Pentingnya Memilih Brand dengan Service Center Luas Image

Pentingnya Memilih Brand dengan Service Center Luas

Time 16 Jul 2021  |  By Acer Indonesia

Adanya service center merupakan salah satu faktor pembelian konsumen. Mereka memastikan ada komponen dari layanan after sales atau layanan purna jual yang menjamin produk tersebut aman dan bisa mengajukan klaim di kemudian hari. Komponen ini biasanya hadir pada produk-produk elektronik.

 

Layanan ini diberikan oleh pelaku usaha atau produsen ke konsumen setelah terjadinya proses transaksi. Perusahaan yang memiliki service center luas, tentu jadi pertimbangan konsumen, karena mereka tak hanya membuat produk, tapi juga memberikan kepuasan pelanggan agar tercipta loyalitas.

 

Keberlangsungan dan keberhasilan bisnis tergantung pada kualitas dan kemampuan perusahaan dalam memberikan layanan purna jual. Ini akan berpengaruh pada besar kecilnya permintaan konsumen terhadap jasa yang dihasilkan. Terciptanya loyalitas dapat menjadikan hubungan antara penyedia jasa dengan konsumen menjadi harmonis, yang akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.

 

Memilih brand dengan service center luas penting diperhatikan. Apa manfaat yang didapat perusahaan maupun pelanggan dengan menentukan layanan purna jual yang tersebar di mana pun? Mari simak lebih dalam melalui artikel ini.

 

Elemen Penting Memilih Layanan Purna Jual

 

 

elemen-penting-layanan-purna-jual.

 

Elemen dari layanan after sales ada beberapa macam, di antaranya adalah garansi, penyediaan suku cadang, jasa pemeliharaan/perbaikan, dan fasilitas. Dimensi ini menjadi faktor pembelian produk pada konsumen, terutama pada barang elektronik yang rentan tapi juga bernilai jangka panjang.

 

Mari mengetahui lebih lanjut mengenai elemen service center yang memengaruhi pembelian di bawah ini.

 

1. Tersedianya Garansi dengan jangka waktu relatif lama

 

Garansi merupakan salah satu komponen yang paling umum diberikan oleh produsen. Elemen ini diberikan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual dalam kondisi baik. Selain itu, produk yang dijual juga bebas dari kerusakan yang disebabkan oleh adanya ketidaktelitian saat produksi atau pemakaian material yang kurang baik.

 

Garansi biasanya berlaku untuk jangka waktu tertentu. Pelayanannya bisa dalam bentuk perbaikan, tukar barang, atau layanan konsultasi, seperti yang diberikan oleh Highpoint Service Network (HSN) Acer dengan 3 tahun garansi resmi dan layanan contact center 1500155 pulsa lokal dan media sosial selama 24 jam.

 

2. Menyediakan aksesori dan suku cadang beserta tenaga yang terampil

 

Penyediaan aksesori dan suku cadang juga jadi salah satu faktor penting untuk memuaskan konsumen. Praktik penyediaan suku cadang ini menjadi pelayanan prioritas untuk pelanggan jika produk yang dibelinya mengalami kerusakan komponen, sehingga barang tidak dapat berfungsi  dengan baik, bahkan tidak dapat dipakai kembali.

 

Penyediaan aksesori dan suku cadang adalah salah satu cara perusahaan untuk mempertahankan loyalitasnya. Hal yang sama dilakukan oleh HSN. Menjadi perusahaan pionir infrastruktur IT, layanan Acer tersebut siap memberikan kinerja maksimal dengan keaslian suku cadang dan terintegrasi dari para tenaga ahli yang terampil. Para tenaga ahli ini didukung alat bantu service, program diagnostik, peralatan pengujian dan suku cadang untuk menghadirkan dukungan komprehensif bagi para pelanggan.

 

3. Adanya pelayanan pemeliharaan dan perbaikan

 

Selain penyediaan suku cadang atau aksesori, konsumen juga kerap memilih brand berdasarkan pelayanan pemeliharaan dan perbaikan. Biasanya, indikator ini diperlukan untuk produk yang memiliki masa pemakaian yang cukup lama dan membutuhkan perawatan intensif agar kembali berfungsi dengan baik. Selain itu, produk yang mengalami kerusakan selama masa pemakaian akan dilakukan perbaikan.

 

Faktor ini jadi salah satu keunggulan HSN, karena menyediakan solusi terbaik dengan jaminan sparepart asli dan kualitas pelayanan. Hal tersebut semakin menguntungkan pelanggan karena selalu mengedepankan harga yang terjangkau. Tim teknisi juga selalu berkomitmen dalam menyelesaikan permasalahan perangkat pelanggan dengan waktu sesingkat mungkin, untuk meminimalisir waktu perbaikan.

 

4. Tersedianya fasilitas dan perlengkapan canggih

 

Fasilitas dan perlengkapan suatu produk adalah sarana untuk melakukan layanan purna jual. Tersedianya peralatan dan perlengkapan yang modern dan canggih juga menentukan kelancaran pelayanan teknisi ahli dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan produk yang dibeli konsumen. Faktor ini juga dimaksimalkan oleh HSN, layanan service Acer ini juga bertanggung jawab menyediakan teknologi yang kuat dan efisien, juga tenaga yang berkompeten sehingga membantu pertumbuhan rekan perusahaan

.

Melalui penjelasan komponen penting di atas, pelayanan purna jual akan menguntungkan konsumen selama pemakaian produk. Lalu bagaimana peran penting dan fungsi layanan ini bagi perusahaan?

 

Baca juga: Acer Manufacturing Indonesia: Sejarah, Ruang Lingkup, dan Lini Perangkat

 

Layanan Purna Jual Bermanfaat untuk Keberlangsungan Perusahaan

 

layanan-purna-jual-berguna-untuk-keberlangsungan-perusahaan

 

Praktik layanan service center memiliki manfaat yang besar bagi pelaku usaha. Dengan demikian, penerapan ini dianggap sebagai hal penting yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Perusahaan harus dapat menentukan bagaimana menawarkan jasa setelah penjualan, seperti jasa pemeliharaan dan perbaikan barang kepada pelanggan.

 

Berikut manfaat praktik layanan purna jual yang berperan demi keberlangsungan bisnis perusahaan.

 

1. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

 

Hubungan baik dengan pelanggan harus dijaga. Sebenarnya, bukan semata-mata pembeli adalah raja. Akan tetapi, tanpa konsumen yang loyal, perusahaan tidak dapat bertahan lama. Ini tentu berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Efek jangka panjangnya, praktik ini dapat membangun hubungan baik dengan konsumen. Konsumen yang percaya pada service center Anda, menjadi aset yang menunjang profit.

 

2. Layanan purna jual sebagai media bertukar informasi

 

Salah satu cara menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah komunikasi. Layanan purna jual saat ini memanfaatkan teknologi digital. Selain fasilitas call center, sebagian perusahaan membangun kedekatan dengan pelanggan melalui platform lain, seperti media sosial atau website

 

Konsumen yang mengajukan pertanyaan, keluhan, atau mengklaim kerusakan menjadi masukan bagi produsen. Dari informasi tersebut, perusahaan dapat mengetahui apa saja kekurangan produknya. Dengan demikian, pelaku usaha mampu memperbaiki kualitas produk mereka menjadi lebih baik.

 

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

 

Service center yang dibangun pelaku usaha sebenarnya bukan hanya memberikan dampak adanya kepercayaan dan loyalitas konsumen saja. Praktik ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata pelanggan menjadi lebih baik. Selain itu, adanya layanan purna jual juga dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan penjual atas barang yang mereka produksi.

 

Baca juga: Memahami Quality Control, Apa Manfaat & Cara Kerjanya?

 

Service Center Sebagai Trik Kalahkan Kompetitor Secara Sehat

 

service-center-trik-kalahkan-kompetitor

 

Mungkin terdengar kurang masuk akal, tetapi memberikan layanan purna jual untuk menarik perhatian konsumen merupakan salah satu cara untuk lebih unggul dari para pesaing bisnis. Apalagi jika perusahaan memberikan service center secara cuma-cuma, tentu menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih produk Anda ketimbang produk lain yang sejenis.

 

Selain kualitas produk yang perlu dijaga pada saat pembuatannya (ketahanan, keandalan, serta kemudahan dalam penggunaannya), produsen juga perlu memastikan bahwa barang tersebut bisa mendapatkan kemudahan layanan perbaikan atau reparasi produk. Salah satu caranya adalah menyediakan gerai-gerai khusus untuk reparasi. Ini akan membantu meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut tanpa khawatir memikirkan apa yang harus dilakukan ketika produk mengalami kerusakan saat pemakaian.

 

Selain memiliki service center yang luas dan tersebar di berbagai tempat yang mudah dijangkau, harga dari sparepart yang diperlukan saat reparasi juga dapat menjadi ukuran kualitas produk. Pelanggan tentu memilih brand dengan layanan purna jual dengan harga terjangkau. Semuanya akan terasa percuma jika harga perbaikan itu sendiri terlalu tinggi dan tidak sebanding dengan fungsi yang ditawarkan oleh produk terkait.

 

Jika indikator-indikator praktik ini kurang diperhatikan dengan baik, pelanggan akan cepat berpaling pada kompetitor yang menyediakan produk serupa dengan layanan service center yang lebih terjangkau. 

 

Dengan demikian, pelaku usaha yang menyediakan layanan ini perlu memperhatikan dengan benar. Pelanggan tentu tidak mau membeli suatu produk jika biaya perbaikannya sama tingginya dengan harga barang baru. Dampaknya, pelanggan akan berpaling dan enggan untuk melakukan pembelian berulang jika situasi tersebut sampai terjadi.

 

Salah satu perusahaan layanan yang terus melakukan inovasi baru guna meningkatkan kepuasan pelanggan adalah HSN Acer. Keunggulan-keunggulan HSN tentu akan membuat pelanggan semakin yakin menggunakan produk dan layanan terbaik dari Acer. Inovasi yang dikembangkan Acer juga memberikan peace of mind bagi para penggunanya dan memastikan pelanggan mendapatkan kualitas nomor satu tanpa ragu.

 

Baca juga: Pengertian Load Balancing Pada Server Perusahaan

 

Pelayanan purna jual ternyata memberi berbagai keuntungan dari sisi konsumen maupun pelaku usaha. Praktik ini terbukti mampu meningkatkan customer satisfaction yang diukur dengan service, harga yang terjangkau, keaslian spare part, hingga overall satisfaction. Jika Anda merupakan pelaku usaha, pastikan layanan purna jual diberikan agar usaha dapat berkembang jauh lebih baik untuk terciptanya loyalitas konsumen.

Kontak Acer