Pengertian Workstation dan Fungsinya untuk Pekerjaan Berat Image

Pengertian Workstation dan Fungsinya untuk Pekerjaan Berat

Time 14 Jun 2021  |  By Acer Indonesia

Workstation adalah salah satu dari jenis komputer yang biasanya dipakai untuk keperluan tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan berat, bahkan tugas yang diberikan dapat lebih ke spesifik dalam satu bidang saja.

 

Dalam perkembangannya, workstation juga dibuat makin modern. Kini, banyak pekerjaan rumit yang bisa diatasi oleh perangkat tersebut. Nah, apa sebenarnya kegunaan perangkat ini yang  untuk produktivitas kerja? Mari simak pengertian dan fungsi workstation di bawah ini.

 

Apa Pengertian Workstation?

 

pengertian-workstation

 

Workstation adalah perangkat komputer berspesifikasi tinggi yang dimanfaatkan untuk keperluan pekerjaan berat, seperti perhitungan ilmiah atau bidang teknik. Perangkat ini juga memanfaatkan jaringan untuk menghubungkannya dengan komputer server. Maka dari itu, perangkat ini harus memiliki kabel untuk menghubungkannya ke jaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), dan kartu jaringan (NIC).

 

Jaringan tersebut dimanfaatkan untuk keperluan sharing data, printer, dan sebagainya. Jika bermasalah, komputer tidak dapat melakukan pekerjaan, karena terputusnya komunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.

 

Workstation biasanya tidak begitu memerlukan pemakaian hard disk, karena data akan disimpan ke dalam server. Selain itu, perangkat ini juga tidak dapat mengerjakan tugas pemrosesan, apabila tugas tersebut telah dilakukan oleh server. Dalam kondisi ini, perannya lebih sering disebut sebagai komputer client.

 

Komputer jenis ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan memerlukan biaya tinggi untuk memakainya. CPU yang digunakan biasanya sekelas server 64-bit dan memiliki memori 10000 atau 15000 RPM cakram keras atau solid state drive

 

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Workstation Desktop Acer Tangguh

 

Apa Tugas Workstation?

 

tugas-workstation

 

Umumnya, tugas Workstation diperuntukan dalam kebutuhan bidang kerja yang spesifik, seperti desain grafis, pengelolaan grafis, manajemen data, keperluan rendering, hingga kepentingan militer, seperti pendeteksi objek pada radar dan pelacakan GPS.

 

Contoh gambarannya, Anda seorang desainer 3D yang ingin membuat promosi produk dengan konsep animasi 3D. Tentu, Anda perlu menggunakan komputer berspesifikasi tinggi yang sudah didukung oleh software pendukung untuk membuat animasi 3D. Dengan demikian, dalam pengaplikasiannya komputer ini dapat melakukan tugas-tugas spesifik secara sederhana.

 

Dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja yang mengandalkan perangkat dengan spesifikasi tinggi,  hadir Altos Computing yang merupakan bagian dari Acer Group telah mengembangkan produk workstation untuk kelas enterprise. Jajaran produknya menjadi solusi kebutuan perusahaan.

 

Fungsi Workstation

 

fungsi-workstation

 

Dalam penerapannya, workstation memiliki fungsi yang dapat mempermudah dan meningkatkan produktivitas pekerjaan. Berikut beberapa fungsinya:

 

1. Membantu Mengerjakan Tugas Spesifik

 

Dalam keperluan rendering video misalnya, dibutuhkan komputer dengan spesifikasinya lebih tinggi, mulai dari Prosesor, RAM, SSD dan hardware pendukung rendering video lainnya. Bisa juga dibutuhkan dalam mengolah data dari satelit yang berupa gambar dengan resolusi tinggi.

 

2. Mempermudah Pekerjaan & Membuatnya Cepat Selesai

 

Workstation dapat membuat pekerjaan pengguna lebih cepat selesai berkat teknologi mumpuni di dalamnya. Selain itu juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan  lebih unggul dibandingkan jenis komputer lain, baik dari performa hingga kualitas.

 

Selain membuat pekerjaan cepat selesai, workstation juga dirancang khusus untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, baik yang berat sekalipun, seperti perhitungan ilmiah dan teknis. Dengan demikian, memiliki berbagai aplikasi dan menjalankan bersamaan, tak perlu khawatir lambat dalam memprosesnya.

 

3. Transfer Data

 

Mengingat kehadirannya dengan memanfaatkan jaringan, workstation memungkinkan transfer data dengan kecepatan yang tinggi. Dari satu komputer dengan komputer lainnya yang saling terhubung dapat memenuhi keperluan sharing data, printer, dan kebutuhan transfer pekerjaan lainnya. 

 

Altos-P15-F7

 

Menjadi solusi dalam dunia kerja untuk para profesional dalam menyelesaikan pekerjaan cepat dan tanggap membutuhkan perangkat workstation ideal. Maka dari itu, hadir Altos BrainSphere P15 F7 sebagai solusi kebutuhan tersebut.

 

Perangkat ini digunakan para profesional berbagai kebutuhan industri, Big Data dan AI yang sedang berkembang, serta diikuti kebutuhan komputasi yang semakin besar. Dengan performa sistem mutakhir dan stabilitas tinggi serta budget yang efisien, Altos BrainSphere P15 F7 menjadi pilihan pertama untuk mengimplementasikan industri transformasi digital.

 

Baca Juga: AiWorks, Solusi Platform Komputasi AI dari Acer

 

Workstation merupakan peralatan vital yang membantu kegiatan manusia pada beban kerja yang tinggi. Seiring perkembangan zaman, perkembangan komputer workstation pun juga semakin tinggi yang dibarengi oleh teknologi yang terus berinovasi.

Kontak Acer