Acer e-Ticketing Solution untuk Membuat Jakarta Lebih Nyaman Image

Acer e-Ticketing Solution untuk Membuat Jakarta Lebih Nyaman

Time 26 Sep 2017  |  By Acer Indonesia

Dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Jakarta mempunyai transportasi umum yang paling memadai. Tidak hanya itu, walaupun banyak daerah yang macet, transportasi umum di Jakarta sangat banyak digunakan sebagai solusi mengatasi kemacetan. Ketika jarak Tangerang dan Jakarta yang cukup jauh, bisa ditempuh hanya dengan waktu 1 jam menggunakan kereta.

 

Tetapi di balik rapinya alat transportasi umum di Jakarta, ada sedikit masalah yang muncul yaitu sistem ticketing yang agar ribet. Walaupun hampir semua menggunakan cashless, tetapi tidak semua alat transportasi di Jakarta ini terintegrasi satu sama lain. Misal, kamu tidak bisa menggunakan kartu yang sama untuk naik KRL dan Trans Jakarta. Memang ada 1-2 kartu yang bisa digunakan untuk semua alat transportasi, tetapi tidak terpusat inilah yang membuat sistem ticketing ini agak semrawut.

 

Berangkat dari masalah itu, Acer mengeluarkan produk terbaru bernama Acer e-Ticketing Solution yang mengintegrasikan seluruh masalah tiket transportasi yang ada di Jakarta. Tidak hanya itu, Acer e-Ticketing Solution ini bisa terhubung dengan sistem Acer Smart Parking, yang bisa terkoneksi ke seluruh gedung perkantoran ataupun pusat perbelanjaan di Jakarta.

 

Integrasi Seluruh Transportasi di Jakarta

 

Integrasi Transportasi

 

Salah satu kunci dari Acer e-Ticketing Solution adalah integrasi seluruh alat transportasi. Mulai dari Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), bus, kapal Ferry sampai tempat parkir akan terintegrasi hanya dengan 1 kartu. Jadi setiap orang tidak perlu membawa 4-5 kartu sekaligus, dengan begitu, antrean yang terjadi di pintu masuk akan segera teratasi karena masyarakat tidak perlu ribet untuk mengisi atau menggonta-ganti kartu.

 

Sistem yang Kuat

 

Sistem Acer E-Ticketing Solution

 

Acer e-Ticketing Solution ini bukan sistem yang tidak memiliki pondasi yang kuat. Acer e-Ticketing Solution ini sudah mempunyai rencana yang besar jika diterapkan di Jakarta. Pertama sistem akan terbagi menjadi 3, yaitu Stadion Processing System (SPS) yang berfungsi untuk mengamati sistem paling luar. Misal, jika terjadi masalah ticketing, kartu rusak atau pun pembobolan maka alarm SPS akan menyala.

 

Lalu ada Device Monitoring System (DMS) yang lebih memonitor back-end dari alat-alat Acer e-Ticketing Solution. Bayangkan sistem ini akan dipasang di setiap stasiun kereta ataupun bus, jadi pengecekan tidak bisa dilakukan secara manual. Dengan DMS, pengecekan akan dilakukan secara otomatis melalui sistem.

 

Terakhir, ada Company Processing System (CPS) yang lebih mengarah ke analisis dan laporan yang dihasilkan selama sistem berjalan. Ini akan berfungsi sebagai penyelenggara untuk menentukan harga tiket promo, menentukan sistem buka tutup jika terjadi antrean membludak, dan keputusan penting lainnya.

 

Menjadikan Jakarta Lebih Nyaman

 

Better Jakarta

 

Dengan menggunakan Acer e-Ticketing Solution akan membuat Jakarta lebih nyaman lagi dalam lingkupan transportasi umum. Adanya sistem integrasi, pembayaran bisa di bank mana pun dan juga sistem yang kuat, Acer e-Ticketing Solution akan membuat masyarakat Jakarta bisa nyaman ketika menggunakan transportasi umum.

 

Penasaran dengan detail Acer e-Ticketing Solution? Anda bisa datang ke acara Acer Solution Day yang mengambil tema “Reshaping Your Business through Digital Transformation” pada tanggal 26 September 2017 mendatang di Manhattan Hotel, Jakarta.

Kontak Acer