Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Baik Image

Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Baik

Time 25 Jul 2022  |  By Acer Indonesia

hubungan kerja

 

Hubungan kerja sesama rekan kantor penting dijaga untuk membangun karir dan menemukan kepuasan dalam pekerjaan Anda. Hubungan kerja yang baik akan menciptakan kinerja yang baik pula. Sebaliknya jika hubungan kerja buruk, maka selalu akan terjadi permasalahan di kantor dan para karyawan akan merasa malas bekerja karena tidak nyaman. Untuk itu penting menjaga hubungan kerja tetap baik. Lalu, hal positif apa saja yang dapat diperoleh melalui hubungan kerja yang baik?

  1. Ketika memiliki hubungan kerja yang baik dengan rekan di kantor, ada kemungkinan besar Anda akan saling bahu-membahu di kemudian hari. Siapa tahu akan semakin banyak proyek berdatangan. 
  2. Dengan menjalin hubungan kerja yang baik, Anda bisa saling bertukar ide. Semakin sering bertukar ide dan pemikiran, maka semakin banyak pula wawasan yang dimiliki.
  3. Hubungan kerja yang baik bisa membangun networking yang efektif, hal ini memberi efek meningkatkan rasa percaya diri yang muncul dari waktu ke waktu. Manfaat yang satu ini akan membantu banyak hal dalam pekerjaan. 
  4. Memiliki hubungan kerja yang baik bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mendapatkan kesempatan baru sehingga, jenjang karir pun semakin meningkat.  

Tips Membangun Hubungan Kerja Yang Baik

Mengetahui manfaat yang banyak dari menjaga hubungan kerja, maka Anda bisa melakukan hal ini untuk membangun hubungan kerja yang baik.

  1. Ciptakan lingkungan kerja yang positif
    Hindari menyebarkan berita bohong dan jangan terlibat dalam gosip seputar rekan kerja. Membicarakan orang lain dibelakang bukanlah langkah yang bijak dalam membangun hubungan kerja. 

  2. Mengakui kesalahan
    Semua orang pasti pernah berbuat salah apalagi dalam pekerjaan. Jika Anda melakukan kesalahan dan malah menyalahkan orang lain, Anda hanya akan merusak citra diri sendiri. Maka dari itu, untuk membangun lingkungan yang positif, akui kesalahan Anda dan temukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  3. Bertanggung jawab
    Dalam organisasi, setiap pekerjaan akan terhubung satu sama lain. Maka dari itu belajarlah bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Jangan pernah menunda atau bahkan mengalihkan pekerjaan Anda kepada orang lain. Menunda pekerjaan hanya akan memberikan jarak antara Anda dan rekan kerja Anda dan Anda akan meninggalkan kesan bahwa Anda bukan rekan kerja yang baik.  

  4. Berkomunikasi secara baik
    Dasar dari setiap hubungan yang baik adalah komunikasi yang baik. Apapun itu baik saat bekerja di kantor, menangani masalah, hingga di luar kantor Anda bisa berkomunikasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman yang memperburuk hubungan kerja. 

  5. Kenali rekan kerja Anda
    Salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan kerja yang baik adalah meluangkan waktu untuk belajar tentang orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan misalnya Anda datang lebih awal ke rapat, lalu luangkan waktu sebentar untuk mengobrol dengan rekan kerja di sekitar Anda. 

 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam membangun hubungan kerja yang baik. Lingkungan dan hubungan kerja yang baik akan membuat perusahaan tempat Anda bekerja bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Jadi, mari ciptakan lingkungan kerja yang positif.

Kontak Acer