Jenis-jenis Server dan Masing-Masing Fungsinya Image

Jenis-jenis Server dan Masing-Masing Fungsinya

Time 04 Jun 2021  |  By Acer Indonesia

Jenis-jenis server dapat diidentifikasikan melalui fungsi dan tujuan penggunaannya. Dalam sebuah perusahaan, baik lingkup besar maupun kecil, hampir dapat dipastikan memiliki sistem IT yang menggunakan server. Maka dari itu, server dalam dunia informasi dan teknologi memiliki peran penting dalam pengoperasiannya.

 

Server memiliki beberapa jenis dengan memiliki kegunaan dan tugasnya masing-masing. Setiap jenis server bisa dijadikan satu mesin, sehingga tiap satu komputer server dapat melayani berbagai layanan. Apa saja jenis-jenis server beserta fungsinya? Simak lebih lanjut di bawah ini.

 

Apa Itu Server?

 

 

apa-itu-server

 

Server atau peladen adalah sebuah sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan layanan khusus berupa penyimpanan data. Sistem ini juga membatasi dan mengontrol akses pada client di sebuah jaringan komputer yang ada. Biasanya, komputer server ini menyediakan resource yang dapat digunakan untuk komputer lain/client dalam menyediakan informasi untuk penggunanya. Maka tak heran jika komputer server harus memiliki spesifikasi tinggi, baik dari aspek software maupun hardware.

 

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data. Wujud fisik server umumnya adalah komputer yang berukuran besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor, serta RAM yang berkapasitas besar.

 

Untuk menunjang kinerja komputer server, dibutuhkan sebuah sistem operasi yang didesain khusus. Windows Server, Novel Netware, MacOs Server, dan Ubuntu Server merupakan beberapa contoh sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

 

Baca Juga: Peran Security Operational Center dalam Melindungi Ancaman Siber

 

Jenis-jenis Server dan Fungsinya

 

 

jenis-server-dan-fungsi

 

Jenis-jenis server di bawah ini memiliki cara kerjanya dan fungsinya masing-masing. Dalam penerapannya, server tidak terpisahkan pada jaringan komputer. Melalui artikel ini, simak beberapa jenis server.

 

1. Fax Server

 

Sesuai dengan namanya, Fax server digunakan untuk melayani kebutuhan fax bagi client. Jenis server ini akan membuat semua sistem penerimaan dan pengiriman fax akan melaluinya. Selain itu, biasanya sebuah fax server telah dilengkapi dengan modem untuk mendukung kinerjanya.

 

2. FTP Server

 

Server ini mempunyai layanan protokol FTP (File Transfer Protocol). Artinya, dengan adanya jenis server FTP ini segala permintaan akan terlaksana dan memberikan akses data server pada satu jaringan. Sistem yang dilakukan oleh kode ASCII ini sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfer. Solusinya adalah menggunakan jenis SFTP yang memberikan keamanan bagi client untuk melindungi data yang sedang ditransfer.

 

3. Mail Server

 

Peran jenis ini untuk melayani client dalam hal surat atau pesan (mail). Client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain dalam server yang sama. Mail server juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan surat. Fungsi lainnya, dapat digunakan untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol dengan file yang terdukung berupa teks, gambar, dan lainnya.

 

4. Database Server

 

Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server ini berisi ratusan hingga ribuan basis data dari banyak user. Biasanya kumpulan data yang terorganisir ini dikelompokkan atau disimpan per pengguna yang memakai layanan tersebut untuk menghindari pencurian data.

 

5. Proxy Server

 

Proxy server digunakan untuk memperkuat keamanan pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan kebutuhan dari client. Fungsi utamanya, untuk mengamankan IP address pengguna saat menjelajahi internet agar mencegah malware. Pengguna juga bisa mengatur pemblokiran beberapa website yang tidak ingin dikunjungi sebagai bentuk pencegahan.

 

6. Web Server

 

Web server adalah jaringan komputer yang melayani permintaan HTTP dan HTTPS.  Situs seperti search engine, blog, dan website, pasti membutuhkan web server agar file web seperti .html .php .asp bisa diproses terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke client. Fungsi utama jaringan ini adalah untuk mengirim berkas yang diminta oleh pengguna sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus. Sehingga pengguna dapat mengakses berupa teks, gambar, video, dan sebagainya melalui browser.

 

7. Telnet Server

Dengan adanya server telnet ini, Anda bisa melakukan remote komputer yang diinginkan. Sebelum melakukannya, Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam sistem login server. Kemudian permintaan telnet diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh pengguna.

 

Baca Juga: Cloud vs Data Center, Apa Perbedaan dan Manfaatnya?

 

8. File Server

 

File server digunakan untuk menampung data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.

 

Fungsinya yang sebagai “jantung” sebuah jaringan komputer, file server memungkinkan mengontrol komunikasi dan informasi, serta dapat mengakses layanan berupa manajemen file, upload data, download data, dan sebagainya pada server.

 

9. Game Server

 

Yang satu merupakan server khusus untuk para gamer. Dibuat untuk memberikan sensasi bermain game yang lebih baik. Terlebih, untuk menghindari masalah lag atau semacamnya saat bermain game multiplayer online.

 

Game server terdiri dari dua kategori, yaitu game server eksternal dan game server internal. Server eksternal merupakan penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh pengembang game. Sedangkan server internal merupakan penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Contoh game server yang populer adalah Steam.

 

10. DNS Server

 

DNS server berfungsi untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Dengan demikian, untuk membuka situs search engine seperti Google, perlu menentukan DNS server pada settingan IP Address.

 

11. Print Server

 

Print server memenuhi kebutuhan layanan percetakan (print) bagi pengguna. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware. Meskipun terdapat satu printer, perangkat tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer dengan server.

 

12. Application Server 

 

Sesuai namanya, server ini merupakan komputer server yang digunakan untuk menjalankan suatu software aplikasi.

 

13. Streaming Media Server

 

Server ini melayani kebutuhan streaming data, seperti musik dan video. Fungsi penerapannya adalah memungkinkan Anda dapat mengakses sebuah konten tanpa mengunduhnya terlebih dahulu.

 

14. Home Server

 

Home server dibuat khusus bagi pengguna rumahan yang membutuhkan layanan, seperti home entertainment. Komputer server ini bisa ditambah layanan lainnya, seperti printing, website, hingga layanan server sebagai backup data

 

Acer Altos Computing, Solusi Modernisasi Server Perusahaan

 

Melalui produk Altos Computing, Acer mendukung akselerator divisi IT dalam meningkatkan performa dan efisiensi bisnis perusahaan. Altos juga memiliki jenis-jenis server yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Di antaranya, storage server, data center modern server, High Performance Computing server, dan environment pendukung berbasis aplikasi seperti, Virtual Desktop Infrastruktur (VDI) dan Artificial Intelligence (Ai) platform.

 

Altos Computing menjadi solusi integrasi perangkat lunak dan perangkat keras satu atap High Performance Computing, alokasi sumber daya komputasi yang fleksibel, inovasi dan modernisasi  pengelolaan Big Data, hingga akses jarak jauh dengan konsol manajemen berbasis website.

 

Dengan demikian, Acer Altos Computing cocok diadopsi pada lingkungan pendidikan tinggi, perusahaan menengah dan besar yang memiliki banyak cabang usaha yang terpadu dalam sistem informasi, dan pemerintahan yang tentu memiliki Big Data.

 

Baca Juga: AiWorks, Solusi Platform Komputasi AI dari Acer

 

Dari jenis-jenis server yang ada, fungsi dasar secara keseluruhannya adalah sebagai layanan bagi client dan pengguna untuk menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data melalui beberapa protokol khusus. Dari berbagai macam server di atas, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis, seperti Altos Computing yang bisa menjadi solusi membantu perusahaan melakukan modernisasi pengelolaan data.

Kontak Acer