Mengenal Rugged Laptop Acer, Laptop Tangguh untuk Kebutuhan Pekerja Lapangan Image

Mengenal Rugged Laptop Acer, Laptop Tangguh untuk Kebutuhan Pekerja Lapangan

Time 15 Nov 2021  |  By Acer Indonesia

Laptop atau komputer jinjing merupakan salah satu penemuan di bidang teknologi yang sangat membantu kehidupan manusia. Dengan laptop, orang dengan mobilitas tinggi tetap dapat menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan bantuan komputer.

 

Seiring berjalannya waktu, jenis laptop pun semakin beragam. Bukan hanya laptop konvensional yang diperuntukkan bagi penggunaan dalam ruangan, saat ini terdapat jenis laptop yang memang diperuntukkan bagi pengguna yang bekerja di luar ruangan. Laptop jenis ini dinamakan rugged laptop.

 

Rugged laptop, yang juga kerap disebut sebagai laptop militer atau laptop lapangan, merupakan device yang khusus dibuat untuk bekerja dalam lingkungan keras, seperti suhu yang panas, udara lembab, penuh debu, goncangan bahkan benturan. Biasanya, Rugged laptop digunakan oleh petugas kepolisian, anggota militer, pekerja konstruksi hingga pekerja tambang.

 

Daya tahan dan kekuatan rugged laptop berasal dari komponen yang berbeda dibandingkan spesifikasi laptop komersial pada umumnya. Berikut ini merupakan spesifikasi yang harus ada pada rugged laptop.

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis

 

Spesifikasi Rugged Laptop

 

1. Peringkat IP

Ingress Protection (IP) adalah sebuah peringkat yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) untuk menentukan daya tahan suatu komponen elektronik terhadap gangguan atau penetrasi yang datang dari luar, baik itu benda padat, benda cair, debu hingga hubungan kontak langsung. IP pada dasarnya merupakan kode yang diikuti oleh dua digit angka di belakangnya. Angka pertama menunjukkan ketahanan produk terhadap benda padat, sedangkan angka kedua menunjukkan tingkat proteksi terhadap benda cair.

Sebuah rugged laptop yang memang didesain untuk kondisi ekstrem harus memiliki peringkat IP-65 yang menunjukkan bahwa laptop tersebut terproteksi dari benda cair dan debu.

 

2. Memiliki Standar NEMA

National Electrical Manufacturers Association (NEMA) merupakan asosiasi produsen peralatan listrik terbesar di Amerika Serikat (AS). Selain melakukan advokasi kebijakan, NEMA juga menerbitkan standar untuk produk elektronik yang mampu bertahan dalam kondisi lingkungan tertentu seperti paparan es, materi yang bersifat korosif, cipratan minyak, air dan debu.

 

3. MIL-STD atau MIL-SPEC

MIL-STD (Military Standard) atau MIL-SPEC (Military Specification) adalah panduan yang diterbitkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, untuk menentukan performa dan persyaratan manufaktur berbagai macam peralatan seperti laptop. Untuk dapat diterima oleh departemen pertahanan, sebuah produk harus didesain menggunakan MIL-STD. Standar ini juga digunakan oleh berbagai negara ketika melakukan pengadaan laptop untuk kebutuhan keamanan publik dan layanan kedaruratan.

 

Salah satu contohnya adalah MIL-STD 810F yang diterbitkan pada 1 Januari tahun 2000. Laptop yang memiliki standar ini telah diuji menggunakan simulasi kondisi ekstrem seperti hujan, kelembaban tinggi, kabut, debu, guncangan dan getaran hingga benturan dan temperatur tinggi.

 

Baca Juga: Cara Membuat QR Code untuk Bisnis, Mudah dan Cepat!

 

  • Drop Specification

Setiap laptop memiliki drop spesification yang menunjukkan daya tahan laptop saat jatuh dari ketinggian. Pada umumnya, tes drop specification dilakukan dengan menjatuhkan laptop pada lantai. Tes ini dilakukan tidak hanya pada bagian tertentu dari laptop, melainkan seluruh bagian laptop. Sebuah rugged laptop biasanya memiliki drop specification minimal setinggi 1,2 meter.

 

  • Temperature Specifications

Rugged laptop juga memiliki spesifikasi tertentu yang mampu membuatnya beroperasi normal dalam temperatur yang sangat ekstrem, baik beku maupun panas. Rugged laptop tetap dapat beroperasi dengan temperatur mencapai -30°C atau setara -22F karena memiliki pemanas internal yang menghangatkan komponen dalam keadaan beku, dan lapisan konformal yang berfungsi mencegah kondensasi.

 

Alasan Membeli Rugged Laptop

Jika dibandingkan dengan laptop komersil pada umumnya, rugged laptop dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun, harga tersebut sepadan karena laptop ini akan memastikan produktivitas Anda tidak terganggu karena kendala eksternal. Berikut ini merupakan sejumlah alasan lain yang mendukung Anda untuk membeli rugged laptop.

 

  • Menyimpan Data Penting pada Hard Disk / SSD

Jika Anda bekerja dalam lingkungan yang ekstrem serta tanpa koneksi internet, yang membuat Anda tidak dapat menyimpan data penting pada cloud storage sebagai cadangan, maka Rugged laptop adalah pilihan yang tepat karena mampu melindungi data penting Anda dari masalah eksternal seperti terkena cipratan air, debu hingga goncangan dan benturan.

  • Jauh dari Service Center

Jika Anda bekerja di lokasi terpencil dan jauh dari layanan perbaikan komputer, rugged laptop merupakan pilihan tepat. Terlebih jika uptime laptop merupakan hal yang sangat berharga dalam pekerjaan Anda.

  • Menghemat Biaya Perbaikan dan Penggantian Unit

Meski harga rugged laptop cenderung mahal, namun dalam jangka panjang Anda akan menghemat biaya perbaikan dan penggantian aset yang harus dikeluarkan jika Anda memilih menggunakan laptop komersial.


Baca Juga: Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop

 

                                                                         

 

Rekomendasi Rugged Laptop Acer Terbaik

Sebagai salah satu produsen laptop terbesar di dunia, Acer terus berinovasi untuk menciptakan produk yang dapat membantu konsumen dan pelanggan setia Acer. Salah satunya dengan memproduksi rugged laptop. Bagi Anda para profesional yang membutuhkan device kuat dan dapat diandalkan untuk bekerja dalam lingkungan yang ekstrem, berikut ini rekomendasi Acer Rugged Laptop yang dapat Anda jadikan pilihan.

 

1.Enduro N714-51W

Laptop tangguh satu ini memang dirancang khusus bagi pekerja lapangan yang memiliki mobilitas tinggi. Hal itu terlihat dari desain laptop yang memiliki handle layaknya sebuah tas tangan. Enduro N714-51W juga dilengkapi dengan baterai hot-swap yang memungkinkan uptime laptop terjaga saat daya pada baterai habis. 

 

Laptop bersistem operasi Windows ini menggunakan 8th Gen Intel® Core™ processors, RAM 16 GB DDR4 yang dapat  Anda upgrade menjadi 32 GB menggunakan 2 soDIMM module dan Intel® UHD Graphics 620 yang membuatnya sanggup untuk melakukan pekerjaan multitasking sekalipun.

 

2. Enduro N314-51W / 51WG
Bagi Anda yang membutuhkan laptop bersertifikasi IP-53 namun memiliki desain yang tipis, Enduro N314-51W / 51WG merupakan pilihan yang tepat. Laptop Acer satu ini juga mengantongi MIL-STD-810G yang menandakan bahwa device telah dibuat dengan standar militer. Selain tahan debu dan tetesan air, laptop dengan prosesor Intel generasi terbaru ini juga dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 1TB SSD / 1TB HDD.

 

Jangan takut untuk kehilangan data-data penting akibat laptop mengalami kerusakan komponen karena laptop kokoh ini dibuat menggunakan bahan peredam guncangan termasuk teknologi sarang lebah yang membuatnya tahan terhadap benturan. Teknologi peredam guncangan dan desainnya mampu melindungi hard drive dari benturan.

 

Dari segi keamanan, laptop ini dilengkapi Platform Module (TPM) 2.0, login sidik jari, Windows Hello, dan fitur keamanan Windows 10 lainnya yang membuatnya sangat aman dari kemungkinan sistem laptop diterobos oleh bukan pemilik/pengguna.

 

3. Enduro Urban N3 (EUN314-51W / 51WG)
Selain daya tahan yang kuat, layar cerah yang membuatnya nyaman digunakan di bawah paparan sinar matahari, serta baterai yang dapat bertahan selama 13 jam, Enduro Urban N3 (EUN314-51W / 51WG) yang ramping dan kuat ini memungkinkan Anda untuk bisa bekerja dengan nyaman dalam kondisi lingkungan yang ekstrem sekalipun.

Kontak Acer