Mengenal Password Manager dan Rekomendasi Aplikasi Gratisnya Image

Mengenal Password Manager dan Rekomendasi Aplikasi Gratisnya

Time 10 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Aplikasi password messenger

Anda termasuk yang suka lupa password atau kata sandi? Tenang saja, Anda nggak sendirian, kok

Menurut riset yang dilakukan oleh HYPR tahun 2019, 78% persen orang mengganti password mereka karena lupa hanya dalam waktu 90 hari saja setelah membuatnya.

Sering-sering melakukan reset password pasti cukup merepotkan. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan password manager untuk membantu mengingat semua password yang digunakan untuk berbagai akun yang ada.

 

Apa Itu Password Manager dan Manfaatnya

Password manager adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan semua kata sandi yang Anda buat. Dengan adanya password manager, Anda bisa membuat password yang unik dan sulit untuk diduplikasi orang lain. Password yang Anda masukkan kemudian akan tersimpan secara otomatis pada penyimpanan internal smartphone atau pada penyimpanan awan alias cloud.

Berikut adalah manfaat dari password manager:

  • Mencegah penggunaan password yang sama untuk lebih dari satu akun.
  • Membantu Anda membuat password yang lebih aman.
  • Memudahkan Anda dalam mengingat password tanpa perlu menghafalnya.

 

Baca Juga: Bahaya Ransomware yang Menyasar Perusahaan Besar

 

Rekomendasi Aplikasi Password Manager Gratis Untuk Anda

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi password manager yang bisa Anda gunakan secara gratis.

 

1. 1password

1password termasuk aplikasi password manager pertama yang ada. Anda bisa menggunakan 1password secara gratis dengan verti free trial selama 14 hari saja. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur canggih untuk memastikan password Anda tetap aman.

Misalnya seperti Watchtower yang akan langsung memberikan notifikasi jika password Anda bocor, serta Travel Mode yang bisa menghapus data pribadi untuk sementara waktu saat sedang bepergian. Dengan demikian, password Anda akan tetap aman jika perangkat hilang saat sedang liburan.

Meskipun waktu uji coba gratisnya terbatas, 1password bisa digunakan oleh 5 orang sekaligus. Jadi buat Anda yang membutuhkan password manager untuk keluarga, bisa menggunakan aplikasi ini. 1password juga bisa menyediakan fitur brankas keluarga yang bisa diakses oleh semua anggota di dalamnya.

 

2. LastPass

LastPass dianggap sebagai salah satu password manager terbaik saat ini. Aplikasi ini merupakan pelopor password manager di dunia yang saat ini memiliki lebih dari 25 juta pengguna aktif.

Baik dengan akun gratis maupun premium, jumlah password yang bisa Anda simpan tidak terbatas. Pengguna gratis bisa menikmati sejumlah fitur yang disediakan seperti free credit monitoring, auto fill, two factor authentication, dan multiple identities.

LastPass juga memungkinkan Anda untuk berbagi password dengan pasangan atau keluarga. Semua password Anda disimpan dalam sistem clould terenkripsi sehingga keamanannya lebih terjamin dan tidak perlu khawatir password tersebut akan bocor ke orang lain.

Aplikasi ini juga menghadirkan sistem keamanan yang mumpuni seperti login dengan menggunakan sidik jari dan face recognition.

Sementara itu, bagi pengguna dengan akun premium, LastPass menawarkan fitur unggulan seperti sinkronisasi pada beberapa perangkat sekaligus. LastPass juga mendukung penggunaan pada PC dan tablet.

 

3. Bitwarden

Sama seperti LastPass, Bitwarden juga menawarkan fitur penyimpanan password yang tidak terbatas jumlahnya. Fitur lainnya meliputi sinkronisasi antar perangkat, penyimpanan password online terenkripsi, two factor authentication, dan kode OTP. 

Anda bisa mengakses banyak fitur Bitwarden dengan akun gratis saja. Namun untuk mengakses semua fitur lengkapnya, Anda diminta untuk menjadi pelanggan premium yang berbayar.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi keamanan password Anda. Salah satunya adalah dengan password manager. Di tengah maraknya isu kebocoran data saat ini, Anda bisa menggunakan password manager untuk melindungi kata sandi untuk akun penting.

Kontak Acer