Jenis-Jenis Cryptocurrency Terkini yang Tepat Pilihan Aset Digital Anda Image

Jenis-Jenis Cryptocurrency Terkini yang Tepat Pilihan Aset Digital Anda

Time 05 Aug 2021  |  By Acer Indonesia

Cryptocurrency tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang tunai dan terdapat pada internet. Mata uang kripto juga tidak disimpan di bank atau e-wallet, melainkan disimpan di sebuah sistem bernama Blockchain.

 

Bagi Anda yang tertarik dengan mata uang kripto, kenali macam-macam cryptocurrency yang menjadi tren dan direkomendasikan saat ini. Simak paparannya di bawah ini:

 

jenis-jenis-mata-uang-kripto

 

Bitcoin

 

Diciptakan pada 2009, Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank dan menggunakan sistem P2P (oeer-to-peer). Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal. Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

 

Sebagai pengguna baru, Anda dapat mulai menggunakan Bitcoin tanpa harus memahami detail teknisnya. Setelah menginstall wallet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama dan bisa membuat lebih banyak alamat lagi kapan pun Anda membutuhkannya. Alamat tersebut dapat dibagikan kepada rekan-rekan Anda untuk saling bertransaksi. Sangat mirip dengan cara kerja email, dan sebaiknya alamat Bitcoin hanya digunakan sekali saja.

 

Litecoin

 

Diluncurkan pada 2011, Litecoin adalah salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak Bitcoin. Disebut juga sebagai “peraknya emas Bitcoin", koin maya ini merupakan modifikasi dari kode uang kripto pendahulunya yang memiliki kode LTC.

 

Berkat modifikasi tersebut, transaksi Litecoin lebih cepat dibandingkan Bitcoin. Satu transaksi LTC membutuhkan waktu 2,5 menit, sedangkan Bitcoin hingga 10 menit. Selain cepat, LTC juga lebih murah biayanya. Bagi penambang mata uang kripto skala kecil, LTC bisa jadi pilihan.

 

Cara membeli Litecoin adalah dengan mendaftar di broker kripto atau crypto exchange. Setelah itu, deposit dana sesuai kemampuan kemudian Anda bisa mulai proses pembelian LTC di platform baik aplikasi atau situs yang disediakan broker.

 

Pada Januari 2021, Litecoin memiliki kapitalisasi pasar 10,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dan nilai per token sebesar 153,88 dolar, menjadikannya cryptocurrency terbesar keenam di dunia.

 

Ethereum

 

Bisa dibilang jenis ini sebagai mata uang kripto populer kedua setelah Bitcoin dan diprediksi akan mengalami kenaikan sepanjang 2021 ini. Koin maya yang diresmikan pada 2015 ini menjadi sebuah platform software terdesentralisasi. Kelebihan Ethereum  (ETH) adalah memiliki founder yang jelas, dan dikembangkan oleh banyak developer

 

Dengan hal itu, Ethereum menjadi salah satu platform terpercaya. Selain itu, sistem blockchain menjadikan mata uang Ether memiliki sistem desentralisasi, sehingga platform ini bisa menjadi opsi untuk perbankan dunia saat ini. Pada Januari 2021, kapitalisasi pasar Ether kira-kira 19 persen dari kapitalisasi Bitcoin.

 

Ada beberapa cara yang untuk membeli Ethereum. Pertama beli pakai mata uang biasa dengan menggunakan jasa broker, seperti: Coinbase, Coinmama, atau lewat jasa jual-beli P2P. Kedua, membeli dengan mata uang kripto. Bahkan, Anda bisa menukar Bitcoin, Litecoin, atau cryptocurrency lainnya dengan Ethereum. Sementara itu, alternatif jasa-jasa penukaran Ethereum adalah Kraken, IDEX, dan lain-lain.

 

Baca juga: Memaksimalkan Profesi Technopreneur Profesional Secara Tepat

 

Cardano (ADA)

 

Jenis ini adalah blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. Dirilis pada 2015 dengan simbol token ADA, koin maya ini diciptakan oleh Charles Hoskisson yang sebelumnya sudah berpengalaman ketika menciptakan Ethereum. Mata uang ini tergolong ke dalam generasi ketiga cryptocurrency, sehingga dianggap salah satu yang paling mutakhir saat ini.

 

Dengan teknologi yang maju, Cardano dipercaya bisa memberi solusi bagi banyak permasalahan yang dialami penambang Bitcoin dan Ethereum sebagai generasi pertama dan kedua mata uang kripto. Kelebihan Cardano lainya adalah harganya yang masih relatif murah, seta menggunakan teknologi yang lebih menjamin keamanan serta kemudahan proses mining serta transaksi.

 

Meskipun belum mengalahkan kapitalisasi pasar Bitcoin dan Ethereum, Cardano adalah investasi yang cukup menjanjikan. Pada Januari 2021, Cardano memiliki kapitalisasi pasar 9,8 miliar AS dan satu koinnya diperdagangkan seharga 0,31 dolar AS.

  

bitcoin-ethereum

 

Ripple (RXP)

 

Kegelisahan pengguna Bitcoin tampaknya didengar baik oleh pengembang Ripple, yakni kendala penukaran mata uang lokal. Maka dari itu, salah satu keunggulan yang ditawarkan Ripple adalah proses yang mudah untuk penukaran tersebut.

 

Teknologi Ripple memfasilitasi penukaran XRP dengan berbagai mata uang di dunia, bahkan termasuk ke Bitcoin. Hal juga jadi kelebihan Ripple karena telah terintegrasi dengan layanan perbankan di dunia. Bahkan, saat ini menjadi salah satu landasan revolusi remittance atau pengiriman uang antar negara. Sementara itu, ada kekurangannya adalah adanya celah keterbukaan jaringan yang memungkinkan kelumpuhan akses pengguna terhadap dana yang ditransfer.

 

Dogecoin

 

Dogecoin (DOGE) menjadi salah satu mata uang digital yang kini tengah naik daun dan mampu bersaing dengan nama besar di pasar kripto, misalnya Bitcoin dan Ethereum. Popularitasnya meledak dan memperoleh lebih dari 5.000 persen pada 2021. Salah satu faktor penguatnya adalah CEO Tesla Elon Musk yang menyebutkan bahwa Dogecoin adalah mata uang kripto favoritnya.

 

Cara kerja Dogecoin mirip dengan Bitcoin dan Ethereum, yakni sama-sama menggunakan teknologi blockchain untuk menjaga semua transaksi tetap aman. Cara membeli Dogecoin bisa melalui bursa cryptocurrency, seperti Binance atau Kraken. Seperti mata uang kripto lainnya, setelah membeli Dogecoin, Anda bisa memindahkannya ke dompet kripto.

 

Kekurangannya, keamanan dan pengawasan level kode DOGE tidak sama dengan yang dimiliki Bitcoin atau Ethereum. Selain itu, DOGE tidak memiliki komunitas, sehingga eksposur untuk serangan level penambangan jauh di atas Bitcoin.

 

Stellar

 

Pelaku bisnis kripto dunia kini mulai memperhitungkan perkembangan blockchain Stellar Lumens (XLM). XLM adalah kripto asli (native) yang beroperasi di atas teknologi perangkat lunak Stellar yang diluncurkan pada 2014. Visi utama platform Stellar adalah menjadi solusi pembayaran lintas batas atau antarnegara tanpa perantara (middleman).

 

Kelebihan Stellar adalah menjanjikan kemampuan menyelesaikan transaksi yang sangat singkat, hanya 5 detik. Ini lebih cepat dibanding Ethereum yang butuh waktu 3,5 menit. Selain keunggulan teknologi, cap halal pada koin kripto ini juga menjadi alasan sejumlah bursa jual beli kripto di Indonesia memperdagangkan XLM di platform mereka.

 

Polkadot

 

Polkadot (DOT) adalah sebuah koin kripto berbasis blockchain yang memungkinkan beberapa jaringan saling terhubung. Cryptocurrency ini merupakan bukti kepemilikan unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas antara blockchain lainnya, yaitu memungkinkan pengembang membuat blockchain mereka sendiri sambil juga menggunakan keamanan yang sudah dimiliki oleh rantai Polkadot.

 

Polkadot menggunakan sharding, teknik di mana tidak semua node perlu memverifikasi setiap transaksi. Cara membeli Polkadot sebagaimana mata uang kripto lain juga diperdagangkan di bursa. Beberapa bursa yang melakukan jual beli Polkadot. Pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum bisa melakukan jual beli DOT atau mata uang kripto lain.

 

Pada Januari 2021, polkadot memiliki kapitalisasi pasar 11,2 miliar dolar AS dan satu DOT (koinnya) diperdagangkan seharga 12,54 dolar AS.

 

Baca juga: Menguasai Teknik Elevator Pitch untuk Memikat Para Investor

 

Setiap orang yang menggunakan mata uang kripto memiliki nomor rekening layaknya rekening bank yang disebut dengan Public Key. Sementara kata sandinya bernama Stream Key. Dikarenakan dua hal tersebut, mata uang kripto memiliki metode yang bernama Kriptografi yang sangat kuat untuk mengamankan transaksi keuangan hingga hampir mustahil di-hack oleh orang lain.

 

Anda yang ingin berbisnis cryptocurrency, ada banyak proses dan pengetahuan tentang aset kripto yang harus dipelajari demi mencapai target yang diinginkan. Sebelum memulai, pastikan sudah memahami macam-macam jenis cryptocurrency tersebut.

Kontak Acer