Mengenal Metaverse dan Apakah Bisnis Anda Perlu Ada di Dalamnya? Image

Mengenal Metaverse dan Apakah Bisnis Anda Perlu Ada di Dalamnya?

Time 07 Feb 2022  |  By Acer Indonesia



Saat ini metaverse tengah menjadi topik hangat yang diperbincangkan. Metaverse semakin populer saat Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa nama perusahaan induk Facebook diganti menjadi Meta. Lalu, akankah metaverse mengubah tatanan hidup manusia termasuk dalam cara berkehidupan?

 

Apa Itu Metaverse?

Metaverse umumnya digunakan sebagai istilah untuk alam semesta virtual yang dapat diakses melalui teknologi virtual reality (VR). Ternyata istilah ini sudah digunakan sejak lama oleh futuris untuk menggambarkan bagaimana jika umat manusia dapat terhubung secara digital di masa depan.

Anggap saja metaverse sebagai konsep representasi ruang digital yang sangat luas untuk menyatukan manusia tanpa terbatas ruang dan waktu, serta melakukan perjalanan virtual, konser, dan konferensi dengan kualitas tinggi.

Dalam dunia game sendiri sudah ada yang mengusung konsep metaverse, seperti Minecraft, Fortnite, dan Roblox. Selain itu, aplikasi seperti Microsoft Teams dan Zoom dapat dikategorikan sebagai bentuk metaverse, karena memungkinkan orang-orang berinteraksi secara virtual.

Baca Juga: VPS, Shared Hosting & Dedicated Server, Mana Yang Cocok Untuk Kebutuhan Bisnis Anda?

 

Manfaat Metaverse

Metaverse memiliki banyak manfaat jika direalisasikan menjadi kenyataan, karena akan membuka peluang baru dalam banyak hal. Berikut ini tiga manfaat metaverse yang paling menonjol:

1. Kemudahan akses untuk siapa pun

Metaverse memungkinkan siapa saja untuk mengakses kemewahan yang sebelumnya hanya tersedia untuk orang kelas atas. Anda juga bisa memperluas ilmu dan mengakses hiburan lewat metaverse.
Di sini juga memungkinkan sebagian besar umat manusia melakukan perjalanan keliling dunia secara virtual, berinteraksi dengan orang lain secara virtual dengan kualitas tinggi, dan masih banyak lagi.

2. Menciptakan peluang baru

Metaverse juga akan menghadirkan banyak peluang baru yang saat ini belum ada. Saat ini Anda mungkin belum dapat merasakan pengalaman virtual berkualitas tinggi, tetapi setelah perkembangan VR yang cepat, sebagian besar manusia mungkin memiliki akses untuk merasakan pengalaman tersebut.

3. Meningkatkan produktivitas dan menjaga lingkungan

Metaverse akan menjadi keuntungan besar bagi keberlanjutan. Dengan menghadiri kantor, sekolah, dan meeting tertentu secara virtual, Anda dapat menghemat sumber daya dan memaksimalkan penggunaan waktu untuk hal-hal produktif. Melakukan kegiatan secara virtual juga baik untuk menjaga lingkungan.

 

Risiko Metaverse

Selain manfaat, Anda juga harus tahu apa saja risiko metaverse, di antaranya:

1. Kebocoran privasi dan keamanan

Masalah yang muncul dari penggunaan internet yaitu risiko privasi dan keamanan, cyber bullying, penyebaran informasi, propaganda yang menyesatkan, dan bentuk kejahatan dunia maya lainnya masih belum terselesaikan. Masalah-masalah ini berisiko akan semakin memburuk jika metaverse benar-benar direalisasikan dalam kehidupan.

2. Berdampak bagi sosial dan budaya

Risiko metaverse yang lainnya yaitu adanya kemungkinan menciptakan norma dan kebiasaan baru yang dapat mengikis perilaku manusia yang ada di dunia nyata, entah menjadi lebih baik atau justru sebaliknya.

3. Tidak bisa membedakan dunia virtual dan dunia nyata

Ketika sudah tenggelam dalam dunia virtual, terkadang akan menjadi sulit membedakan antara dunia virtual dan dunia nyata. Inilah risiko yang mungkin akan terjadi jika Anda sudah masuk ke dalam metaverse.

 
Baca Juga: Telegram Atau WhatsApp, Mana Yang Terbaik Untuk Marketing Bisnis?

Bagaimana Bisnis Beradaptasi pada Metaverse?

Mengingat bahwa metaverse kemungkinan akan menjadi masa depan internet, tidak heran jika hal ini akan berdampak besar pada media digital dan e-commerce.

Konsep metaverse dapat membuka jalan baru dan inovatif dalam melakukan banyak hal, sehingga sektor bisnis harus berada di garis terdepan evolusinya.

Menurut Tim Sweeney pendiri Epic Games dalam Cyberclick, game akan memainkan peran penting dalam metaverse. Anda akan lebih sedikit menemukan iklan bergambar dan lebih mengutamakan pada pengalaman yang menarik dan mengasyikkan bagi pengguna di masa depan.

Brand akan dipaksa untuk memikirkan kembali produk, layanan, dan cara mereka mempromosikan produk dengan evolusi metaverse. Dari proses adaptasi metaverse ini pula mereka berpeluang meraup keuntungan dan mampu bertahan di antara para pesaing mereka.

Kontak Acer