9 Peluang Bisnis di Bidang IoT Image

9 Peluang Bisnis di Bidang IoT

Time 25 Feb 2022  |  By Acer Indonesia

 IoT Bisnis

 

Internet of Things (IoT) terus berkembang pesat mempermudah pekerjaan manusia. Kondisi ini sangat berdampak pada bisnis. Kehadiran IoT telah membuka banyak peluang bisnis. 

Berikut ini kami bagikan 10 peluang bisnis di bidang IoT yang perlu Anda pertimbangkan.

 

Baca juga: Apa Saja Startup Lokal Indonesia di Bidang IoT?

 

  1. Teknologi Suara
    Perangkat IoT seperti Siri dan Alexa merupakan teknologi suara canggih untuk melakukan pencarian berkali-kali hingga tak terhitung jumlahnya. Area IoT satu ini diprediksi akan berkembang pesat di masa depan.
    Terlebih lagi, teknologi suara otomatis ini bisa digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan efektivitas. 
  2. Program Analisis
    IoT dimanfaatkan dalam sebuah software platform untuk bisnis, yang dapat mengubah data menjadi insight yang berharga. 
    Teknologi ini mungkin tercapai berkat sistem pintar, yang mengintegrasikan banyak hal; mulai dari historical data, hingga real-time data di operasional sebuah pabrik atau toko. 
    Program yang dijalankan dengan perangkat IoT mampu menangani data dalam jumlah besar. Misalnya kebutuhan aset produksi, biaya supply, hingga analisis tren bisnis di pasar regional.
  3. Area Monitoring
    Di konteks keamanan, IoT mampu meningkatkan keamanan dan melindungi aset dari akses ilegal orang tak bertanggung jawab. Misalnya, dengan penempatan kamera bersensor suara dan gerakan.
    Di area lain, pertanian dan peternakan misalnya, IoT dapat digunakan untuk menghitung dan mengidentifikasi jenis hewan. 
  4. Cybersecurity
    Segala sesuatu yang terhubung ke internet sangat rentan terhadap kejahatan siber (cybercrime). Di sisi lain, adanya IoT membuat semakin banyak perangkat terhubung ke internet.
    Kondisi yang bertolakbelakang tersebut membuka peluang baru di bidang cyber security. Terlebih lagi, ada pendapat mengatakan saat ini, perang tak lagi secara fisik melainkan cyber.

    Baca juga: Mengenal Smart Office dan Bagaimana Konsep Ini Mentransformasi Perusahaan

  5. Perumahan atau Real Estate 
    Properti masih menjadi primadona dalam investasi, dan juga memang kebutuhan dasar setiap manusia.
    Para developer properti saat ini pun semakin kreatif menarik minat pembeli. Salah satunya dengan menawarkan properti yang terintegrasi dengan perangkat IoT. Bahkan tak sedikit pula, kawasan pemukiman yang dilengkapi berbagai perangkat IoT.
    Fenomena ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk terjun sebagai provider perangkat IoT. Atau jika Anda memang seorang developer properti, dapat menambahkan IoT sebagai daya tarik.
  6. Bisnis Ritel
    Ketika smartphone terus menyempurnakan fitur pencarian lewat suara, maka akan semakin mudah orang untuk mencari informasi, termasuk mencari barang untuk dibeli.
    Hal itu telah ditunjukkan dengan adanya perangkat IoT seperti Alexa, Nest atau Siri. Makanya, tak heran jika banyak orang yang menggunakan perangkat IoT untuk berbelanja saat ini.
    Bagi pemilik bisnis ritel, kebiasaan baru ini menjadi channel pemasaran baru, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru.
  7. Manajemen Persediaan Barang
    IoT punya peran penting dalam meningkatkan manajemen persediaan barang bisnis ritel.
    Perangkat IoT dapat menyimpan dan melacak posisi barang, yang merupakan salah satu tugas penting dalam menjalankan bisnis ritel offline dan e-commerce. Lewat IoT, stok barang yang habis dapat dilacak secara otomatis, untuk kemudian melakukan pesanan stok pengganti. 
    Dari sini, bisa dikatakan bahwa IoT menciptakan efisiensi, menghemat ruang, dan menghemat anggaran bisnis. 
  8. Layanan Kesehatan Virtual
    Peluang IoT bisnis berikutnya datang dari sektor kesehatan. IoT dapat digunakan untuk perawatan medis jarak jauh. Dengan kata lain, IoT memungkinan dokter dan pasien terhubung secara virtual.
    Teknologi ini memudahkan dokter dalam memantau kondisi kesehatan pasien, khususnya di daerah terpencil. Juga memudahkan pasien mengakses layanan kesehatan kapan pun ketika mereka membutuhkannya. 
  9. Perawatan Lansia
    Peluang bisnis lainnya, dapat berupa perangkat IoT guna merawat lansia, atau pasien yang hidup sendiri di sebuah tempat.
    Perangkat IoT dapat dimanfaatkan untuk memastikan kebutuhan lansia atau pasien terpenuhi. Misalnya, kebutuhan stok makanan atau persediaan rumah tangga lainnya.
Kontak Acer