Cara Acer Memberikan Solusi Melalui Teknologi IoT Image

Cara Acer Memberikan Solusi Melalui Teknologi IoT

Time 10 Feb 2021  |  By Acer Indonesia

Teknologi Internet of Things (IoT) berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. IoT adalah sistem terhubung dan terintegrasinya perangkat yang bertujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus dan Acer turut memberikan teknologi IoT tersebut.

 

Sejak 2019, Acer sudah memperkenalkan solusi teknologi IoT di Tanah Air, antara lain Smart Water, Smart Agriculture, Digital Signage. Solusi ini menghubungkan beberapa perangkat yang terintegrasi jaringan untuk memberikan informasi real time sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan membuat hidup lebih mudah.

 

Solusi IoT yang disiapkan Acer menjadi bentuk kesiapannya sebagai perusahaan teknologi dalam menyambut era industri 4.0. Teknologi IoT juga bisa membantu perusahaan dan pemerintah mewujudkan Smart City dengan membuat kota semakin nyaman, aman, efektif, dan efisien, serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut cara Acer memberikan solusi melalui teknologi IoT, simak rangkaiannya berikut ini.

 

 

Smart Water

 

Solusi Smart Water memberikan kebebasan pada perusahaan dan pemerintah dalam mengelola ketersediaan air minum. Solusi ini menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar.

 

Pada tingkat rumah tangga, solusi ini memberikan fitur pelaporan real time mengenai pemakaian air. Pemanfaatan Smart Water sudah diimplementasikan oleh perusahaan agribisnis lokal di Kaohsiung, Taiwan. Implementasi tersebut mampu meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibandingkan sebelum menerapkan solusi Smart Water.

  

Acer Smart Water terdiri dari beberapa rangkaian teknologi. Pertama, Water Quality yang merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap peraturan pemerintahan mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar.

 

Kedua, Water Flow System sebagai solusi untuk memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industri atau kawasan. Ketiga, Water Meter sebagai solusi dengan teknologi wireless LORA yang memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air tanpa kabel sehingga mudah dipantau.

 

Smart Agriculture

 

Solusi Smart Agriculture bisa membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen. Cara kerjanya dengan memberikan data cuaca, kondisi tanah, waktu tanam, dan waktu panen yang tepat. Smart Agriculture juga memberikan solusi dalam membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.

 

Baca juga: Bagaimana Acer dan AI Membawa Perubahan Bisnis di Era Digital?

 

Digital Signage

 

Cara-Acer-Memberikan-Solusi-Melalui-Teknologi-IoT-Image 

 

Digital Signage menjadi salah satu solusi strategi untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Digital Signage menjadi bentuk penyampaian informasi, iklan, dan pesan lainnya melalui jaringan media display elektronik. Biasanya menggunakan teknologi, seperti LCD, LED, TV plasma, atau proyektor untuk menayangkan konten di area publik.

 

Digital Signage memiliki berbagai keuntungan. Pertama, meningkatkan engagement. Digital Signage mendukung konsep periklanan kreatif dan eye-catching untuk menarik minat konsumen. Kedua, komunikasi visual lewat solusi Digital Signage bisa menciptakan pengalaman konsumen lebih baik sehingga meningkatkan peluang penjualan.

 

Ketiga, menghemat waktu dan budget untuk update konten. Konten Digital Signage dapat diubah berkali-kali dalam sehari dalam waktu singkat, karena menggunakan CMS (Content Management System) yang berbasis cloud, dapat dikelola dari jarak jauh kapan saja dan di mana saja.

 

Baca juga: Kenali Tren Inovasi Digital Signage yang Digunakan Acer 

 

Teknologi IoT di Indonesia sudah harus berjalan karena revolusi industri 4.0 sudah ada di depan mata. Dengan bantuan teknologi, Indonesia bisa mengejar produktivitas negara-negara yang sudah menggunakan teknologi IoT.  Dibutuhkan kolaborasi antara swasta, pemerintah, dan penyedia solusi dalam komponen Smart City. Acer sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju Smart City.

Kontak Acer