Remote Desktop: Pengertian, Manfaat, hingga Cara Menggunakan di Windows Image

Remote Desktop: Pengertian, Manfaat, hingga Cara Menggunakan di Windows

Time April 14, 2023  |  By Acer Indonesia

Bekerja secara remote bukan lagi hal yang asing karena sejak pandemi Covid 19 melanda, budaya remote working mengalami peningkatan drastis demi mencegah adanya penularan. Mengikuti tren remote working ini, perusahaan pun mulai menerapkan remote desktop protocol (RDP) pada perangkatnya untuk mempermudah karyawan berbagi data dari jarak jauh.

Apalagi sampai saat ini, meski pandemi mereda pun budaya remote working masih eksis dan justru semakin berkembang, diikuti dengan teknologi perusahaan yang semakin maju. Lalu, apa itu remote desktop?

Pengertian Remote Desktop

Remote desktop adalah sebuah protokol yang diciptakan oleh Windows di mana pengguna dimungkinkan untuk mengakses dan mengontrol suatu desktop dari jarak jauh, seolah pengguna sedang duduk di depan desktop tersebut. Artinya, pengguna dapat mengoperasikan suatu komputer dari lokasi yang berbeda melalui jaringan internet.

Protokol remote ini dapat digunakan untuk melakukan troubleshooting, software development, kolaborasi, serta mengakses file dan data dari jarak jauh. Satu komputer akan bertindak sebagai server dan komputer lainnya akan bertindak sebagai client.

RDP juga biasa digunakan di perkantoran untuk memudahkan karyawan dalam mengakses komputer lain dan mengirimkan data dari jarak jauh. Selain di perkantoran, protokol ini juga sering diaplikasikan di lingkungan sekolah atau kampus.

Manfaat Remote Desktop

Protokol ini memiliki berbagai manfaat, di antara lain:

1. Fleksibilitas

Dengan adanya protokol ini, maka memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja, asalkan pengguna memiliki koneksi internet. Hal ini sangat berguna bagi para pekerja remote atau bagi karyawan yang menjalani work from home

2. Efektivitas

Dengan teknologi ini pengguna dapat melakukan pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain secara efektif tanpa harus berpindah tempat. Hal ini tentunya dapat lebih menghemat waktu dan tenaga.

3. Kolaborasi

Protokol remote ini memudahkan terjadinya kolaborasi antar sesama pengguna karena satu file yang sama dapat diakses secara real-time oleh beberapa pengguna sekaligus, sehingga mereka bisa bekerja di saat yang bersamaan meskipun berada di lokasi yang berbeda.

4. Hemat Biaya

Protokol ini dapat menjadi solusi teknologi yang hemat biaya bagi perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan berbagai infrastruktur maupun hardware yang rumit dan mahal.

Cara Kerja Remote Desktop Protocol

Cara kerja RDP adalah dengan menggunakan arsitektur client-server. Komputer yang berperan sebagai server atau host merupakan komputer yang dapat diakses dari jarak jauh. Sedangkan komputer yang berperan sebagai client adalah komputer yang digunakan untuk mengakses komputer host tadi dari jarak jauh.

Agar dapat diakses, komputer host harus mengaktifkan fitur RDP terlebih dahulu dan komputer client harus meng-install aplikasi Remote Desktop Client. Setelah itu, komputer client dapat menginisiasi sesi remote desktop dengan cara menghubungi komputer host melalui jaringan internet menggunakan RDP.

RDP selanjutnya akan mengenkripsi data yang dikirim antara komputer client dan host untuk memastikan bahwa sesi remote tersebut aman. Setelah itu, pengguna dapat melihat dan mengontrol komputer host melalui komputer client seolah sedang mengoperasikannya secara langsung. Pengguna dapat membuka aplikasi, mencari file, dan melakukan task lain pada komputer host secara bebas. 

Jika pengguna melakukan disconnect dari sesi RDP, maka komputer host akan terkunci, namun aplikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan di background. Pengguna tersebut nantinya bisa melakukan reconnect dengan sesi yang sama. Selain itu, pengguna lain juga bisa melakukan connect pada sesi yang sama jika memiliki izin.

Cara Menggunakan Remote Desktop di Windows 10

Untuk menggunakan RDP di Windows 10, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Lakukan set up pada komputer yang akan digunakan sebagai host dengan cara:

  • Memastikan komputer host telah terpasang Windows 10 Pro. Pengguna bisa mengeceknya melalui menu Start  > Settings  > System > About lalu lihat pada bagian Edition
  • Jika Windows 10 Pro sudah terpasang, kemudian klik menu Start  > Settings  > System > Remote Desktop lalu nyalakan bagian Enable Remote Desktop.
  • Buat nama untuk komputer host tersebut karena nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya.

2. Gunakan RDP untuk terhubung dengan komputer host yang tadi telah di set up, dengan cara:

  • Ketikkan “Remote Desktop Connection” di search box taskbar pada komputer yang akan digunakan sebagai host, lalu pilih opsi RDP. Setelah itu, ketikkan nama komputer host yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada window RDP lalu pilih Connect.
  • Kemudian pada komputer yang akan dijadikan client, bukalah aplikasi Remote Desktop (tersedia secara gratis di Microsoft Store, Google Play, dan Mac App Store). Komputer client dapat berupa perangkat Windows, Android, maupun iOS. 
  • Setelah aplikasi terbuka, tambahkan nama dari komputer host yang tadi telah dibuat kemudian pilih nama tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi selesai.
  • Jika proses koneksi telah selesai, remote desktop siap digunakan.

Cara Menggunakan RDP di Windows 11

Untuk menggunakan RDP di Windows 11, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Lakukan set up pada komputer yang akan digunakan sebagai host dengan cara:

  • Memastikan komputer host telah terpasang Windows 11 Pro. Pengguna bisa mengeceknya melalui menu Start  > Settings  > System > About lalu lihat pada bagian Edition
  • Jika Windows 11 Pro sudah terpasang, kemudian klik menu Start  > Settings  > System > Remote Desktop lalu nyalakan Remote Desktop dan klik Confirm.
  • Buat nama untuk komputer host tersebut karena nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya.

2. Gunakan remote desktop untuk terhubung dengan komputer host yang tadi telah di set up, dengan cara:

  • Ketikkan “Remote Desktop Connection” di search box taskbar pada komputer yang akan digunakan sebagai host, lalu pilih Remote Desktop Connection. Setelah itu, ketikkan nama komputer host yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada window Remote Desktop Connection lalu pilih Connect.
  • Kemudian pada komputer yang akan dijadikan client, bukalah aplikasi Remote Desktop (tersedia secara gratis di Microsoft Store, Google Play, dan Mac App Store). Komputer client dapat berupa perangkat Windows, Android, maupun iOS. 
  • Setelah aplikasi terbuka, tambahkan nama dari komputer host yang tadi telah dibuat kemudian pilih nama tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi selesai.
  • Jika proses koneksi telah selesai, remote desktop siap digunakan.

Teknologi ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan berskala menengah dan besar yang memiliki banyak cabang di lokasi berbeda, sehingga karyawan di kantor cabang dapat dengan mudah mengakses data dari kantor pusat. Di samping teknologi remote desktop, perusahaan skala menengah dan besar tentunya juga membutuhkan teknologi canggih lainnya, seperti teknologi AI yang terdapat dalam solusi High Performance Computing Altos aiWorks dari Acer. 

Solusi ini merupakan teknologi terintegrasi High Performance Computing (HPC) untuk pengembangan AI melalui seri Altos BrainSphere™ serta Altos Accelerator Resource Manager (AARM). AARM adalah perangkat lunak manajemen solusi yang berperan untuk menyederhanakan manajemen sumber daya akselerator sistem dalam pengembangan aplikasi AI. Solusi ini cocok digunakan untuk perusahaan skala menengah dan besar yang menggunakan sistem informasi seperti perbankan, institusi sekolah dan perguruan tinggi, serta institusi pemerintahan.

Kontak Acer