Daftar Fitur Baru WhatsApp yang Akan Diluncurkan Tahun 2022 Image

Daftar Fitur Baru WhatsApp yang Akan Diluncurkan Tahun 2022

Time 10 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

WA

Ada kabar baik untuk para pengguna aplikasi WhatsApp. Di tahun 2022 ini, WhatsApp akan segera meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan fungsionalitas, yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah. 

Berikut ini 6 daftar fitur baru WhatsApp yang akan diluncurkan di tahun 2022:

 

1. Message Reaction

Fitur baru WhatsApp yang pertama adalah message reaction. Fitur ini membuat pengguna bisa memberi reaksi dalam bentuk emoji pada pesan di dalam chat. Pengguna yang diberi reaksi pun dapat melihat siapa yang bereaksi di pesan mereka dengan mudah. 

Meski masih dalam tahap pengembangan, fitur ini dapat ditemukan di ruang chat personal dan group.

 

2. Communities

WhatsApp Communities akan menjadi fitur baru yang memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa grup WhatsApp. Gabungan grup tersebut nantinya hanya dapat dikontrol oleh admin. 

Fitur Communities juga menyediakan kolom pengumuman yang hanya dapat diakses oleh admin grup. Fitur ini bertujuan memberikan kemudahan membagi informasi ke semua group yang ada dalam komunitas Anda.

 

3. Transfer Chat

Jika tahun lalu WhatsApp rilis fitur transfer chat dari iOS ke Android, tahun ini mereka akan merilis fitur transfer chat dari Android ke iOS. Fitur ini telah dinantikan pengguna, karena dapat memudahkan proses pemindahan data antar platform. 

Hingga saat ini fitur transfer chat Android ke iOS masih di fase pengembangan dan diprediksi akan diluncurkan dalam waktu dekat.

 
Baca juga: Telegram atau WhatsApp, Mana yang Terbaik untuk Marketing Bisnis?

4. Sticker Marketplace

Apakah Anda suka pakai stiker saat bertukar chat di WhatsApp? Stiker kerap digunakan karena dapat mewakilkan reaksi pengguna terhadap chat tertentu. Ada yang bentuknya foto, ilustrasi, GIF, atau tipografi. 

Nah, sekarang WhatsApp sedang mengembangkan fitur sticker marketplace yang memudahkan Anda dalam membeli sticker packs. Fitur ini bisa diakses lewat aplikasi WhatsApp di smartphone.

Khusus pengguna WhatsApp lewat aplikasi desktop atau web, Anda mesti bersabar. Sebab, fitur sticker marketplace masih dikembangkan untuk kedua platform. Namun, Anda bisa mencicipinya dengan install aplikasi WhatsApp Desktop versi beta.

 

5. Admin Group Control

WhatsApp dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur baru yang memberikan kebebasan untuk admin grup. Berdasarkan laporan XDA Developers, fitur yang akan segera dirilis ini memungkinkan admin grup untuk menghapus pesan di dalam grup (delete messages for everyone).

WhatsApp akan memberi notifikasi kepada anggota grup jika ada pesan, foto, video, atau file yang telah dihapus oleh admin. Fitur ini juga akan menunjukkan siapa yang menghapus pesan jika ada lebih dari satu orang admin.

 

6. Business Nearby

Business nearby adalah fitur baru WhatsApp yang membuat pengguna dengan business account menggunakan tab pencarian untuk mencari bisnis terdekat, seperti restoran, toko kelontong, atau toko tekstil dan pakaian. 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke bagian pencarian untuk mengaktifkan fitur WhatsApp Business Nearby. Di fitur ini pengguna akan menemukan menu filter pencarian tambahan sesuai jenis bisnis. 

Filter lain seperti foto, video, audio, GIF, dokumen, dan link juga akan tersedia bersama fitur baru ini. Penambahan fungsi tersebut akan menjadi salah satu fitur baru WhatsApp yang memungkinkan program digunakan lebih dari sekadar aplikasi chat.

Kontak Acer