9 Masalah Umum Dalam Windows 11 dan Cara Mengatasinya Image

9 Masalah Umum Dalam Windows 11 dan Cara Mengatasinya

Time 05 Jan 2022  |  By Acer Indonesia

Setelah resmi dirilis pada Oktober 2021, sistem operasi terbaru milik Microsoft, yaitu Windows 11 mulai banyak digunakan. Sebuah survei yang dilakukan oleh AdDuplex pada awal Desember 2021 menyebutkan angka adopsi Windows 11 telah mencapai 8.9%. 

 

Selain promosi yang cukup gencar, beragam fitur terbaru pada Windows 11 memang menarik minat pengguna setia Windows untuk mencobanya. Salah satu fitur yang paling membuat penasaran tentu saja Fitur Auto HDR dan Direct Storage yang membuat pengalaman gaming menjadi jauh lebih baik. 

 

Namun, tidak sedikit pengguna Windows 11 yang mengeluhkan permasalahan pada sistem operasi baru ini. Meski demikian, kondisi tersebut masih cukup wajar mengingat Windows 11 masih dalam tahap awal perilisan yang membutuhkan banyak masukan untuk penyempurnaan.

 

Nah, bagi Anda yang sudah menggunakan Windows 11 dan menemukan sejumlah permasalahan, artikel ini telah mengumpulkan sejumlah masalah yang paling sering dikeluhkan pengguna dan solusinya. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita bahas masalah umum dalam Windows 11 dan cara mengatasinya.


Baca Juga: Review Windows 11: Sistem Operasi Terbaik Untuk Hybrid Working

 

 

  • Windows 11 Tidak Terinstall Karena Kapasitas Penuh

Agar dapat menginstal Windows 11, Microsoft menetapkan persyaratan minimum kapasitas penyimpanan komputer yakni 64GB. Jika hard drive komputer nyaris penuh, maka Anda dipastikan akan mengalami masalah dalam instalasi. 

 

Untuk mengatasi masalah ini caranya mudah, yang perlu dilakukan hanyalah mengurangi file yang ada pada C: drive. Langkahnya sangat mudah. Pertama, ketik “:Disk Clean-up” pada search box di taskbar dan pilih “C: drive”. Pilih file yang ingin dihapus kemudian klik OK. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak ruang lagi, klik “Clean Up System Files”. Setelah selesai, Anda bisa mengulangi lagi proses instalasi Windows 11 yang sebelumnya gagal.

 

  • Internet Lebih Lambat Setelah Instal Windows 11

Dalam laporan terbaru, sejumlah pengguna mengeluhkan internet yang lambat setelah menginstal Windows 11. Alasannya karena performa Wi-Fi mengalami penurunan. Microsoft mengaku telah mengetahui adanya permasalahan ini dan berjanji untuk memberikan penyelesaian pada update terbaru Windows 11. Nah, untuk solusi sementara, Anda bisa menggunakan dongle Wi-Fi untuk memperbaiki performa internet.

 

  • Fitur Search pada Start Menu Tidak Berfungsi

Sejumlah pengguna juga melaporkan fitur Start Menu Search yang tidak berfungsi. Microsoft juga telah mengetahui permasalahan ini dan akan melakukan perbaikan permanen. Untuk sementara, Anda bisa mengatasinya dengan klik Win+R. Ketika programnya muncul, Anda bisa langsung menutupnya. Melakukan hal tersebut ternyata efektif untuk mengatasi permasalahan pada search box.

 

  • Tampilan File Explorer Masih Sama Seperti Windows 10

Sejumlah pengguna yang telah melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 masih menemukan tampilan file explorer yang tidak berubah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

 

  • Tampilan File Explorer kemudian akan mengalami perubahan.

  • Aplikasikan pergantian dan File Explorer akan melakukan restart,
  • Pastikan box Launch Folder Windows tidak dicentang
  • Pilih Options dan Anda akan menemukan sebuah daftar,
  • Klik View pada bagian paling atas dari File Explorer taskbar,
  • Papan Widget Kosong

Papan Widget berfungsi untuk menyimpan aplikasi kecil dan akses cepat pada informasi seperti berita atau kegiatan pada kalender Anda. Sejumlah pengguna juga melaporkan papan widget yang kosong. Untuk mengatasi hal ini sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan sign out dan sign in kembali dengan mengklik icon pada pojok kanan atas papan widget.

  • Memori Penuh

Masalah pada memori juga dialami sebagian pengguna Windows 11. Alasannya karena aplikasi yang sudah tidak digunakan dan ditutup masih menggunakan RAM. Solusinya, buka Task Manager dan lakukan Restart File Explorer atau lakukan reboot.

 

  • Start Menu Tidak Dapat Dijalankan

 

Sebagian kecil pengguna Windows 11 juga menemukan bahwa Start Menu mereka tidak dapat digunakan. Jika masalah ini terjadi pada Anda, segera restart PC Anda. Caranya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

 

    • Tekan Windows Key + D
    • Tekan Alt + F4
    • Ketika jendela muncul, pilih Restart dan klik OK

 

 

Namun, jika masalahnya tetap muncul Anda harus menggunakan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dan System File Checker (SFC) tools. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

 

  • Tekan Windows Key + R untuk membuka Run Box dan ketik: cmd
  • Tekan Ctrl + Shift +Enter untuk membuka Command Prompt dan ketik: DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Setelah clean up corrupt file berhasil, ketik “sfc /scannow
  • Tools akan melakukan scan untuk memeriksa ulang file
  • Start Menu akan kembali berfungsi.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Acer Yang Telah Menggunakan Windows 11

 

Itulah sejumlah permasalahan umum yang pernah dilaporkan oleh pengguna Windows 11. Seperti dijelaskan di atas, untuk menjalankan sistem operasi baru ini dibutuhkan standar spesifikasi pada komputer kita. Jika Anda merupakan pengguna Windows yang berencana melakukan upgrade namun terkendala spesifikasi komputer, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan pergantian device


Sebelum Anda membeli perangkat yang baru, perlu diketahui bahwa Acer menjadi salah satu merek komputer yang mendapatkan prioritas Microsoft untuk menggunakan Windows 11 pada perangkat-perangkat terbarunya. Jadi, pastikan Acer menjadi pilihan pertama untuk seluruh kebutuhan perangkat teknologi Anda. Segera hubungi Acer sekarang juga untuk mendapatkan penawaran menarik komputer terbaru dengan sistem operasi Windows 11.

Kontak Acer