Fitur Keamanan Unggulan pada Chromebook Image

Fitur Keamanan Unggulan pada Chromebook

Time October 21, 2022  |  By Acer Indonesia

Salah satu keunggulan Chromebook dan Chrome OS adalah selain proses booting yang cepat seperti pada tablet, penyimpanan file storage pada Chromebook semua tersimpan dalam cloud, sehingga Anda bisa login di device Chromebook apapun. Chrome OS juga memiliki fitur keamanan yang terjamin dan praktis dalam penggunaan. Chromebook sendiri memiliki fitur keamanan bawaan berikut ini:

Update Otomatis

Mengelola sistem operasi tradisional dengan banyak komponen software dapat menyulitkan. Cara paling efektif untuk melindungi perangkat dari malware adalah dengan memastikan bahwa semua software telah update dan memiliki perbaikan keamanan terbaru. Chromebook mengelola update secara otomatis sehingga Chromebook selalu menjalankan versi terbaru dan paling aman.

Fitur Sandbox

Dalam sistem Chrome OS, setiap halaman web dan aplikasi berjalan dalam lingkungan terbatas yang disebut Sandbox. Jika Chromebook diarahkan ke halaman yang terinfeksi, halaman tersebut tidak dapat memengaruhi tab atau aplikasi lain di komputer, atau hal apa pun lainnya di komputer. Dengan fitur Sandbox, ancaman tersebut langsung diatasi.

Booting Terverifikasi

Bahkan jika malware dapat keluar dari Sandbox, Chrome OS tetap masih terlindungi. Setiap kali dinyalakan, Chromebook akan melakukan pemeriksaan diri yang disebut “Booting Terverifikasi”. Jika Chrome OS mendeteksi bahwa sistemnya telah diutak-atik atau dirusak dengan cara apa pun, biasanya Chrome OS akan memperbaiki dirinya sendiri dengan mudah, yang mengembalikan Chrome OS menjadi seperti baru lagi.

Enkripsi Data

Saat menggunakan aplikasi web di Chromebook, semua data penting disimpan dengan aman di cloud. Beberapa jenis file seperti file hasil download, cookie, dan file cache browser, mungkin masih ada di komputer. Chromebook mengenkripsi data ini menggunakan hardware yang tahan gangguan, sehingga sangat sulit bagi siapa saja untuk mengakses file tersebut.

Mode Pemulihan

Jika terjadi masalah dengan Chrome OS, Anda dapat menekan tombol atau menggunakan kombinasi keyboard cepat untuk memasuki mode pemulihan dan memulihkan sistem operasi. Untuk semakin memperkuat tingkat keamanan pada Chromebook, Google Cloud telah meluncurkan Chrome Enterprise Connectors Framework, sebuah cara baru untuk mengintegrasikan browser Chrome dengan platform keamanan seperti Splunk, Palo Alto Networks, dan CrowdStrike dengan mudah.

Google juga memperluas dukungan untuk Workspace dan produk Cloud lainnya, termasuk Google Cloud Pub/Sub, Chronicle, BeyondCorp Enterprise, dan Chrome Browser Cloud Management, untuk membantu Anda mendapatkan informasi berguna mengenai potensi ancaman keamanan dari Chrome dan membantu melindungi Anda saat Anda:

  1. Diarahkan menuju situs berbahaya yang dikenal.
  2. Mengunduh atau mengunggah file dengan malware yang dikenal.
  3. Menggunakan kembali kata sandi di situs yang tidak disetujui.
  4. Mengubah kata sandi setelah menggunakannya kembali di situs yang tidak disetujui.

Acer sebagai salah satu perusahaan IT terkemuka di Indonesia terus berusaha hadirkan perangkat untuk mendukung transformasi digital salah satunya melalui produk Chromebook dengan varian lengkap. Temukan koleksi Acer Chromebook dengan klik tautan berikut.

Kontak Acer