Mengenal Wi-Fi HaLow, Teknologi Wi-Fi Terbaru yang Super Canggih Image

Mengenal Wi-Fi HaLow, Teknologi Wi-Fi Terbaru yang Super Canggih

Time 04 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Sejak wireless internet atau Wi-Fi diperkenalkan pada publik di tahun 1997, teknologi ini menjadi salah satu penemuan yang paling membantu kehidupan manusia. Wi-Fi membuat perangkat dapat saling terhubung di mana pun dan kapan saja tanpa membutuhkan kabel sebagai media penghantarnya. Hal ini tentu sangat mendukung perkembangan perangkat yang kini banyak digunakan manusia seperti smartphone, laptop, tablet dan lain sebagainya.

 

Secara teknologi, Wi-Fi terus mengalami perkembangan pesat dalam dua dekade terakhir. Urutan generasi teknologi tersebut dibedakan berdasarkan kode Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Berikut ini adalah perkembangan generasi Wi-Fi dari masa ke masa:

 

  • 802.11b (Tahun 1997)
  • 802.11b (Tahun 1999)
  • 802.11a (Hingga tahun 2002)
  • 802.11g802. (Tahun 2003)
  • 802.11n atau Wi-Fi 4 (Tahun 2009)
  • 802.11ac atau Wi-Fi 5 (Tahun 2014)
  • 802.11ax atau Wi-Fi 6 (Tahun 2019)
  • 802.11ax atau Wi-Fi 6E (hingga sekarang)
  • 802.11ah atau Wi-Fi HaLow (Sekarang)

 

Seperti kita lihat dalam urutan perkembangan generasi Wi-Fi di atas, teknologi terbaru Wi-Fi yang belum lama ini diperkenalkan pada pasar adalah Wi-Fi HaLow. Para pengamat teknologi mengatakan, Wi-Fi HaLow kini sudah mulai digunakan oleh sejumlah industri mulai dari pertanian peternakan, real estate, produsen home appliance hingga digital signage.

 

Teknologi Wi-Fi yang beroperasi pada frekuensi Sub-1 Ghz ini memiliki sejumlah keunggulan yakni mampu terkoneksi hingga 8.000 perangkat dari satu akses point, jangkauan sinyal dari titik akses bisa mencapai 1 kilometer, sinyal mampu menembus dinding tembok, dan membutuhkan energi yang kecil untuk terkoneksi sehingga menghemat baterai perangkat yang mengaksesnya. Selain itu, Wi-Fi HaLow menawarkan kelebihan berupa multi-vendor interoperability, sistem keamanan terbaru WPA3, setup yang mudah dan integrasi pada jaringan IP yang lancar.

 

Sekian fitur tersebut membuat Wi-Fi HaLow menjadi solusi terbaik bagi teknologi Internet of Things (IoT). Alasannya karena Wi-Fi tradisional yang ada sekarang tidak mampu memenuhi kebutuhan IoT akan konektivitas rendah daya, jangkauan jarak jauh serta yang paling penting adalah kemampuan untuk terkoneksi dalam banyak perangkat sekaligus dalam satu akses point saja. 

 

Dengan prediksi bahwa IoT akan mengkoneksikan 30 juta perangkat pintar pada tahun 2025 mendatang, Wi-Fi HaLow akan menjadi teknologi yang memiliki pangsa pasar besar di masa depan. Pada tahun 2022 saja, diprediksi terdapat 10 juta chip Wi-Fi HaLow yang siap dipasarkan dan dipasang pada perangkat pintar.


Baca Juga: Tips Memilih Penyedia Layanan Cyber Security Untuk Perusahaan

 

 

Contoh Penggunaan Wi-Fi HaLow

 

Wi-Fi HaLow lebih diperuntukan bagi penggunaan di dalam maupun luar ruangan yang tidak dapat dijangkau oleh Wi-Fi biasa. Contohnya seperti perangkat yang beroperasi menggunakan baterai seperti kamera pengawas tanpa kabel dan perangkat sensor pintar seperti alat ukur suhu tubuh otomatis, face mask compliance, room occupancy limits dan traffic-based surface cleaning/disinfection.

 

Selain itu, teknologi ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan internet venue yang sangat besar, dimana satu akses poin dari Wi-Fi terkoneksi dengan ribuan perangkat secara bersamaan seperti sebuah kantor, warehouse, kampus, mall hingga stadion yang ingin memasang kamera pengawas dan perangkat lainnya.

 

Perbandingan Wi-Fi HaLow dibandingkan Wi-Fi Lain

 

Jika Wi-Fi 4 cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak membutuhkan bandwidth tinggi, sedangkan Wi-Fi 5 cocok untuk kebutuhan rumahan yang membutuhkan lebih banyak konektivitas, maka Wi-Fi 6 cocok untuk kebutuhan yang membutuhkan kecepatan transfer data super tinggi seperti aplikasi Virtual Reality.

 

Berbeda dengan sekian generasi sebelumnya, Wi-Fi HaLow justru tidak cocok digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi.  Agar lebih jelas mengenai perbedaan fungsi, operating frequency bands hingga range antara Wi-Fi HaLow dan generasi Wi-Fi sebelumnya, berikut ini tabel perbandingan yang perlu Anda baca:

 

Jenis Wi-Fi

Wi-Fi 4, 5, 6

Wi-Fi HaLow

Operating Frequency Bands

2,4 Ghz, 5 Ghz, 6 Ghz

Sub 1 Ghz

Pilihan Channel Width 

20, 40, 80, 160 Mhz

1,2,4,8 (16 optional) Mhz

Maks Addressable STAs per AP

2007

8191

Single Stream MCS Data Rate Range

6,5 Mbps - 150 Mbps

150 Mbps - 86,7 Mbps

Typical Range

100 Meter

10 x lebih jauh, 100 x lebih luas, 1000 x lebih banyak konektivitas

 

Baca Juga: Cara Perusahaan Mengatasi Serangan Ransomware & Respon Jika Terinfeksi

 

Demikianlah sekilas informasi mengenai Wi-Fi HaLow. Penggunaan teknologi yang tepat dan sesuai kebutuhan memang tidak saja dapat meningkatkan produktivitas namun juga memperbaiki kualitas pekerjaan. Nah, bagi yang ingin mengintegrasikan dan meningkatkan kualitas teknologi di organisasi Anda, Acer merupakan perusahaan teknologi yang memiliki sejumlah solusi yang tepat untuk kebutuhan perusahaan maupun bisnis.


Selain menyediakan berbagai perangkat keras seperti laptop, desktop PC, All in One PC dan server, Acer juga memiliki solusi end to end di bidang IoT, keamanan siber, edukasi, bahkan teknologi healthcare. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan penawaran dan penjelasan lebih lanjut mengenai sekian solusi di atas, segera hubungi Acer sekarang juga!

Kontak Acer