Chromebook Pantas Sebagai Perangkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Image

Chromebook Pantas Sebagai Perangkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Time 23 Feb 2017  |  By Acer Indonesia

Perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini sudah jauh lebih canggih dari pendidikan di beberapa tahun lalu. Terbukti dengan perkembangan pelaksanaan ujian nasional yang sudah melangkah lebih maju melalui penerapan sistem computer based test (CBT) yang disebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sistem belajar pun turut berubah seiring hadirnya UNBK. Intinya, saat ini pendidikan membutuhkan lebih dari sekadar buku untuk menunjang belajar.

 

Kehadiran Chromebook dianggap sebagai jawaban terbaik untuk membantu para siswa yang sudah terbiasa dengan pola ujian baru ini. Lalu bagaimana semuanya itu terhubung? Apa pula yang disebut dengan UNBK? Apa saja keuntungan yang bisa siswa dapatkan dari cara ujian ini? Serta bagaimana cara memilih perangkat yang sesuai untuk UNBK? Ini dia penjelasannya.

 

Memahami UNBK 

Secara garis besar, Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK (kerap juga disebut sebagai Computer Based Test) merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan perangkat komputer sebagai media ujian. Metode ujian ini untuk pertama kali dilakukan pada tahun 2014 di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur. Hal ini terbukti mampu mendorong siswa dalam meningkatkan literasi terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Metode ini pun kemudian diterapkan dalam skala nasional hingga sampai saat ini.

 

Sistem yang Lebih Praktis 

Penyelenggaraan UNBK sendiri saat ini menggunakan sistem semi-online. Caranya adalah soal dikirim dari server pusat secara online ke server lokal, kemudian siswa dilayani oleh server lokal tersebut secara offline. Soal yang telah dikerjakan kemudian dikirim kembali ke server pusat secara online.

 

Penerapan UNBK sendiri memberikan banyak sekali keuntungan. Bagi pemerintah, UNBK dianggap sebagai penghematan luar biasa. Pasalnya, soal ujian tak lagi dicetak di kertas sehingga mengurangi biaya produksi. Bahkan, kecurangan sangat sulit terjadi karena terbatasnya akses pada soal ujian itu sendiri.

 

UNBK

 

Bagi siswa, UNBK adalah solusi atas keterlambatan soal, tertukarnya soal hingga ketidakjelasan hasil cetak soal yang sering menjadi masalah ketika ujian nasional diselenggarakan. Hasil ujian pun dapat lebih cepat diumumkan sehingga siswa mampu mempersiapkan rencana pendidikan lebih tinggi bahkan untuk masuk ke dunia kerja. Selain itu, UNBK sangat mungkin dilakukan beberapa kali dalam setahun sehingga siswa dapat siap mengulang ujian nasional apabila tidak lulus.

 

Keberhasilan UNBK di tiap sekolah pada dasarnya ditentukan oleh perangkat yang memadai. Siswa tentu sulit untuk mengerjakan ujian ketika perangkat untuk ujian tidak mendukung secara maksimal. Akibatnya, hasil ujian jadi kurang memuaskan karena siswa tidak dapat fokus dengan soal yang diberikan.

 

UNBK

 

Kriteria Perangkat untuk UNBK 

Ada beberapa kriteria yang wajib diperhatikan saat memilih perangkat untuk UNBK, seperti berikut ini:

 

  1. Kinerja cepat – Perangkat UNBK yang baik adalah perangkat yang memiliki kemampuan kinerja yang cepat, baik dari sisi browsing hingga penggunaannya.
  2. Aman – Sistem perangkat haruslah aman dari berbagai macam virus dan malware yang mungkin dapat mengganggu jalannya ujian.
  3. Mudah digunakan – Tampilan antarmuka (interface) haruslah mudah dipahami dan digunakan oleh orang awam agar tidak kesulitan saat mengerjakan setiap soal ujian.

 

Ketiga ciri tersebut tentu sudah tertanaman dalam perangkat Chromebook. Perangkat yang dilengkapi oleh Chrome OS, salah satu produk yang dikembangkan oleh Google ini memiliki banyak keunggulan, terutama dalam hal tampilan antarmuka. Proses booting pun terbilang sangat cepat, yaitu hanya membutuhkan waktu 7 detik saja. Ada pun fitur security yang terintegrasi secara online, sehingga tidak memudahkan virus untuk masuk ke sistem operasi.  Selain itu, ada ribuan aplikasi gratis di ekosistem Google yang sudah dikenal dan dapat dipilih untuk membantu mempermudah segala aktivitas.

 

UNBK membuktikan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia sepenuhnya meningkat seiring teknologi  yang tak henti-hentinya terus berkembang. Namun di sisi lain diperlukan fasilitas yang memadai untuk membantu siswa dalam menyelesaikan ujian tersebut. Karena itu, penggunaan Chromebook dianggap sebagai salah satu cara efektif dalam membantu meningkatkan semangat siswa ketika menghadapi ujian nasional. Pada akhirnya, bukan tidak mungkin jika generasi muda Indonesia akan membuat Indonesia menjadi lebih baik di bidang pendidikan dan teknologi.

 

Kontak Acer