Alternatif Aplikasi Chat Dengan Privasi Tinggi Selain Telegram dan WhatsApp Image

Alternatif Aplikasi Chat Dengan Privasi Tinggi Selain Telegram dan WhatsApp

Time 09 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

Aplikasi Chat

Chatting kini sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Begitu banyak data pribadi yang dipertukarkan di dalam chat, sehingga keamanan menjadi aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih aplikasi chat yang akan digunakan.

Tidak dapat dipungkiri, Telegram dan WhatsApp menjadi dua aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. 

Padahal selain kedua aplikasi tersebut, masih ada banyak aplikasi chatting lain yang bisa digunakan dan mampu menjamin keamanan data Anda. Apa saja aplikasi tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

1. Signal

Signal menjadi aplikasi alternatif pertama yang bisa Anda gunakan. Buat Anda yang ingin menggunakan aplikasi bebas dari targeting iklan, maka ini bisa jadi pilihan terbaik.

Aplikasi perpesanan ini menitikberatkan fokus mereka pada privasi sejak diluncurkan kali pertama tahun 2014. Tagline yang diusung adalah “Say Hello to Privacy” dengan memberikan layanan enkripsi seperti yang ada pada aplikasi WhatsApp.

Elon Musk, CEO dari Tesla dan SpaceX bahkan menyebut Signal sebagai aplikasi yang paling aman di dunia. Signal tidak meminta data pribadi penggunanya seperti pesaing mereka. Selain itu, aplikasi ini juga tidak mengirim data cadangan ke cloud sehingga semua pesan yang dipertukarkan dalam aplikasi tetap aman di dalam handphone Anda.

Aplikasi ini sepenuhnya didanai oleh hibah dan donasi, sehingga tidak perlu khawatir data Anda akan diperjualbelikan. Anda juga tidak dimintai data pribadi apapun selain nomor telepon.

 

2. Threema

Jika Anda adalah orang yang sangat mengedepankan privasi dan keamanan data, Threema memiliki fitur yang menjamin hal tersebut. Aplikasi ini mengenkripsi semua data Anda termasuk pesan, file, hingga pembaruan status. Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan menawarkan banyak opsi untuk cadangan terenkripsi.

Sayangnya, Threema tidak memiliki fitur panggilan video dan panggilan suara. Aplikasi ini bersifat open source dengan kebijakan privasi transparan. Perlu diketahui bahwa Threema merupakan aplikasi berbayar. Namun jaminan keamanan yang diberikan sepadan dengan harga yang Anda bayar.

 

3. LINE

LINE sudah lama menjadi saingan berat WhatsApp. Secara tampilan, LINE bisa dikatakan gabungan dari Facebook dan WhatsApp. Tidak hanya bertukar pesan, Anda juga bisa melihat status teman sekaligus memberikan komentar. LINE juga memiliki fitur panggilan video dan suara yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Tentu saja LINE juga menjamin keamanan penggunanya dan tidak meminta data pribadi yang dapat diperjualbelikan.

 

Baca Juga: 9 Kisah Sukses tentang Strategi Branding yang Klasik Tapi Tetap Relevan di Era Digital

 

4. Silence

Silence punya sebutan lain yang tidak kalah populer yaitu SMS Secure. Meskipun kini SMS sudah tidak banyak digunakan, aplikasi ini menawarkan keamanan tinggi sehingga menarik minat banyak pengguna yang mengkhawatirkan keamanan data mereka.

Ini merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan secara gratis. Uniknya, penerima pesan tidak harus menginstal aplikasi yang sama untuk bisa membaca pesannya. Silence mengadopsi cara kerja yang mirip dengan SMS sehingga Anda tetap bisa menggunakannya tanpa koneksi internet sekalipun. Artinya, Anda juga tidak perlu membuat akun khusus dan memberikan data pribadi kepada pemilik aplikasi.

 

5. Viber

Terakhir ada Viber, aplikasi yang juga menawarkan enkripsi end-to-end. Anda bisa menggunakan Viber di berbagai platform seperti Windows, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Viber menggunakan kode warna untuk tingkat proteksi pada pesan Anda. Abu-abu berarti pesan Anda terenkripsi, hijau untuk menunjukkan pesan yang sangat terenkripsi, serta merah yang menunjukkan isu pada otentikasi.

Isu keamanan data selalu menjadi topik yang selalu dibahas di masa modern ini. Oleh karena itu, sebagai pengguna harus bijak dan teliti dalam memilih aplikasi, jangan sampai data Anda berada di pihak yang tidak bertanggung jawab dan disalahgunakan.

Kontak Acer