Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Image

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop

Time 20 Jul 2022  |  By Acer Indonesia

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Chromebook

Teknologi yang semakin berkembang memberikan kita banyak pilihan perangkat yang bisa menunjang kehidupan. Salah satunya adalah hadirnya laptop Chromebook dengan Chrome OS. Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat laptop. Sistem operasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada tahun 2010. 

 

Chrome OS memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Android karena menggunakan kernel Linux dan proses kerjanya mengandalkan aplikasi web. Karena mirip seperti Android, ketika pertama kali menghidupkan laptop berbasis Chrome OS, pengguna akan diminta memasukkan atau membuat akun Google. 

 

Dalam laptop Chromebook tidak tersedia akses aplikasi software Microsoft Office. Namun, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets yang juga tidak kalah powerful karena berbasi cloud dan dapat menunjang pekerjaan secara optimal. Apa saja kelebihan dan kekurangan Chrome OS ini? Berikut daftarnya

 

Kelebihan Chrome OS

  1. Chrome OS menyajikan tampilan yang sederhana karena user interface (UI) yang mudah dipahami oleh penggunanya. Dengan tampilan UI yang sederhana ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia. 
  2. Chrome OS lewat Chromebook menghadirkan pengalaman menggunakan laptop dengan daya tahan baterai yang lama hingga 12 jam dalam sekali charge.
  3. Kelebihan Chrome OS lainnya adalah proses booting dan shutdown yang cepat. Waktu booting dan shutdown pada Chrome OS mirip seperti ketika menyalakan dan mematikan televisi. Hal dikarenakan bloatware yang sedikit sehingga bisa mempercepat proses booting dan shutdown.
  4. Chrome OS memiliki keamanan yang baik dan terupdate otomatis. Hal ini dikarenakan Google Chrome adalah browser yang sering memberikan update, termasuk update keamanan pada Chrome OS. Keamanan pada Chrome OS inipun akan terupdate secara otomatis selama ada internet. Selain itu, Chrome OS juga memiliki fitur verified boot. Dengan fitur ini, Chrome OS akan melakukan pemeriksaan keamanan setiap kali melakukan booting.

Kekurangan Chrome OS

  1. Kekurangan Chrome OS yang pertama adalah tidak kompatibel menjalankan aplikasi yang biasa tersedia pada Windows atau Mac seperti Photoshop, Microsoft Office, Illustrator dan sebagainya karena Chrome OS hanya mengandalkan aplikasi-aplikasi Android yang ada di toko aplikasi.
  2. Sama seperti Android, Chrome OS hanya bekerja secara optimal saat terhubung dengan internet. Karena pada dasarnya Chrome OS ini menggunakan chrome browser sebagai user interface maka agar bisa bekerja secara maksimal user harus terhubung dengan jaringan internet. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengunduh aplikasi yang bisa bekerja saat offline.
  3. Laptop Chromebook umumnya mengusung spesifikasi yang lebih rendah. Laptop ini tidak disarankan bagi pengguna yang membutuhkan pemrosesan dan kinerja grafis terbaik untuk gaming maupun editing video. Laptop Chromebook ditujukan untuk penggunaan normal, seperti bekerja, belajar, dan hiburan. Namun, seiring perkembangan teknologi, Laptop Chromebook menawarkan beberapa spesifikasi terbaru yang bisa menunjang kebutuhan Anda, seperti Acer Chromebook.

 

Acer Chromebook, Laptop Chromebook dengan Chrome OS

Acer terus berinovasi menciptakan produk terlengkap untuk mendukung kegiatan Anda mulai dari laptop bisnis, laptop profesional, laptop 2 in 1, hingga virtual desktop yang telah menggunakan perangkat lunak terbaik seperti Chromebook. Berikut adalah beberapa laptop Acer Chromebook dengan Chrome OS yang bisa Anda miliki.

 

1. Acer Chromebook Spin 511 

Laptop Chromebook ini memiliki performa ekstra membuat proyek kelas grafis tinggi berjalan lebih lancar sehingga tugas dilakukan lebih cepat.

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Chromebook

2. Chromebook Spin 713 

Pertama dalam Chromebook konvertibel, Chromebook Spin 13 aluminium yang elegan menggunakan prosesor Intel® Generasi ke-10 yang cepat dan memiliki layar 3:2 untuk area pandang lebih banyak dalam berselancar situs web dan melihat dokumen.

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Chromebook

3. Chromebook 712 

Acer Chromebook 712 menawarkan tampilan aspek 3:2 dan prosesor Intel Core i3 generasi 10 , Chromebook berperforma tinggi ini memungkinkan pelajar melakukan tugas yang paling berat sekalipun lebih cepat dari sebelumnya.

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Chromebook

4. Chromebook Spin 514 

Dirancang untuk pengguna saat bepergian, Chromebook Spin 514 memiliki Prosesor AMD terbaru memungkinkan Anda untuk bekerja secara intensif.

Chrome OS, Sistem Operasi Laptop Chromebook

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Chromebook silakan kunjungi

https://commercial.acerid.com/products

Kontak Acer