Mengapa 5G jadi fokus di 2022 hingga Anda perlu memahaminya? Image

Mengapa 5G jadi fokus di 2022 hingga Anda perlu memahaminya?

Time 11 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Teknologi Baru di 5G

Internet generasi kelima (5G) sudah masuk ke Indonesia sejak pertengahan tahun 2021. Ini menunjukkan bahwa Indonesia mulai memasuki era komersialisasi jaringan 5G. 

Ditandai pula dengan diluncurkannya layanan 5G dari operator seluler di Indonesia. Membuat masyarakat dapat menggunakan fitur internet cepat yang saat ini sudah ditawarkan oleh banyak brand smartphone

Apa saja teknologi baru 5G saat ini? Lalu, apa saja manfaat 5G jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari? 

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu 5G serta manfaatnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

 

 

Apa Saja Teknologi Baru di 5G?

Beberapa operator seluler di Indonesia telah meluncurkan 5G, seperti Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo. Namun, beberapa daerah di Indonesia masih ada yang belum terjangkau jaringan 5G. 

Ada lima aspek utama pengelolaan jaringan 5G, yaitu regulasi spektrum frekuensi radio, infrastruktur, ekosistem perangkat, model bisnis, dan talenta digital. Dengan memenuhi kelima aspek tersebut, diharapkan jaringan 5G dapat digunakan secara optimal di Indonesia. 

Belum lagi sekarang metaverse sedang hangat dibahas. Kemampuan jaringan 5G punya potensi mengaktifkan metaverse pada peluang yang lebih besar, salah satunya untuk membawa Anda ke dalam pengalaman virtual tingkat tinggi.

 

Baca Juga: Tips Memilih Penyedia Layanan Cyber Security Untuk Perusahaan

 

Mengapa 5G Penting?

Berikut ini manfaat 5G jika Anda implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bisnis.


1. Meningkatkan aksesibilitas

Peningkatan dalam teknologi 5G dapat mempermudah kehidupan manusia. Perkembangan internet ini sejalan dengan kemajuan teknologi yang signifikan, contohnya penggunaan 5G pada kendaraan otonom atau self-driving

Ada ratusan sensor yang digunakan agar kendaraan self-driving bisa melaju lebih cepat dengan fitur autopilot. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan jaringan internet yang lebih cepat daripada 4G. 

Selain itu, peralatan yang terhubung jaringan 5G dapat membantu Anda menyelesaikan tugas di sekitar rumah secara otomatis. Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pribadi, tetapi juga membantu Anda jika membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan tugas sehari-hari.


2. Koneksi internet lebih stabil

Berkat kecepatan dan bandwidth-nya, 5G membuat peningkatan signifikan dalam 3D hologram, virtual reality (VR), dan augmented reality (AR), menciptakan peluang untuk menghubungkan manusia yang terpisah jarak dan waktu dengan teknologi seluler masa kini. Koneksi yang terhubung akan lebih stabil sehingga bermain VR dan AR terasa seperti nyata atau real-time.


3. Meningkatkan keamanan dan kesehatan masyarakat

Penggunaan 5G dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan keselamatan, kesehatan, dan keamanan layanan saat ini. Dapat juga digunakan di smart city yang menggunakan 5G di ruang publik, seperti potensi operasi jarak jauh, kontrol lalu lintas secara lebih baik, dan banyak kegiatan lain yang bergantung pada kecepatan akses internet sehingga dapat memberikan respons yang cepat.

 

Baca Juga: Cara Perusahaan Mengatasi Serangan Ransomware & Respon Jika Terinfeksi

 

4. Mendukung perkembangan IoT

Internet of Things (IoT) adalah konsep suatu benda atau objek fisik ditanamkan sensor, software, dan teknologi lainnya, untuk mentransmisikan dan mengirimkan data ke perangkat dan sistem lain, tanpa banyak campur tangan manusia selama masih terhubung ke jaringan internet. 

Karena IoT bergantung dengan akses internet, implementasi jaringan 5G berdampak besar bagi perkembangan teknologi masa kini. Anda dapat mengumpulkan berbagai informasi dengan cepat sehingga produktivitas makin meningkat dalam waktu yang lebih cepat. Jika Anda ingin menikmati fitur ini, gunakan gadget yang kompatibel untuk jaringan 5G.

Kontak Acer