Membangun Teamwork, Pahami Definisi dan Manfaatnya dalam Bisnis Image

Membangun Teamwork, Pahami Definisi dan Manfaatnya dalam Bisnis

Time 20 Jun 2021  |  By Acer Indonesia

“Jika ingin berjalan cepat, maka jalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh, maka jalanlah bersama-sama”. Begitu pula dalam bisnis, kalimat tersebut menguatkan pentingnya kerja sama tim dalam mencapai keberhasilan. Maka, jika ingin membangun perusahaan besar dan sukses, bangunlah teamwork Anda terlebih dahulu.

 

Teamwork adalah salah satu pondasi dalam pembagian kerja peradaban modern. Teamwork yang baik dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan. Namun, menciptakan suatu tim tentu bukanlah hal mudah, karena setiap individu memiliki kemampuan dan kepribadian yang berbeda-beda.

 

Selain dapat meningkatkan kinerja bisnis, teamwork menjadi salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap karyawan. Selain itu, kerja sama tim juga dapat membantu divisi SDM mengelola kebijakan, mulai dari pembelajaran, pengembangan, hingga budaya tempat kerja. Tentu, semua itu berdampak pada keberhasilan perusahaan.

 

Seberapa pengaruhnya soft skill ini dalam perusahaan? Apa yang menjadi tujuan teamwork? Simak penjelasan mengenai apa itu teamwork dan manfaatnya dalam bisnis di bawah ini.

 

Definisi Teamwork untuk Bisnis

 

Definisi-Teamwork

 

Secara luas, teamwork dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang berkaitan dengan kooperasi dan koordinasi yang dapat menghasilkan suatu kolaborasi. Definisi tersebut bukan hanya berbicara mengenai ikatan organisasi atau kelompok yang menunjang keberhasilan bisnis, tapi juga mengacu pada kemampuan yang harus dimiliki para karyawan.

 

Teamwork mengarah pada kemampuan berkomunikasi, mendengarkan, dan mengeksekusi pekerjaan secara terkoordinasi. Terutama di tengah peliknya kondisi pandemi, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis adalah dengan membangun kerja tim yang baik agar bekerja lebih produktif, efisien dan efektif. Dengan demikian, masalah-masalah dalam pekerjaan dapat diselesaikan dan target yang direncanakan juga tercapai.

 

Baca juga: Pengertian Sociopreneur dan Karakteristiknya

 

Apa Manfaat Teamwork untuk Perusahaan?

 

Membangun perusahaan membutuhkan visi yang kuat sebagai pondasi, dan kerja sama tim sebagai tiang penyangganya untuk mencapai target bisnis. Dengan demikian, harus diakui bahwa kemajuan perusahaan dipengaruhi oleh teamwork di dalamnya. Semakin solid teamwork yang terbentuk, semakin besar peluang kesuksesannya.

 

Tujuan teamwork adalah mampu membuat pekerjaan sesulit apapun menjadi lebih ringan untuk dikerjakan. Dengan kerja tim, semua kelemahan yang dimiliki masing-masing individu bisa ditutupi oleh kelebihan yang dimiliki individu lainnya. Kerja sama tim bukan sekadar mengumpulkan orang-orang hebat, melainkan juga bagaimana anggota tim bisa saling bersinergi dan berbagi pengalaman serta kemampuan.

 

Selain itu, teamwork juga dapat membuat perusahaan memiliki sistem kerja yang lebih rapi dan terorganisir. Lingkungan dan budaya kerja yang ada dapat menciptakan rasa kebersamaan dan memiliki terhadap perusahaan.

 

Kerja sama tim juga memberikan manfaat bagi bisnis jika dilakukan dengan baik. Berikut sejumlah manfaat adanya teamwork dalam perusahaan:

 

1. Mempercepat menyelesaikan suatu pekerjaan

 

Dalam kelompok kerja dengan beberapa anggota yang memiliki kesamaan target akan mempermudah dan mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. Ini dikarenakan dalam kelompok tersebut memungkinkan adanya pembagian tugas. Artinya, setiap orang memiliki lingkup kerja masing-masing dan bertanggung jawab atas tugasnya tersebut. Dengan demikian pekerjaan apa pun lebih mudah diselesaikan.

 

2. Menghasilkan ide yang lebih kreatif dan objektif

 

Kerja sama dengan beberapa orang dengan perbedaan pandangan dan latar belakang memberi peluang bagi kelompok tersebut saat menyelesaikan pekerjaaan. Dari banyaknya pemikiran, akan menghasilkan ide-ide yang lebih besar dan kreatif.

 

Ide kreatif juga dapat memecahkan suatu masalah menjadi solusi yang objektif dan konkret. Ini dihasilkan dengan melakukan musyawarah dan mufakat pada semua anggota. Berbagai pemikiran berbeda berpotensi memunculkan sudut pandang baru dalam menyelesaikan masalah. Tentu ini tak hanya bermanfaat bagi individu saja, tapi juga perusahaan.

 

3. Meningkatkan produktivitas dan sarana pengembangan diri

 

Tujuan teamwork adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Tugas yang banyak bisa diselesaikan dengan cepat dan produktivitas masing-masing individu jadi meningkat. Sementara, dari efisiensi pekerjaan, individu bisa belajar atau melakukan aktivitas lain yang dapat menunjang pengembangan dirinya, baik soft skill maupun hard skill. Selain itu, dengan teamwork, maka informasi yang dapat diperoleh akan lebih beragam dibandingkan dengan bekerja sendirian.

 

Baca Juga: 6 Kemampuan Komunikasi Bisnis yang Penting Dikuasai

 

Cara Membangun Teamwork

 

Cara-Membangun-Teamwork

 

Setiap individu dalam perusahaan memiliki kekuatan dan kelemahan. Kelemahan itu bisa menghambat target pekerjaan jika Anda bekerja sendiri. Dengan demikian, membangun teamwork itu penting bila perusahaan ingin mendapatkan hasil maksimal.

 

Lebih jauh, tidak mungkin seseorang dapat mengerjakan semua pekerjaan sekaligus, bukan? Ada orang  yang menguasai bidang analisis, ada yang lebih fasih berkomunikasi, ada pula yang ahli dalam memasarkan barang dan jasa. Jika perusahaan dapat memaksimalkan potensi mereka dalam satu tujuan yang sama, target pekerjaan pun lebih cepat selesai dengan hasil yang baik.

 

Lalu, bagaimana cara membangun teamwork yang solid agar karyawan dapat bekerja sama mewujudkan tujuan perusahaan? Berikut langkah-langkah membangun kerja sama tim yang baik.

 

1. Perusahaan menentukan visi dan misi yang jelas

 

Visi dan misi perusahaan bukan sebagai formalitas, melainkan alat bantu yang efektif dalam merumuskan tujuan perusahaan. Ini juga membuat karyawan memahami arah bisnis atau perusahaan. Dengan menyatukan tujuan yang ingin dicapai, tiap individu akan termotivasi, saling berkoordinasi, dan menjalankan peran masing-masing secara maksimal untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

 

2. Pemimpin merumuskan aturan dan sistem kerja

 

Langkah kedua untuk membangun teamwork adalah membuat sistem kerja dan aturan yang jelas. Cara ini penting dilakukan agar fungsi kerja setiap individu tidak ada yang tumpang tindih atau overlapping.

 

3. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan setiap karyawan

 

Selanjutnya, perusahaan mengelompokkan atau memilih anggota yang berkualitas sesuai kemampuan yang dimiliki. Mulai dari leader yang memiliki jiwa kepemimpinan, anggota dengan pengetahuan bisnis yang mumpuni, hingga tim pelaksana yang punya skill pemasaran di bidang bisnis yang Anda jalankan. Dengan demikian, semua anggota tim bisa saling mendukung. Ini juga menghindarkan adanya kasus orang yang tak memiliki kapabilitas menduduki posisi yang bukan seharusnya.

 

4. Karyawan diberi kebebasan mengemukakan pendapat

 

Menciptakan suasana kerja tim yang baik bukan hal mudah, terutama mengenai keleluasaan individu dalam menyampaikan ide dan gagasan. Tak jarang, karyawan merasa segan dan tidak percaya diri apabila menyampaikan ide, saran, atau kritik kepada perusahaan. Dengan demikian, ciptakan suasana kerja di mana tiap orang bisa menyampaikan idenya tanpa beban.

 

5. Melakukan kegiatan team building

 

Ini jadi langkah terbaik sekaligus digemari. Perusahaan bisa menanamkan kebersamaan tak hanya dari tugas-tugas, tapi juga bisa melalui kegiatan yang seru dan santai, seperti team building atau kegiatan gathering lainnya di luar kantor. Tujuannya untuk meredakan stres akibat pekerjaan, menumbuhkan kebersamaan, membangkitkan motivasi, menanamkan rasa memiliki terhadap perusahaan, dan menjadi ajang komunikasi karyawan satu sama lain.

 

6. Monitoring dan evaluasi

 

Langkah ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui kinerja tim, kemampuan sebuah tim, dan keberhasilan pencapaian tim. Adanya monitoring dan evaluasi secara berkala dapat meningkatkan kualitas tim.

 

Baca Juga: Bagaimana Membangun Brand Building di Era Digital Saat Ini?

 

Budaya membangun teamwork juga semakin modern seiring perkembangan zaman. Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan semaksimal mungkin dalam berkolaborasi. Acer Chromebook CB 514 bisa menjadi solusi perangkat penunjang kerja teamwork di perusahaan masa kini.

 

Acer Chromebook CB 514 juga mendukung tren kerja jarak jauh (remote), yaitu tiap individu bisa tetap duduk nyaman untuk saling berdiskusi. Terdapat fitur-fitur kolaboratif penunjang kerja, seperti Google Slides, Docs, Sheets, dan sebagainya berbasis cloud.

 

Memberikan tenaga dan kinerja maksimum dengan menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11, Anda dapat mengandalkan laptop ini, karena memiliki daya tahan baterai hingga 10 jam. Ini memberikan kenyamanan ketika harus bekerja sama secara virtual, seperti lewat email atau video call, di mana saja dan kapan saja. Dengan sistem komputasi cloud, Anda tak perlu khawatir soal keamanannya.

 

Dukungan aplikasi di Acer Chromebook CB 514 dapat menunjang formasi teamwork yang kuat, seperti penyesuaian jadwal dalam kelompok, menetapkan waktu untuk rapat kerja melalui video conference, atau bentuk komunikasi lain yang dirasa perlu untuk dilakukan.

 

***

Selain menawarkan kesempatan untuk perkembangan profesionalitas, teamwork akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah. Jika kerja sama dan kolaborasi sudah dicapai, lingkungan kerja yang dibangun akan sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Kerja sama tim yang efektif tidak bersifat formalitas, melainkan seharusnya bersifat fungsional.

Kontak Acer