anda tetap ingin mencoba menambang Bitcoin dengan laptop, cobalah untuk mempertimbangkan Acer sebagai pilihan. Laptop Acer yang dapat dipilih sesuai dengan pilihan kebutuhan Anda terutama menambang. 

 

Berikut sejumlah rekomendasi laptop Acer yang spesifikasinya cocok untuk kegiatan menambang Anda. 

 

Acer Nitro 5

Laptop dengan spesifikasi yang CPU: Intel Core i7-9750H, RAM: 16GB, GPU: Nvidia GeForce RTX 2060, Temperature of hottest llocation: 104.7 degrees menjadi laptop yang sangat cocok untuk kegiatan menambang Anda. 

 

Daya tahan baterai selama tujuh jam, tak cepat overheat karena dikhususkan untuk laptop gaming cocok bagi penambang Bitcoin. Menariknya, Anda bisa mengontrol suhu kipas laptop Anda melalui aplikasi Nitro pada laptop tersebut. 

 

Baca Juga: Mengenal Rugged Laptop Acer, Laptop Tangguh untuk Kebutuhan Pekerja Lapangan

 

Acer Predator Helios 300

Laptop Predator Helios sebenarnya adalah laptop gaming yang juga teruji untuk digunakan menambang Bitcoin. Sistem CoolBoost pada laptop dengan teknologi AeroBlade memberikan kontrol kipas yang kuat dan Anda bisa mengaturnya sesuka hati. 

 

Meskipun dampaknya ketika Anda menggunakan kipas dengan kecepatan penuh, akan menimbulkan kebisingan. Spesifikasinya dengan prosesor Intel Core i7, serta memiliki memori RAM berkapasitas 16GB. Plus, grafis Nvidia GeForce GTX 1060 dengan 6GB tentu akan mempermudah kegiatan menambang Anda. 

 

Demikian rekomendasi laptop untuk mining Bitcoin. Semoga bisa membantu Anda menentukan laptop yang cocok menunjang kegiatan Anda berburu aset kripto ya! 

Kontak Acer