Bentuk dan Contoh Content Marketing Untuk Bisnis Image

Bentuk dan Contoh Content Marketing Untuk Bisnis

Time 25 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Content

 

Untuk melakukan lead generation yang maksimal, dibutuhkan content marketing unik dan bisa menarik perhatian target pembeli. 

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan konten untuk brand, dengan menggunakan internet sebagai platform utamanya.

Apakah Anda tahu apa saja bentuk content marketing yang banyak digunakan oleh content creator? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut!

 

Baca juga: Strategi Membuat Content Marketing yang Menarik

 

Apa Itu Content Marketing

Majalah Forbes mendefinisikan content marketing sebagai strategi marketing dalam membuat dan membagikan konten yang unik, relevan, dan konsisten, dengan tujuan menarik perhatian audiens mereka.

Sementara itu, menurut Neil Patel, seorang ahli content marketing asal Inggris, berpendapat kalau content marketing dapat digunakan sebagai media membangun relasi yang kuat dengan para audiens untuk waktu yang lama. 

Itulah mengapa, dalam content marketing, sebuah konten mesti dibuat dan dibagikan sesuai kebutuhan audiens, agar tercipta kedekatannya dengan brand terkait.

 

Bentuk dan Contoh Content Marketing

Content marketing memang penting untuk memasarkan brand Anda. Tapi, kira-kira konten seperti apa yang harus dibuat untuk menarik perhatian para audiens? 

Ini dia beberapa bentuk dan contoh content marketing, yang mungkin bisa memberikan inspirasi buat Anda.

Blog

Blog adalah media yang tepat untuk membuat konten dan membagikannya kepada orang lain. Bentuk konten yang bisa diunggah tentu saja adalah artikel yang informatif, relevan dengan brand dan audiens Anda.

Agar artikel dan blog Anda mudah ditemukan, Anda harus menerapkan SEO yang benar. SEO dan content marketing adalah dua hal yang saling mendukung dan bisa membuat konten Anda mendapatkan visibilitas yang baik di laman mesin pencarian.

Jika Anda berhasil menerapkan strategi SEO yang baik, maka trafik pengunjung blog Anda juga akan meningkat pesat. 

Desain UI dan UX blog juga harus diperhatikan. Pastikan blog Anda mobile friendly alias mudah diakses melalui smartphone. Ini karena kebanyakan pengguna internet mengakses dunia maya dari genggaman mereka. Pastikan blog Anda punya waktu loading yang cepat dan tidak banyak gangguan.

Video dan Vlog

Perlu konten yang lebih atraktif, interaktif, dan menghibur? Anda bisa membuat video atau vlog yang diunggah ke media sosial seperti Instagram, YouTube, atau TikTok. 

Konten berbentuk video jauh lebih menarik minat audiens, apalagi jika berisi sesuatu yang sesuai dengan minat, hobi, atau kebutuhan mereka.

Perhatikan kualitas konten yang Anda unggah. Jangan asal membuat konten video atau vlog, hanya untuk menarik perhatian saja. Konten yang kurang berkualitas akan menciptakan citra atau image buruk buat brand Anda. Jika ini terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin semakin sulit buat Anda untuk memperbaikinya.

 

Baca juga: 8 Cara Membuat Podcast untuk Bisnis

 

Podcast

Bentuk konten yang tidak kalah populer belakangan ini adalah podcast. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan podcast, bukan?

Jika audiens Anda adalah masyarakat kota besar yang sibuk dengan segudang aktivitas padat, Anda bisa melakukan promosi brand melalui podcast. Podcast bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja, bahkan di sela-sela aktivitas seperti saat dalam perjalanan, menunggu antrian, dan masih banyak lagi.

Podcast juga tidak menuntut pendengarnya untuk selalu terpaku pada layar, jadi cocok banget nih untuk audiens yang tidak punya banyak waktu untuk bermain dengan smartphone mereka.

Masih banyak lagi bentuk dan contoh content marketing yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan brand

Tidak ada jenis konten yang lebih baik satu dibanding dengan yang lain, karena semuanya tergantung pada kebutuhan, tujuan, dan audiens Anda. 

Jadi sebelum memutuskan untuk membuat konten tertentu, pastikan Anda sudah melakukan riset mendalam.

Kontak Acer