Harga Kripto Anjlok, Apa yang Harus Dilakukan? Image

Harga Kripto Anjlok, Apa yang Harus Dilakukan?

Time 25 Jul 2022  |  By Acer Indonesia

Harga Kripto Anjlok, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Kondisi market sebagai siklus memang terkadang naik dan turun termasuk pasar kripto yang saat ini sedang mengalami kondisi yang tidak baik. Namun, kondisi penurunan market saat ini, tidak hanya terjadi di kripto saja. Pasar modal pun mengalami hal yang serupa. Inflasi pun relatif tetap mendekati level tertinggi.

 

Para investor yang banyak melakukan aksi jual kepemilikan pada aset berisiko menjadi salah satu penyebab kripto anjlok. Aksi jual terjadi karena investor mulai terlihat panik dan tidak percaya terhadap pasar kripto dan mencoba menjual aset paling berisiko akibat potensi hambatan ekonomi makro dan kenaikan suku bunga.

 

Para ahli juga mengatakan penurunan harga kripto menunjukkan selera risiko investor yang menurun. Mereka jelas waspada terhadap aset berisiko. Dengan segala ketidakpastian dan volatilitasnya, kripto dianggap sebagai salah satu instrumen yang paling fluktuatif untuk tujuan investasi. Hal ini yang menjadi penyebab kripto anjlok. 

 

Fenomena aksi jual aset kripto tidak dapat dihindari, namun ini bukan saatnya untuk panik. Pasar kripto sebagian juga mulai kembali stabil. Jika pasar modal kembali pulih, diharapkan hal serupa terjadi di kripto. Maka dari itu, pelaku pasar perlu menyikapi kondisi ini dengan tenang dan sikap kehati-hatian serta lakukan hal ini saat kripto anjlok.

 

  1. Jangan FOMO dan FUD saat pasar kripto anjlok
    Mental investor akan bergejolak sehingga bisa melakukan keputusan yang tidak tepat, seperti FOMO (fear of missing out) dan FUD (fear, uncertainty, and doubt). Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan tak ada saran yang lebih baik daripada melakukan penelitian sendiri. Saat mempelajari tentang pembaruan di pasar kripto, selalu coba dan konfirmasi dengan berbagai sumber.

  2. Tetapkan tujuan yang jelas, diversifikasi, dan beli sesuai kemampuan
    Sebagian besar investor yang cerdas memilih untuk memegang sejumlah jenis aset kripto yang berbeda dalam jangka panjang untuk mendiversifikasi portofolio mereka. Investor kripto harus menentukan strategi perdagangan mereka, dan buat keputusan yang tepat untuk cut loss dan take profit. Investor dapat mempertimbangkan strategi tetap seperti mengeluarkan dana khusus untuk investasi kripto dalam jumlah kecil secara berkala. 

  3. Investor bisa mengambil keuntungan di stablecoin
    Salah satu opsi teraman untuk menghindari volatilitas kripto dan melindungi diri selama penurunan pasar adalah, dengan mengonversi beberapa kepemilikan kripto volatil menjadi aset yang lebih stabil. Ini dapat membantu investor 'mengunci' keseimbangan portofolio mereka dan mengurangi risiko dan tingkat stres di pasar anjlok,

  4. Lakukan HODL (Hold On for Dear Life)
    Investor disarankan untuk melakukan HODL (Hold On for Dear Life) untuk aset kripto yang diyakini akan bernilai jangka panjang dan hanya dijual dengan harga kurang dari harga pembelian. Di saat market krisis, memegang kripto yang memiliki nilai tinggi atau big cap mungkin lebih menguntungkan daripada menjual dalam jangka pendek.

 

Itulah beberapa informasi terkait penyebab kripto anjlok dan apa yang dilakukan saat kripto anjlok. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi ini. 

Kontak Acer