Makin Diminati. Berikut Cara Kerja dan Contoh Affiliate Marketing Image

Makin Diminati. Berikut Cara Kerja dan Contoh Affiliate Marketing

Time 13 Jun 2022  |  By Acer Indonesia

Makin Diminati. Berikut Cara Kerja dan Contoh Affiliate Marketing

Kamu mungkin pernah menjumpai konten di Instagram atau TikTok berupa video unboxing atau review berbagai barang unik dan menarik dari suatu toko online, yang kemudian di akhir video, terdapat ajakan seperti “Untuk link pembeliannya, cek di bio nomor 123 yaa!” 

 

Jika iya, maka kamu telah melihat sebuah konten yang menjalankan model pemasaran affiliate marketing. Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing merupakan salah satu dari banyak model bisnis internet marketing yang paling sering diterapkan oleh sebuah bisnis.

 

Affiliate marketing juga dapat didefinisikan sebagai salah satu metode pemasaran digital, dimana seseorang akan mendapatkan penghasilan ketika terjadinya penjualan terhadap suatu produk maupun jasa yang kamu promosikan melalui link afiliasi yang telah kamu buat.

 

Pat Flynn dari Smart Passive Income, menyebutkan definisi affiliate marketing sebagai proses penawaran sebuah produk menggunakan jasa afiliasi. Selain itu, menurut perusahaan pemasaran ternama asal Amerika Serikat, CJ Affiliate menyatakan bahwa affiliate marketing merupakan sebuah proses promosi dari produk maupun jasa terdapat tiga sisi, yaitu penjual, afiliasi, serta konsumen.

 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki website sendiri. Cara kerja affiliate marketing cukup mudah, pertama kamu harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi dan kamu akan mendapat sebuah link Afiliasi. Kemudian kamu bisa mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online, dan siapapun yang melakukan pembelian melalui link yang kamu bagikan, maka kamu akan mendapatkan komisi. Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual. 

 

Contoh Affiliate Marketing

Ada banyak platform e-commerce yang menawarkan program afiliasi marketing. Berikut contoh dari program afiliasi marketing yang populer dan terpercaya:

 

  1. Shopee Affiliates Program

    Shopee Affiliates Program merupakan salah satu program yang menawarkan penghasilan tambahan untuk content creators yang mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya. Dilansir shopee.co.id, pengguna program Afiliasi Shopee diberikan kebebasan untuk berkreasi dalam pembuatan konten selama produk-produk tersebut memenuhi syarat dan ketentuan Shopee. Shopee Affiliates Program menjanjikan komisi sebesar 10% dari penjualan bagi anggota baru dan 2.5 % bagi anggota lama.

  2. Amazon Associates Amazon 

    Amazon memiliki program affiliate marketing bernama Amazon Associates yang meminta para affiliate marketers Amazon untuk memasang iklan di situs mereka. Dan setiap transaksi yang terjadi dari iklan yang kamu tampilkan akan menghasilkan komisi sebesar 10%.
Kontak Acer