Komputer All-in-One: Kelebihan, Kekurangan & Rekomendasi AIO Acer Terbaik Image

Komputer All-in-One: Kelebihan, Kekurangan & Rekomendasi AIO Acer Terbaik

Time 06 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Produktivitas karyawan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan sebuah bisnis/ perusahaan. Agar karyawan dapat lebih fokus dan produktif, manajemen wajib menciptakan kondisi dan suasana kerja yang kondusif. Caranya dengan membuat kantor terlihat rapi dan tertata baik. 

 

Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa kantor yang berantakan dan kotor menurunkan tingkat efisiensi karena karyawan sulit konsentrasi, lebih mudah stres dan sakit. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana kerja kondusif adalah dengan menata meja kerja karyawan. 

 

Oleh karena itu dibutuhkan perangkat kerja yang dapat membuat area meja kerja terlihat lebih rapi sekaligus profesional. Nah, komputer All-in-One bisa menjadi jawaban bagi Anda yang mencari perangkat dengan fungsi dan bentuk yang menunjang kebutuhan tersebut.

 

Sebagai perusahaan teknologi yang fokus menciptakan inovasi untuk mempermudah sekaligus meningkatkan produktivitas kerja para profesional, Acer memiliki berbagai pilihan produk komputer All-in-One terbaik di kelasnya. Artikel ini akan merekomendasikan dan mengulas produk komputer All-in-One Acer terbaik. Namun, sebelum kita lebih jauh membahas sekian produk tersebut, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu komputer All-in-One beserta kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan laptop atau desktop PC.

 

Perbedaan Komputer All-in-One dan Desktop PC

Seperti namanya, komputer All-in-One merupakan sebuah perangkat keras yang menggabungkan system unit/tower, monitor dan speaker menjadi satu.  Pada jenis tertentu yang mendukung layar sentuh, komputer All-in-One bahkan tidak membutuhkan peripheral atau eksternal hardware yang disambungkan ke hardware seperti mouse. Namun, pada jenis yang tidak mendukung layar sentuh, mouse dan keyboard sudah termasuk dalam paket pembelian.

 

Secara fungsi, komputer All-in-One memiliki fungsi yang sama seperti desktop PC namun secara rata-rata memiliki dimensi yang lebih kecil dan tidak membutuhkan banyak ruang. Perbedaan lainnya, komputer All-in-One tidak mudah di-upgrade layaknya desktop konvensional. sehingga Anda harus menentukan spesifikasi kapasitas penyimpanan, RAM atau prosesor yang dibutuhkan sebelum melakukan pembelian.

 

Meski demikian, komputer All-in-One memiliki sejumlah kelebihannya jika dibandingkan dengan desktop PC konvensional. Apa saja kelebihan tersebut? 

 

Baca Juga: Mengenal Rugged Laptop Acer, Laptop Tangguh Untuk Kebutuhan Pekerja Lapangan

 

Kelebihan Komputer All-in-One 

1. Menghemat Ruang

Meja kerja akan terlihat lebih rapi dengan komputer All-in-One. Karena desainnya yang compact, Anda tidak perlu banyak ruang untuk meletakkannya. Untuk membuat setup meja kerja yang clean dan minimalis pun jadi lebih mudah karena Anda tidak perlu dipusingkan dengan urusan manajemen kabel.

 

2. Lebih Estetik

Tanpa perlu modifikasi, tampilan komputer All-in-One sudah terlihat modern dan mewah. Desain komputer yang menarik tentu saja akan membuat suasana meja kerja dan kantor menjadi lebih estetik.

 

3. Portable

Jika dibandingkan dengan desktop PC, komputer All-in-One lebih mudah untuk dipindahkan. Jika suatu divisi dalam perusahaan harus berpindah lantai misalnya, tim IT perusahaan tidak perlu kerja keras memindahkan perangkat. Komputer All-in-One juga sangat ringan sehingga tidak perlu butuh banyak orang untuk memindahkan perangkat.

 

4. Monitor yang lebih Besar

Jika dibandingkan dengan laptop, komputer All-in-One menawarkan fleksibilitas dan kompatibilitas serupa laptop, namun dengan ukuran monitor yang lebih besar. Sehingga, komputer All-in-One akan lebih menunjang pekerjaan multimedia.

 

5. Setting Dual Monitor Lebih Rapi

Jika Anda membutuhkan pengaturan dual monitor untuk memudahkan multitasking, komputer All-in-One pada umumnya menyediakan port HDMI yang dapat Anda gunakan untuk menyeting dual monitor. Hasil setup pun akan terlihat lebih rapi karena tidak membutuhkan ruang yang lebih besar seperti ketika kita menyeting dual monitor dengan  desktop PC biasa.

 

Kekurangan Komputer All-in-One

 

  • Sulit Melakukan Upgrade

Tidak seperti komputer desktop biasa, All-in-One PC tidak dapat kamu upgrade dengan mudah. Komponen seperti RAM maupun hard drive memang bisa diganti, namun Anda membutuhkan bantuan profesional untuk melakukannya. Komponen yang diganti juga harus cocok karena komputer All-in-One tidak memiliki banyak ruang tersedia untuk melakukan modifikasi.

 

  • Harga yang Lebih Mahal

Untuk mendapatkan desain yang modern, ringkas dan fleksibilitas yang tidak dapat kita temukan pada desktop PC biasa, ternyata ada harga yang harus kita bayar. Inilah alasannya mengapa komputer All-in-One lebih mahal dibandingkan desktop PC biasa meski spesifikasinya tidak jauh berbeda. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Monitor Komputer Terbaik Untuk Bisnis & Kerja

 

 

Acer Veriton Z, Komputer All-in-One Terbaik untuk Kebutuhan Profesional dan Bisnis

Jika Anda sedang mencari komputer All-in-One untuk kebutuhan kantor maupun bisnis, bisa saja Anda bingung mengingat banyaknya merek dan jenis dengan berbagai spesifikasi yang berbeda. Untuk mempermudah, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Acer Veriton Z.

 

Seperti kebanyakan produk Acer, komputer All-in-One ini memiliki built quality yang sangat baik. Sebagai gambaran, untuk frame Acer Veriton Z menggunakan polycarbonate kokoh dan sasis dalam berbahan metal aluminium. 

 

Bagian belakang frame memiliki banyak lubang ventilasi yang membuat sirkulasi udara cukup baik. Untuk stand, komputer dengan pilihan layar mulai dari 21,5 inch ini cukup kokoh dengan penggunaan 4 buah baut. Monitor pun bisa digerakan untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. 

 

Komputer ringan dengan tampilan minimalis ini juga dilengkapi webcam 360 derajat yang sangat membantu ketika melakukan meeting atau presentasi. Spesifikasi layarnya sendiri sudah cukup baik yakni display full HD dengan sejumlah fitur untuk menjaga kesehatan mata seperti flickerless, bluelightshield, exa color dan color intelligence

 

Untuk port, Anda akan mendapatkan berbagai pilihan mulai dari port VGA, display port, USB type A, RJ45, dan serial port. Sedangkan untuk akses USB terdapat USB A, USB C, audio in/out dan SD card reader. Konektivitas melalui WiFi 6 dan bluetooth 5.1 menjamin kecepatan dan stabilitas koneksi.

 

Untuk performa, Acer memberikan banyak opsi mulai dari new entry hingga high end. Misalnya, untuk entry level tersedia pilihan prosesor Intel® Core™ i3 10100 dan integrated GPU intel UHD Graphics 630. Memori menggunakan RAM 8 GB DDR4 dan storage 500 GB hard drive. Spesifikasi ini sudah cukup mendukung untuk melakukan pekerjaan seperti menulis, membuat presentasi, browsing, hingga pekerjaan editing ringan. Acer menyediakan berbagai varian Veriton Z, yakni Veriton Z 4680G; Veriton Z 4670G; dan Veriton Z 4870G.

 

Tertarik menggunakan komputer AIO terbaik milik Acer untuk mendukung operasional perusahaan/ bisnis Anda? Segera hubungi Acer sekarang juga untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap dan penawaran menarik.

Kontak Acer