Laptop untuk Programming: Spesifikasi, Tips Memilih dan Rekomendasi Produk Image

Laptop untuk Programming: Spesifikasi, Tips Memilih dan Rekomendasi Produk

Time 11 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Memilih laptop yang tepat untuk programming bisa jadi proses yang memusingkan. Banyaknya pilihan yang tersedia baik merek, model dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing bisa dengan mudah membuat Anda bingung.

 

Menulis barisan kode pemrograman memang bisa dilakukan di kebanyakan laptop. Namun, seorang programmer akan lebih produktif jika menggunakan komputer yang sesuai dengan jenis aktivitas pemrograman yang dikerjakannya. Selain itu, kita tidak bisa menyamaratakan spesifikasi laptop untuk seluruh programmer. Sebab, pekerjaanya bisa berbeda dan aplikasi serta tools yang digunakan bisa berbeda satu dengan yang lain.

 

Namun, jika Anda adalah seorang purchasing staff atau seorang pengusaha yang sedang mencari laptop untuk para programmer di perusahaan Anda, berikut adalah sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan baik dalam hal spesifikasi hingga merek laptop.

 

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Core I7 Acer Terbaik Untuk Bisnis Dan Perusahaan

 

Spesifikasi Laptop untuk Programming

 

         1. Processor

Central Processing Unit (CPU) merupakan komponen paling penting dalam sebuah komputer. Prosesor akan sangat mempengaruhi performa komputer. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih spesifikasi yang tinggi baik dalam hal jumlah core, cache memory dan thermal paste yang baik. Secara general, berikut adalah pilihannya:

  • Intel® Core i5 atau Core i7 generasi 10 atau generasi 11.
  • AMD Ryzen 5 5600 G atau AMD Ryzen 7 5700 G.

    2. Memory (RAM)

Untuk kebutuhan programming, laptop dengan RAM di bawah 8GB tidak akan mendukung pekerjaan dengan baik. Alasannya karena pekerjaan coding mengharuskan seorang developer untuk menjalankan aplikasi yang banyak mengkonsumsi RAM. Minimal spesifikasi RAM yang dibutuhkan adalah 16GB.

 

          3. Monitor

Bagi seorang programmer, layar laptop merupakan salah satu elemen terpenting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop. Mengembangkan sebuah program mengharuskan programmer untuk bekerja di depan laptop dalam waktu yang lama. Untuk itu, spesifikasi monitor harus mendukung multitasking dan cukup tajam sehingga memberikan pengalaman membaca yang nyaman. Monitor dengan spesifikasi Full HD 1920 x 1080 (1080p) dan ukuran 15 inchi merupakan spesifikasi standar untuk programming.

 

          4. Keyboard

 

Karena seorang programmer banyak menggunakan laptop untuk menulis kode, keyboard menjadi piranti keras yang kualitasnya tidak dapat dikompromikan. keyboard yang baik menghindarkan programmer dari Repetitive Strain Injury (RSI) atau cedera di sekitar persendian akibat aktivitas mengetik terlalu lama. Berikut ini adalah spesifikasi yang perlu diperhatikan:

 

  • Mekanisme tombol keyboard scissor (memberikan sensasi tactile-feedback saat mengetik) hal ini penting karena membuat jari nyaman saat mengetik.
  • Jarak antar tombol 18-19 mm, jarak antar baris 18-21 mm.
  • Palmrest harus nyaman dan cukup lebar.
  • Backlit keyboard untuk memudahkan programmer saat bekerja di ruang dengan pencahayaan minimal.

    5. Storage

 

 

Solid State Drive (SSD) menjadi spesifikasi standar yang harus ada pada laptop programming. Dibandingkan Hard disk mekanik biasa, SSD akan memberikan kecepatan yang menunjang operasional saat melakukan booting komputer, compiling, hingga membuka aplikasi. Untuk kapasitasnya, spesifikasi standar yang dibutuhkan adalah 256GB hingga 1TB SSD.

 

           6. Graphic

 

Pekerjaan programming tidak membutuhkan kualitas grafis yang tinggi. Oleh karenanya, Anda dapat menghemat bujet dengan membeli laptop yang telah dilengkapi integrated GPU. Ketimbang menggunakan dedicated GPU, alihkan bujet untuk meningkatkan spesifikasi prosesor atau memory.

 

Baca Juga: AMD Vs Intel, Apa Prosesor Yang Paling Bagus?

 

 

Rekomendasi Laptop Acer untuk Programming

Nah, mengacu pada sekian spesifikasi di atas, Acer menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan. Alasannya, Acer memiliki beragam laptop menarik untuk kebutuhan programming. Berikut ini adalah rekomendasinya.

 

  • TravelMate P214-53 

Laptop dengan bobot ringan namun memiliki durabilitas tinggi ini sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan programming. Prosesor yang tersedia hingga Intel® Core i7-1165G7 ini memiliki speed yang cukup kencang di rentang 2,8 Ghz -4,7 Ghz. 

 

Cache memori yang besar di level 12 MB juga membuat pekerjaan multitasking berat dapat dilakukan dengan mudah. Laptop ini dilengkapi dengan memori standar 16 GB DDR hingga 32 GB dual channel DDR4 dan grafis Intel® Iris® Xe Graphics / MX330 sudah cukup mendukung kebutuhan para programmer. Acer juga melengkapi laptop ini dengan panel IPS 14 inch full HD dengan fitur Acer ComfyView yang membuat mata tidak cepat lelah ketika harus bekerja di depan laptop cukup lama.

 

  • Travelmate P414-51

Rekomendasi laptop Acer untuk programming selanjutnya adalah Acer Travelmate P414-51. Laptop profesional ini juga sudah dilengkapi dengan prosesor Intel generasi terbaru Core i5-1135G7. Prosesor dengan 4 core ini memiliki kecepatan 2.40 GHz. Untuk memori, standar RAM yang disediakan adalah 8 GB yang dapat upgrade hingga 32 GB. Ruang penyimpanan juga cukup luas untuk sistem operasi, aplikasi hingga file penting yakni 512 GB SSD. Selain menggunakan monitor 14 inchi IPS FHD (1920 x 1080), laptop ini juga memiliki kapasitas baterai cukup besar yakni 15 jam pemakaian.

 

  • Travelmate P614-52

Inilah salah satu laptop Acer yang mengantongi sertifikasi Evo yang menjamin Anda akan mendapatkan pengalaman laptop premium saat menggunakannya. Dengan prosesor Intel generasi 11 Anda akan mendapatkan power dan kecepatan yang akan meningkatkan produktivitas seorang programmer.

 

RAM yang tersedia hingga 32 GB dan ruang penyimpanan besar hingga 1TB menjadi laptop dengan spesifikasi yang sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Meski demikian, laptop 14 inch dengan spesifikasi 1920x1200 ini juga sangat ringan. Dengan berat total hanya 1 kilogram, laptop ini akan mendukung kebutuhan Anda yang harus mobile dalam bekerja. Laptop yang dilengkapi dengan teknologi backlit ini juga didukung dengan kapasitas baterai yang super besar yakni 20 jam pemakaian yang juga telah support fast charging.


Nah, demikianlah ulasan mengenai spesifikasi laptop untuk programming dan rekomendasi laptop Acer yang harus Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penawaran  selengkapnya, segera hubungi Acer sekarang juga dan dapatkan penjelasan lebih lanjut.

Kontak Acer