Laptop Consumer vs Laptop Bisnis, Pilih Laptop Yang Mana? Image

Laptop Consumer vs Laptop Bisnis, Pilih Laptop Yang Mana?

Time 05 Apr 2022  |  By Acer Indonesia

Laptop Consumer vs Laptop Bisnis, Pilih Laptop Yang Mana?

 

Saat ini semakin banyak inovasi yang ditawarkan dalam sebuah laptop. Bagi kamu yang sedang mencari laptop baru untuk kebutuhan sehari-hari namun bingung menentukan apakah harus membeli laptop bisnis atau laptop consumer perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari masing-masing laptop sebelum membeli laptop bisnis atau laptop consumer. Berikut adalah beberapa perbedaannya yang perlu kamu ketahui.

 

  1. Dari segi daya tahan dan build quality

    Laptop bisnis dibuat untuk penggunaan jangka panjang sehingga di desain untuk dipakai sepanjang hari. Laptop bisnis memiliki karakteristik tahan dibawa kemanapun pemiliknya pergi. Laptop bisnis umumnya bisa mentolerir kecerobohan-kecerobohan umum, seperti terbentur meja atau terkena guncangan saat dibawa berkendara. Body pada laptop bisnis juga lebih kokoh misalnya pakai plastic reinforced atau serat karbon, casing magnesium dsb. Selain itu, biasanya laptop bisnis tertentu ada sertifikasi khusus, misalnya sertifikasi TKDN yang dimana dalam laptop tersebut terkandung muatan lokal sebesar minimal 25%. Laptop consumer, di sisi lain, tidak didesain untuk digunakan 40 jam seminggu, selama bertahun-tahun, sehingga dari segi daya tahan tidak sebaik laptop bisnis.

  2. Dari Segi Inovasi dan desain

    Laptop consumer umumnya mengikuti perkembangan hardware terbaru, dan perputaran modelnya lebih cepat. Tipe yang tersedia pada laptop consumer juga jauh lebih banyak, dan terbagi lagi di kategori yang lebih spesifik, misal untuk gaming, multimedia, dan lain-lain. Laptop consumer cenderung memiliki tampilan yang lebih menarik. Secara historis, laptop consumer juga menawarkan lebih banyak keserbagunaan, berkat fitur desain yang berani seperti misalnya dapat diputar 360 derajat, stylus internal, layar yang dapat dilepas, dan touchpad yang lapang. Sedangkan untuk laptop bisnis umumnya lebih standar, tidak terlalu mengikuti perkembangan jaman dan jarang yang memiliki fitur seperti pada laptop consumer. Namun seiring perkembangan jaman dan munculnya profesi professional baru seperti freelancer, YouTuber dsb, saat ini mulai banyak laptop bisnis yang memiliki inovasi dan desain yang menyerupai laptop consumer. 

  3. Dari Segi Fitur Proteksi Data & Sekuriti.

    Data dalam bisnis itu penting dan sangat rahasia. Selain fingerprint scanner yang sudah umum ditemui di laptop modern, biasanya laptop bisnis juga memiliki tambahan hardware sekuriti misalnya modul TPM (Trusted Platform Module). Chip tambahan ini bekerja sama dengan fitur BitLocker di Windows Pro yang berguna untuk mengenkripsi data. Sehingga misalnya laptop hilang, orang lain tidak bisa membaca data yang tersimpan dalam storage. Ada juga tambahan sekuriti lain seperti smart card reader yang bertindak seperti “kunci” sebelum bisa mengakses data. Fitur ini yang biasanya tidak dimiliki oleh laptop consumer. 

 

Selain ketiga hal diatas, laptop bisnis biasanya memiliki masa garansi yang lebih Panjang daripada laptop consumer, hal ini karena laptop bisnis memiliki daya tahan yang lebih baik sehingga tidak mudah mengalami kerusakan. 


Bagaimana? Apakah kamu sudah memutuskan akan membeli laptop bisnis atau laptop consumer? Jika perlu inspirasi, kamu bisa kunjungi https://www.acerid.com/ untuk mendapatkan informasi lengkap seputar produk laptop Acer dan promo menarik lainnya.

Kontak Acer