Acer Manufacturing Indonesia: Sejarah, Ruang Lingkup, Lini Perangkat Image

Acer Manufacturing Indonesia: Sejarah, Ruang Lingkup, Lini Perangkat

Time 05 May 2021  |  By Acer Indonesia

Acer Indonesia sebagai salah satu merek teknologi terdepan yang unggul dengan inovasi, menekankan komitmennya untuk selalu menghadirkan produk terbaru yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan para pelanggannya. Untuk dapat memenuhi keberagaman permintaan pelanggan tersebut, Acer Indonesia selaku principal telah memiliki fasilitas perakitan produk sendiri di Tanah Air yang dikelola oleh Acer Manufacturing Indonesia (AMI), dan telah beroperasi sejak tahun 2012.

 

Selama hampir 10 tahun beroperasi, AMI telah memiliki banyak pengalaman untuk melakukan perakitan produk Acer yang berkualitas. Konsistensi dan komitmen untuk perakitan produk menjadi keunggulan tersendiri bagi AMI, sehingga produk yang dihadirkan dapat diterima oleh pasar dan pelanggan Indonesia.

 

Kemampuan ini juga didukung dengan sertifikasi ISO yang diperoleh AMI. Beberapa sertifikasi ISO telah memberikan keyakinan pada pelanggan atas produk yang dirakit di AMI yakni sertifikasi ISO 9001 yang menekankan komitmen memenuhi kebutuhan pelanggan melalui mutu dan peningkatan, ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan, dan ISO 45001 untuk manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. 

 

Produk-produk yang dirakit oleh AMI  juga telah melewati standarisasi uji internasional sehingga para pelanggan bisa menikmati dan memanfaatkan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka, disertai dengan rasa aman dan nyaman saat menggunakannya. Hadirnya produk-produk berkualitas tersebut menempatkan posisi Acer sebagai merek yang dapat diandalkan melalui berbagai rangkaian produk tangguh dengan penghargaan Top Brand selama 14 tahun berturut-turut. 

 

Hal tersebut diwujudkan melalui jaringan layanan purna jual yang dapat ditemui di 102 lokasi, di 34 provinsi di Indonesia. Dilengkapi dengan keberadaan layanan Acer Contact Center dengan tarif lokal 1500-155, juga layanan melalui media sosial selama 24 jam setiap harinya. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas Acer dan juga dibuktikan melalui penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 11 tahun berturut-turut untuk dukungan layanan purna jual terbaik.

 

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Acer Manufacturing Indonesia, mari simak profil, ruang lingkup, dan lini produk Acer di bawah ini.

 

Sejarah Acer Manufacturing Indonesia

 

Acer Manufacturing Indonesia

 

Dengan pengalaman hampir 10 tahun beroperasi, Acer Manufacturing Indonesia melakukan proses perakitan produk dengan melibatkan kandungan lokal.

 

Sejak didirikan di Indonesia pada 2012, Acer Manufacturing Indonesia memiliki tujuan untuk selalu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Brand ini percaya bahwa semakin banyak akses masyarakat dengan teknologi, akan semakin baik.

 

Harus diakui, Acer sebenarnya bukan sekadar sebuah perusahaan teknologi, tapi juga pionir kecepatan teknologi. Semangatnya dapat mendorong orang untuk memicu rasa ingin tahu, lalu bereksplorasi, berkreasi, hingga menciptakan penemuan baru dengan produk yang disediakan.

 

Semangat itu yang membuat Acer memperluas pasar ke seluruh dunia, termasuk market Indonesia. Produsen dan merek laptop asal Taiwan ini pun terus selalu berupaya untuk menghadirkan produk yang tepat. 

 

Baca juga: TravelMate P248, Rekan Kerja yang Mengerti Kebutuhan Pebisnis

 

Ruang Lingkup Acer Manufacturing Indonesia

 

PT Acer Manufacturing Indonesia

 

Perangkat Acer dapat membantu orang menemukan passion mereka lebih cepat, lebih baik, dan lebih aman. Hal tersebut tak lepas dari alur kerja dan hasil cakupan kerja yang dilakukan Acer Manufacturing Indonesia.

 

Alur kerja Acer Manufacturing Indonesia berawal dari Work Order Issue, yang salah satunya bisa berasal dari riset pasar. Work Order tersebut kemudian masuk dalam rencana produksi atau Production Plan yang sudah disusun, mulai dari material hingga pengemasan. Rencana produksi tersebut direalisasikan, mulai dari Material Receiving from Warehouse atau penerimaan bahan dari gudang penyimpanan.

 

Kemudian, masuk ke tahap Rework Process, yaitu proses pengerjaan ulang, seperti merakit komponen yang sudah ada menjadi perangkat baru. Hasil produksi yang sudah selesai kemudian masuk tahap Quality Control (QC). Jika produk akhir telah memenuhi persyaratan dan standar kualitas yang ditetapkan, tahap pengemasan (packing) pun dilakukan hingga kembali masuk ke warehouse untuk proses distribusi.

 

Alur kerja di atas mencakup bagian-bagian produksi di Acer Manufacturing Indonesia. Berikut diantaranya:

 

  1. Z-Box Assembly: Perakitan Desktop, mulai dari rangka sampai menjadi barang Finished Goods.

  2. Dismantle & Add-On Parts: Pekerjaan ini menambah atau mengubah komponen utama dari perangkat yang diproduksi.

  3. Operating System Installation: Pekerjaan menambah atau mencopot Operating System Komputer.

  4. Kitting: Pekerjaan memasukan komponen tambahan ke dalam packaging Komputer

  5. Others: Pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan Accessories, Quality Control, dan sebagainya.

 

Lini Produk Acer

 

acer indonesia

 

Melalui Acer Manufacturing Indonesia, perusahaan ini terus berusaha untuk merancang produk-produk yang ramah lingkungan, sesuai kebutuhan, dan tepat sasaran. Tak heran jika perangkatnya mendukung pendidikan, hiburan, multimedia, bisnis, dan teknologi informasi. Seakan, masyarakat dibuat bahagia dengan gaya hidup modern berkat perangkatnya.

 

Dari hasil Acer mendengarkan dengan cermat apa yang diinginkan pengguna, berikut beberapa lini produk Acer yang bisa dimanfaatkan dalam mempermudah aktivitas sehari-hari.

 

1. Notebook

 

Notebook Acer hadir sebagai solusi bagi pengguna yang membutuhkan sebuah laptop yang kuat, serta mudah untuk dibawa dari satu tempat ke lainnya. Dengan keunggulan dari fleksibilitasnya, lini Notebook Acer makin digemari karena dibekali berbagai fitur canggih di dalamnya yang mendukung produktivitas dan keamanan data.

 

Ditambah, ketahanan baterai dan layar yang dibekali ComfyView membuat pengguna nyaman ketika memakainya dalam waktu yang lama. Menawarkan performa tangguh, Notebook Acer menjadi solusi perangkat untuk para pendidik, pelajar, pebisnis, hingga pembuat konten.

 

Beberapa lini Notebook Acer, di antaranya Swift Series untuk Anda yang butuh laptop ringan dan tipis, Enduro Series untuk pekerja lapangan dengan mobilitas tinggi dan medan ekstrem, TravelMate Series untuk para pelajar, Spin untuk Anda yang menginginkan notebook dan tablet dalam satu perangkat, Aspire yang cocok untuk pengguna kasual, Predator Series untuk para gamer sejati, dan Acer Chromebook untuk yang lebih sering menggunakan web.

 

Menariknya, beberapa lini produknya mengedepankan perpaduan antara estetika desain dan teknologi yang tentunya memudahkan siapa saja untuk tampil stylish sekaligus tetap mobile dan produktif.

 

Baca juga: Seberapa Penting Server untuk Sebuah Bisnis?

 

2. Desktop PC

 

Desktop PC yang diproduksi Acer mendobrak pandangan jika desktop hanya bisa dipakai oleh orang yang melek teknologi dan harga terbilang mahal. Acer pun menjawab kebutuhan semua kalangan untuk bisa menikmati komputer desktop bahwa perangkat dengan spesifikasi tinggi tidak harus berharga mahal.

 

Untuk para pebisnis, seperti pelaku retail atau pemilik toko, bisa memanfaatkan teknologi dari Aspire XC Series. Seri desktop PC ini memiliki spesifikasi tinggi untuk untuk mengolah data. Bisa juga digunakan sebagai pusat data atau server jika Anda mempunyai bisnis yang cukup besar.

 

Ada juga lini ConceptD untuk para konten kreator tingkat tinggi atau profesional. Desktop PC ini juga dirancang untuk kebutuhan editing video, CAD, dan aplikasi model 3D lainnya.

 

3. Mini PC

 

Mini PC adalah komputer yang dirancang dalam ukuran kecil, dilengkapi dengan teknologi ‘legacy-free‘ terbaru, dan konektivitas modern. Menariknya, Mini PC juga dapat menjadi pemanis ruangan, bahkan tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpannya.

 

Salah satunya, ada Acer Revo L yang memiliki fleksibilitas tertinggi. Perangkat ini mampu berdiri dengan stand, diselipkan di bawah HDTV 50-inci kesayangan Anda, atau ditambatkan di belakang layar. Didukung pula dengan kartu grafis Intel HD, memori RAM hingga 8GB, dan penyimpanan harddisk hingga 1TB. Untuk konektivitas, Acer Revo L dilengkapi Wi-Fi, USB 3.0, HDMI, Gigabit Ethernet, dan Bluetooth 4.0, tidak lupa 5.1-channel Dolby Home Theater serta Blue-ray.

 

Ada juga Acer Veriton yang bentuknya kecil dan stylish. Dengan berat 1 kg, perangkat ini cukup tahan banting. Memiliki fitur konektivitas yang sama dengan desktop pada umumnya, Mini PC ini juga mendukung fungsi kunci Kensington untuk menjaganya dari kemungkinan pencurian.

 

Baca juga: Veriton Z4: PC All-in-One yang Menjawab Segala Kebutuhan Bisnis

 

4. All in One PC

 

Acer juga memiliki inovasi menggabungkan dua perangkat teknologi andalan semua aktivitas. PC dan layar monitor dibuat satu menjadi All in One (AIO) PC. AIO PC adalah komputer dengan komponen CPU yang sudah tertanam langsung di layar monitor sehingga menghasilkan ukuran yang ringkas. Hebatnya, AIO PC ini memiliki daya konsumsi energi yang rendah dengan performa lebih baik.

 

Salah satunya, Aspire C-Series, tipe perangkat all-in-one yang populer sejak 2019. Dirancang untuk menghemat ruang yang dibutuhkan bagi pengguna PC, perangkat ini didukung Intel Core generasi ke-10 dan pilihan grafik NVIDIA GeForce MX130. Fitur-fitur yang modern membuat All in One PC ini layak Anda perhitungkan sebagai perangkat pendukung aktivitas harian.

 

5. Server

 

Server adalah sumber dari segala aktivitas PC client. Maka dari itu, server biasanya digunakan pada perusahan, karena memudahkan segala hal yang berkaitan dengan kinerja. Kini, para pebisnis tidak perlu khawatir lagi akan masalah koneksi jaringan server, karena ada Acer Server Management.

 

Acer Server Management memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan server. Menariknya, setiap server Acer telah dilengkapi software Acer Smart Console yang memungkinkan Anda mengatur hingga 250 perangkat fisik dan virtual pada saat bersamaan.

 

Kemudian ada Altos. Solusi teknologi server terbaru di Indonesia dari Acer ini jadi pilihan terbaik bagi perusahaan dari kelola pengelolaan Big Data. Solusi teknologi Altos menghadirkan lini lengkap server mulai dari low end hingga high end. Contohnya, cluster server AW2000 dengan 4 node server dalam 1 chassis, memberikan kepadatan server dua kali lipat dalam satu data center dibanding dengan server konvensional. Dengan lebih banyak server dalam data center, pengguna mendapatkan performa jauh lebih tinggi dengan konsumsi daya listrik yang lebih efisien.

 

Baca juga: Mengenal Jajaran ConceptD Series yang Dirancang untuk Kreator

 

Acer senantiasa mewujudkan keingintahuan dari setiap ide inovatif dan imajinasi yang membuat pikiran terbuka untuk dunia dan ide-ide baru. Dari masalah yang ada, Acer melihatnya sebagai kesempatan untuk lebih memahami kebutuhan yang selalu berubah dari manusia yang terus mendambakan kecanggihan teknologi, dan Acer Manufacturing Indonesia bisa mewujudkannya.

Kontak Acer