Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan Image

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

Time 06 Oct 2021  |  By Acer Indonesia

Seringkali orang membeli laptop tanpa mengetahui performa dan spesifikasi dari laptop tersebut. Padahal, dengan mengetahui spesifikasi laptop, Anda bisa memahami kemampuannya, mulai dari kecepatan prosesor, model, hingga keterangan pabrikan. 

 

Cara melihat spesifikasi laptop yang tepat akan menentukan, apakah suatu hardware atau software tertentu dapat digunakan atau diinstal dalam laptop tersebut atau tidak agar Anda tidak menyesal setelah membeli.

 

Baca Juga: Acer Chromebook 514, Memadukan Desain Ringan dengan Kinerja Powerful

 

Manfaat Mengetahui Spesifikasi Laptop

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagai seorang konsumen Anda harus mengetahui cara melihat spesifikasi laptop agar memahami betul kemampuan laptop yang akan dibeli. Dengan mengetahui spesifikasi laptop yang hendak dibeli, Anda bisa mengetahui besaran RAM dan ROM.

 

RAM atau Random Access Memory biasanya ditunjukkan dalam Gigabytes (GB). Semakin tinggi nilai RAM di laptop, semakin banyak software yang dapat dilakukan secara bersamaan. Kemudian, ROM atau ruang hard disk (biasanya juga ditunjukkan dalam satuan GB), merujuk secara umum pada jumlah informasi yang dapat disimpan oleh laptop Anda.

 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengetahui spesifikasi laptop antara lain:

 

1. Mengetahui Informasi Sistem

 

Dengan mengetahui cara melihat spesifikasi laptop, Anda akan memahami informasi sistem yang ada dalam laptop tersebut. Ini mulai dari motherboard, prosesor, RAM dan directX yang digunakan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah aplikasi atau software yang ingin diinstal kompatibel dengan laptop yang dibeli atau tidak. Pengetahuan ini tidak bisa disepelekan, karena jika Anda menginstal software yang tidak kompatibel, efeknya bisa merusak laptop.

 

2. Memahami Keunggulan Komponen

 

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari memahami cara melihat spesifikasi laptop adalah untuk mengetahui keunggulan komponen yang terpasang. Ini termasuk mengetahui kecepatan atau kekuatan dan kapasitas penyimpanan perangkat, mulai dari RAM, VGA dan hard disk.

 

Sebelum melakukan partisi hard disk, Anda perlu mengetahui spesifikasi laptop. Sebab melalui spesifikasi tersebut Anda bisa mengetahui keterangan jumlah penyimpanan hard disk, sehingga tidak melakukan kesalahan memasukkan angka saat partisi.

 

3. Mengetahui Versi Komponen

 

Mengetahui versi perangkat yang digunakan juga menjadi salah satu manfaat yang didapat apabila Anda mengerti cara melihat spesifikasi laptop. Versi perangkat seperti sound, LAN card, VGA dan lain sebagainya perlu diketahui agar Anda mendapatkan informasi yang cukup saat ingin update perangkat.

 

4. Terhindar dari Penipuan

 

Dengan mengetahui spesifikasi laptop, Anda juga bisa terhindar dari penipuan. Dewasa ini tak jarang penjual laptop melebih-lebihkan spesifikasi dalam laptop yang hendak dijual. 

 

Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli laptop alangkah baiknya jika telah mengetahui cara melihat spesifikasi laptop untuk mengecek apakah keterangan di dalam laptop sesuai dengan yang ada pada iklan. Ini juga berlaku ketika Anda hendak membeli laptop bekas.

 

Beberapa Cara Melihat Spesifikasi Laptop 

 

Cara melihat spesifikasi laptop yang paling sederhana adalah membuka ‘pengaturan” atau “Settings” pada laptop. Dari fitur ini, Anda akan dihadapkan pada gambaran umum konfigurasi sistem laptop yang Anda miliki.

 

Berikut ini cara melihat spesifikasi laptop melalui fitur “Setting”:

 

- Buka Settings/ Pengaturan.

- Klik “System”.

- Klik “About”.

- Spesifikasi laptop akan muncul

- Spesifikasi yang bisa Anda lihat dalam fitur ini antara lain, nama laptop, jenis prosesor, RAM, versi, edisi serta detail tentang sistem keamanan laptop.

Baca Juga: Acer Chromebook Spin 513, Stylish dan Powerful untuk Multitasking Harian

 

Selain melalui fitur “Settings”, cara melihat spesifikasi laptop juga bisa dilakukan dengan mengklik “This PC” di My Computer. Cara ini bisa dilakukan dengan membuka Windows Explorer atau menekan kombinasi Windows + E pada keyboard.

 

Setelah masuk di Windows Explorer, cara melihat spesifikasi laptop adalah dengan memilih “My Computer” atau “This PC”. Pada folder ini, klik kanan dan kemudian pilih “Properties”. Setelah mengklik “Properties”, maka Anda bisa melihat informasi mengenai spesifikasi laptop, seperti tipe, kecepatan, besaran RAM, dan lain-lain.

 

Selain dua langkah dasar ini, ada alternatif cara melihat spesifikasi laptop yang bisa Anda lakukan, antara lain:

 

1. Menggunakan DXdiag

 

Cara melihat spesifikasi laptop menggunakan DXDiag ini cukup mudah. Berikut langkahnya:

 

- Buka RUN atau mengklik kombinasi ‘Windows + R’ pada keyboard 

- Kemudian mengetik dxdiag pada kolom “open:”

- Setelah itu pilih “OK”.

- Anda kemudian dapat melihat informasi mengenai spesifikasi laptop.

- Pada versi system, Anda dapat melihat spesifikasi pada Windows baik 64 atau 32 bitnya.

 

2. Menggunakan Command Prompt

 

Cara melihat spesifikasi laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan “Command Prompt”. Berikut langkah yang bisa digunakan:

 

- Membuka Windows Explore dan ketik ‘Command Prompt’ pada search bar

- Klik Command Prompt

- Ketik system info dan tekan enter pada Command Prompt, maka Anda bisa melihat spesifikasi laptop.

 

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Aplikasi Khusus

 

Selain memanfaatkan fitur atau perintah yang sudah terpasang, cara melihat spesifikasi laptop juga bisa dilakukan melalui aplikasi khusus. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa Anda unduh. Terdapat ada dua aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui spesifikasi laptop, yaitu:

 

1. CPU-Z

 

CPU-Z merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu Anda melihat spesifikasi laptop Anda. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh gamers untuk menyesuaikan laptop mereka.

 

Berikut ini cara melihat spesifikasi laptop melalui CPU-Z. Pertama, mengunduh dan menginstall CPU Z pada laptop. Kemudian, setelah terinstal sempurna, buka aplikasi tersebut dan Anda langsung melihat rincian informasi mengenai spesifikasi laptop yang Anda miliki.

 

Dalam CPU-Z, Anda dapat melihat detail CPU, mulai dari nama prosesor hingga core speed pada kolom CPU. Informasi yang tersedia pun cukup detail, mulai dari tipe memory, slot RAM serta beragam informasi RAM yang digunakan dalam laptop. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa melihat power consumption dan berapa tegangan listrik yang digunakan.

 

2. Menggunakan Software Speccy

 

Selain CPU-Z, Anda juga bisa memanfaatkan software Speccy untuk melihat spesifikasi laptop. Cara melihat spesifikasi laptop menggunakan Speccy dimulai dari mengunduh dan menginstal software ini di laptop. Kemudian, setelah terinstal sempurna, Anda bisa membukanya dan melihat informasi rinci mengenai spesifikasi CPU. Disini Anda dapat melihat semua informasi mengenai hardware pada laptop jauh lebih lengkap ketimbang menggunakan DxDiag atau cara melihat spesifikasi yang sudah tersedia di laptop. Melalui Speccy, Anda bahkan juga dapat melihat rincian masing-masing hardware yang ada di laptop.

 

Baca Juga: Review Chromebook 511 R752TN, Laptop Ideal Dukung Kreativitas Pengguna

 

Nah, demikianlah macam-macam cara melihat spesifikasi laptop yang bisa dipilih. Bagi Anda yang sedang berencana membeli laptop, Acer merupakan merek terbaik yang bisa jadi pilihan. Selain menyediakan laptop dengan beragam spesifikasi, perangkat Acer memiliki daya tahan produknya yang kuat serta harganya yang bersaing. Tertarik? Pilih produk laptop Acer selengkapnya sekarang juga!

Kontak Acer