Rekomendasi Antivirus Terbaik Tahun 2022 untuk Melindungi Komputer  Image

Rekomendasi Antivirus Terbaik Tahun 2022 untuk Melindungi Komputer

Time 12 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Keamanan siber menjadi salah satu masalah serius yang menarik perhatian pelaku bisnis sepanjang tahun 2021 lalu. Peningkatan aktivitas kejahatan siber menjadi alasannya. Berdasarkan catatan Lembaga Riset Keamanan Siber Communication & Information System Security Research Center (CISSReC), sepanjang Januari-November 2021 terdapat 1,3 miliar percobaan serangan ke Indonesia. Beberapa di antaranya menyasar korporasi besar, lembaga keuangan dan organisasi pemerintah.

 

Tren serangan siber juga diprediksi akan kian gencar pada tahun 2022. Untuk itu, pebisnis diharapkan semakin meningkatkan keamanan pada jaringan mereka, khususnya pada endpoint atau perangkat yang digunakan untuk operasional bisnis seperti laptop maupun desktop PC.

 

Nah, salah satu cara paling dasar untuk melindungi perangkat kita adalah dengan menggunakan antivirus. Namun, kehadiran ratusan antivirus yang tersedia bisa dengan mudah membuat kita bingung memilihnya. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut adalah rekomendasi antivirus terbaik tahun 2022 untuk sistem operasi Windows.

 

1. McAfee

Aplikasi keamanan yang sudah ada sejak tahun 1987 ini memang dikenal melalui lini antivirus. Meski demikian McAfee juga memiliki banyak produk keamanan lain yang tidak kalah penting. Menariknya, McAfee kini meluncurkan sebuah paket gabungan produk-produk keamanan yang dimilikinya dalam McAfee Total protection.

 

Produk ini memiliki berbagai fungsi yakni untuk menghindari pencurian data dan informasi pribadi, menghindari pemantauan aktivitas selama berselancar di Internet, mengurangi risiko membuka situs berbahaya secara tidak sengaja, dan melindungi perangkat dari serangan virus. Berikut ini merupakan sejumlah fitur yang dapat Anda nikmati dari produk ini.

 

  • Secure VPN

McAfee menawarkan secure VPN bank grade yang memiliki tingkat pengamanan tinggi sehingga dapat digunakan di lembaga perbankan. VPN bekerja dengan menjaga berbagai informasi yang dikirimkan melalui internet sehingga tidak mudah diambil oleh pihak yang tidak berkepentingan. VPN juga membuat aktivitas Anda di internet tidak mudah terpantau.

 

  • Identity Theft Protection

Fitur ini membuat kita lebih aman dari risiko pencurian identitas dengan cara memantau tempat-tempat yang umum digunakan untuk membocorkan identitas kita. Saat ada potensi bahaya, identity theft protection akan memberikan tips untuk mencegah identitas kita disalahgunakan. Bahkan ada layanan konsultasi untuk membantu kita menentukan langkah apa yang harus diambil jika identitas kita dicuri.

 

  • Safe Web Browsing

Fitur ini akan secara otomatis memblokir situs-situs yang berpotensi menimbulkan bahaya saat kita tidak sengaja membukanya. Kategori berbahaya di sini adalah jika situs tersebut telah disusupi virus, malware, tracker, miner, dan lain sebagainya.

 

  • Password Manager

Fitur ini melindungi password yang kita gunakan sehingga tidak mudah dicuri oleh orang lain. Password manager juga akan mempermudah karena tidak perlu lagu menghafalkan berbagai password yang biasa kita gunakan untuk berbagai website.

 

  • Encrypted Storage dan McAfee Shredder

Perlindungan ekstra untuk file penting bisa didapatkan dengan mengaktifkan enkripsi 256 bit AES pada storage yang kita gunakan. Dengan fitur ini, pihak lain tidak bisa mengakses file-file tersebut. Sedangkan fitur McAfee Shredder membuat file sensitif yang ingin kita hapus benar-benar terhapus sempurna tanpa ada kemungkinan untuk recovery.

 

Baca Juga: Data Loss Prevention, Solusi Keamanan Yang Harus Dimiliki Setiap Perusahaan

 

2. Norton 360 With LifeLock

Antivirus ini merupakan salah satu yang terbaik untuk sistem operasi windows. Kelebihannya terutama ada pada kemampuan yang sangat baik untuk melindungi perangkat melalui sejumlah fitur berikut ini:

 

  • Proactive Exploit Protection (PEP)

PEP adalah framework yang didesain untuk melindungi komputer dari berbagai celah dalam sistem operasi Windows. PEP efektif untuk melindungi perangkat dari serangan zero day atau kelemahan dalam program yang tidak diketahui oleh developer program.

 

  • Virus & Malware Protection

Norton 360 With LifeLock memberikan perlindungan ekstrem dari serangan virus, malware dan ancaman siber lainnya. Norton menyediakan basis data yang aktif dan selalu diperbarui secara realtime.

 

  • Smart Two Way Firewall

Norton juga memiliki firewall cerdas yang dapat melindungi sistem tidak hanya dari traffic yang datang dari luar melainkan juga yang berasal dari internal.

 

  • Automatic Backup

Norton juga memiliki fitur backup otomatis yang membuat kita tidak khawatir kehilangan file penting saat komputer terserang virus. Backup yang tersimpan dalam Cloud memiliki kapasitas 25GB yang cukup besar untuk menyimpan dokumen dan file penting.

 

3. Windows Defender

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10, program perlindungan buatan Microsoft ini sudah bisa langsung Anda peroleh. Sebagai “antivirus bawaan”, Windows Defender memberikan perlindungan dasar dari virus dan malware. Namun, apakah Windows Defender dapat diandalkan? 

 

Berdasarkan hasil AV-Test yang dilakukan pada Oktober 2021, Windows Defender mendapatkan 18 poin yang merupakan skor tertinggi yang dapat diperoleh. Windows Defender juga sukses memblokir serangan zero day, malware dan antivirus.

 

Perlu diketahui bahwa program ini berjalan di background sehingga tidak mengganggu interaksi Anda dengan komputer. Seperti antivirus pada umumnya, Windows Defender bekerja dengan memindai file untuk menemukan malware dan memeriksa software yang berjalan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Convertible (2 In 1) Acer Terbaik

 

 

Solusi Cyber Security dari Acer

Itulah rekomendasi antivirus terbaik yang dapat Anda gunakan untuk komputer dengan sistem operasi Windows. Bagi Anda yang membutuhkan pengamanan lebih serius untuk seluruh sistem di perusahaan Anda, Acer Acer memiliki berbagai fitur terbaru dan solusi terbaik untuk melindungi seluruh aspek dalam sistem dan jaringan bisnis Anda. Berikut ini adalah sebagian layanan yang ditawarkan Acer:

 

  • Security intelligence yang mengintegrasikan Big Data, 
  • AI dan professional security untuk mengembangkan kecerdasan keamanan yang unik.
  • Jasa audit / cyber security health check untuk meningkatkan prosedur keamanan.
  • Vulnerability assessment untuk aplikasi dan infrastruktur web.
  • Penetration test untuk aplikasi seluler dan web.
  • Social engineering, misalnya melalui email phishing campaign untuk meningkatkan kesadaran keamanan di antara karyawan.

 

Tertarik menggunakan layanan keamanan siber salah satu perusahaan teknologi terkemuka dan terpercaya di dunia? Hubungi Acer sekarang juga dan dapatkan informasi serta penawaran lebih lengkap.

Kontak Acer