Agar Bebas dari Cyber Crime, Ini Cara Investasi yang Aman Menggunakan Laptop Image

Agar Bebas dari Cyber Crime, Ini Cara Investasi yang Aman Menggunakan Laptop

Time December 2, 2022  |  By Acer Indonesia

Perkembangan teknologi memberi banyak kemudahan untuk kita, salah satu kemudahan yang didapat dari adanya teknologi adalah kita bisa mudah melakukan investasi secara online. Membeli saham, reksadana maupun obligasi kini bisa dengan mudah melalui online. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara investasi online yang aman agar terhindar dari cyber crime. 

Jenis cyber crime yang kerap terjadi adalah Phishing, dimana banyak orang tertipu dengan langsung mengklik tautan yang ada di pesan tersebut. Biasanya tautan itu digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data atau informasi pribadi para pengguna internet. Phishing juga dapat berbentuk tautan untuk mengunduh software tertentu, yang mana sebenarnya itu adalah Malware

Malware atau Malicious Software digunakan juga untuk mengumpulkan data atau menyebabkan kerusakan pada komputer pengguna yang menyamar sebagai perangkat lunak yang legal. Maka dari itu, penerapan cyber security yang baik bisa digunakan untuk melindungi data diri saat melakukan investasi secara online. 

Cara Investasi yang Aman Menggunakan Laptop

Agar terhindar dari cyber crime, berikut adalah beberapa cara investasi yang aman dengan menggunakan laptop:

  1. Pahami Cara Investasi Online

Sebelum memutuskan investasi secara online, akan lebih baik jika Anda mengecek apakah website atau aplikasi tempat Anda melakukan investasi telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda juga bisa mengenali terlebih dulu cara kerja dari investasi ini. Hal-hal yang perlu dipahami misalnya, bagaimana uang kita sebagai investor dikelola, apakah ada biaya transaksi tambahan atau tidak, dan apakah uang investasi bisa dicairkan kapan saja. Dengan mengetahui cara kerjanya, Anda akan mendapat informasi tentang proses pada uang yang diinvestasikan sehingga Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

  1. Selalu Jaga Data Pribadi

Cara investasi online yang aman berikutnya adalah selalu jaga data diri Anda. Saat melakukan investasi secara online, maka Anda harus memperhatikan setiap data pribadi yang dimasukkan ke website atau aplikasi investasi online yang bersangkutan. Kejahatan online yang selama ini banyak mengincar para pengguna kartu kredit bisa juga menimpa kita sebagai calon investor. Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada dan berhati-hati. Jangan sembarangan memasukkan data diri pada laman-laman yang tidak Anda yakini keamanannya.

  1. Cek Keamanan Situs Investasi Online

Saat mencari tahu cara kerja penyedia layanan investasi online, perhatikan juga keamanan situs tempat Anda berinvestasi. Perhatikan apakah alamat situsnya mencurigakan atau tidak, dengan cara apakah terdapat simbol lock atau gembok di bagian paling kiri atau tidak. Jika ada, maka situs investasi online tersebut tergolong aman atau “secure”. Namun jika tidak ada, Anda wajib waspada.

  1. Cek Tempat Mengakses Situs Reksadana Online

Cara investasi online yang aman selanjutnya adalah, saat melakukan investasi online, sebisa mungkin jangan menggunakan komputer dan jaringan internet umum untuk masuk dan mengakses situs atau aplikasi investasi online. Jika terpaksa, segera logout dan bersihkan history serta clear cookies/cache browser

  1. Cek Penggunaan Browser

Perhatikan hal-hal kecil seperti mengganti kata sandi secara berkala, penggunaan antivirus, dan pastikan bahwa setiap transaksi berinvestasi ada password/OTP/PIN/Token yang harus Anda masukkan. Semua hal ini perlu dilakukan agar semua data Anda tetap aman dan terjaga.

Itulah beberapa informasi terkait cara investasi online yang aman yang bisa Anda terapkan. Untuk mendukung aktivitas investasi Anda, Anda bisa gunakan perangkat yang mendukung seperti Acer Travelmate P214. Laptop Acer Travelmate P214  merupakan salah satu laptop Acer yang didukung dengan keamanan tingkat tinggi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM). TPM merupakan sebuah chip di motherboard laptop yang akan memberikan keamanan lebih pada perangkat keras laptop. Pada Acer Travelmate P214 TPM yang digunakan Versi TPM 2.0 dengan versi ini dapat membantu pengguna untuk melindungi berbagai macam hal seperti kredensial pengguna, file enkripsi, dan juga data-data penting serta sensitif lain, sehingga apabila ada penjahat cyber yang memberikan malware ke dalam laptop, data-data akan tetap terlindungi dan tidak akan bisa di akses oleh pihak lain. 

Acer Travelmate P214 Memiliki daya tahan berstandar militer dan keamanan tingkat tinggi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM) & pemindai sidik jari. Acer Travelmate P214 juga didukung Prosesor hingga Intel® Core i7, memori hingga 32GB DDR4, memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1TB SSD M.2 NVME / 1TB HDD, Intel Wireless Wi-fi 6 AX201, Resolusi 14″ HD (1366×768) / 14″ FHD (1920×1080) dan daya tahan baterai hingga 13 jam. Selain Acer Travelmate P214, Anda juga bisa melihat produk Acer lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa cek dengan klik tautan berikut

Kontak Acer