Apa Itu API? Berikut Jenis hingga Contoh Penggunaannya Image

Apa Itu API? Berikut Jenis hingga Contoh Penggunaannya

Time March 27, 2023  |  By Acer Indonesia

Dalam pemrograman, dikenal istilah API yang saat ini banyak digunakan untuk membangun aplikasi atau software modern. Adanya API dapat memudahkan para software developer untuk mengintegrasikan fungsi atau layanan antara satu aplikasi dengan aplikasi lain. Namun, sebenarnya apa itu API dan apa kepanjangannya?

Apa Itu API?

API adalah singkatan dari Application Programming Interface, yang merupakan satu set protokol, tools, dan aturan standar yang digunakan untuk membangun aplikasi software. API mengatur secara spesifik bagaimana komponen software yang berbeda dapat berinteraksi satu sama lain, sehingga memungkinkan berbagai aplikasi yang berbeda untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Misalnya, sebuah Web API dapat memungkinkan berbagai aplikasi web untuk saling berkomunikasi melalui jaringan internet.

API menjadi komponen penting pada pembangunan software modern karena memudahkan developer dalam membuat aplikasi baru. Developer dapat memanfaatkan API untuk membuat proses pembangunan software menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, API juga dapat meningkatkan user experience suatu aplikasi dengan mengintegrasikan berbagai fungsi maupun tools ke dalam satu aplikasi yang sama.

Kegunaan API

API memiliki beberapa kegunaan dan fungsi yang dapat dimanfaatkan, antara lain:

1. Menciptakan aturan standar untuk komunikasi antar aplikasi

Fungsi API yang pertama yakni dapat menciptakan aturan standar yang mengatur bagaimana aplikasi satu dengan aplikasi lainnya dapat saling berkomunikasi dan bertukar data. Apa saja komponen yang dibutuhkan dan bagaimana cara komunikasinya diatur dalam API, sehingga proses komunikasi bisa lebih konsisten dan terjadinya error dapat lebih dikurangi.

2. Dapat digunakan kembali untuk aplikasi baru

Ketika developer ingin membuat aplikasi baru, mereka bisa membuat aplikasi dengan lebih cepat karena dapat memanfaatkan kodingan API yang sudah ada. Kodingan API ini umumnya terdiri atas satu set fungsi dan layanan yang bisa digunakan berulang kali untuk beragam aplikasi yang berbeda. Sehingga developer dapat lebih menghemat waktu dan tenaga.

3. Dapat didesain untuk skalabilitas

API dapat didesain untuk skalabilitas, artinya API dapat dikembangkan terus menerus untuk mencapai skala yang lebih besar lagi nantinya. Dengan begitu, developer dapat menambahkan berbagai fitur baru dengan mudah pada API.

4. Dapat menjamin keamanan data

API memiliki fungsi security yang dapat menjamin keamanan data yang ditransfer antar aplikasi dengan menggunakan authentication dan encryption. API juga dapat melindungi data dari adanya akses tidak dikenal untuk menghindari kebocoran data.

Jenis API

Terdapat beberapa jenis API yang dapat digunakan tergantung kebutuhan spesifik yang diperlukan developer, antara lain:

  • Web API
  • Operating System API
  • Database API
  • Messaging API
  • Payment API
  • Artificial Intelligence atau Machine Learning API

Cara Kerja API

Cara kerja API adalah dengan mendefinisikan aturan, protokol, serta tools yang dibutuhkan bagi setiap komponen aplikasi untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi. Ketika ada sebuah aplikasi yang ingin mengakses informasi atau berkomunikasi dengan aplikasi lain melalui API, langkah-langkah yang terjadi adalah sebagai berikut:

Contoh Penggunaan API

Terdapat beragam contoh penggunaan API yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaan API di antaranya yaitu:

1. Social Media API

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menyediakan API yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi baru ataupun menambahkan fitur pada aplikasi yang sudah ada untuk dapat berkomunikasi dengan media sosial tersebut. Contohnya yaitu aplikasi Spotify yang saat ini telah memiliki fitur untuk memungkinkan penggunanya membagikan musik yang sedang didengarkan melalui Twitter maupun Instagram Story.

2. Google Maps API

Google Maps API memungkinkan developer untuk mengambil data dari Google Maps dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi mereka. Contohnya seperti aplikasi ojek online seperti Gojek atau Grab.

3. Payment API

Payment API banyak digunakan oleh aplikasi yang menyediakan fitur pembayaran, contohnya yaitu e-commerce. Developer aplikasi e-commerce akan menggunakan payment API dari berbagai aplikasi payment, untuk memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui berbagai jenis payment.

Itu dia penjelasan tentang apa itu API, jenis, cara kerja, hingga contoh penggunaannya. Pada intinya, API menyediakan jalan bagi para software developer untuk bisa membangun aplikasi baru, maupun menambahkan fitur pada aplikasi yang sudah ada untuk bisa mengintegrasikan aplikasi tersebut dengan berbagai fungsi dan layanan dari aplikasi lain. Sehingga mereka tidak perlu membangun semua fitur dari scratch atau dari awal.

Selain social media, API juga digunakan pada aplikasi penyedia solusi keamanan cyber atau cyber security. API cyber security dapat digunakan oleh para software developer untuk diintegrasikan pada aplikasi buatan mereka sebagai fitur keamanan tambahan. Cyber security merupakan sistem untuk melindungi komputer, jaringan, dan data dari serangan siber atau cyber attack

Cyber attack dapat berupa akses ilegal dari pihak tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk mengambil data-data pribadi pada suatu software. Dengan menggunakan sistem cyber security, data-data pribadi yang tersimpan dalam software akan lebih terjaga keamanannya. Salah satu solusi cyber security yang dapat digunakan oleh para software developer untuk fitur keamanan pada aplikasi buatan mereka adalah Acer Cyber Security.

Acer Cyber Security merupakan solusi keamanan siber yang berguna untuk mencegah data dari ancaman bahaya dan kebocoran data. Layanan Acer Cyber Security ini meliputi Security Operation Center (SOC), Security Intelligence, Security Audit Services, Cyber Security Health Check, Vulnerability Assessment, Penetration Test, dan Social Engineering

Dengan Acer Cyber Security, keamanan aplikasi akan menjadi jauh lebih terjamin dan data-data penting dalam aplikasi dapat terlindungi dari serangan cyber yang membahayakan. Bagi Anda yang membutuhkan fitur keamanan pada aplikasi buatan Anda, Acer Cyber Security dapat menjadi solusi terbaik yang Anda butuhkan.

Kontak Acer